Hobi Generasi ’90an Yang Sudah Mulai Punah

oleh Ayu
08:03 AM on Mar 8, 2015

Generasi ’90an adalah mereka yang menikmati masa kecil dan pubernya di tahun 1990 hingga menjelang milenium. Konon, generasi ini termasuk salah satu yang paling bahagia karena pernah merasakan masa kecil yang penuh dengan keseruan.

Bicara soal keseruan masa itu, pasti ada beberapa hal yang sangat memorable untuk diingat. Salah satunya adalah hobi anak generasi ’90an yang kini hampir punah di masa kini, bahkan mungkin sudah tidak ada. Ulasan kami berikut ini akan membawa Anda kembali ke masa-masa indah di mana mungkin Anda pernah melakukan salah satu hobi tersebut

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

1. Koleksi Prangko

Koleksi prangko atau disebut juga filateli. Pada jaman itu, mengoleksi benda pos yang satu ini bisa jadi hal yang seru. Bahkan yang sudah pro, bisa saling lelang koleksi dengan harga yang melejit tinggi. Namun untuk anak-anak generasi ’90an di kalangan itu sih hanya cukup saling tukar koleksi dengan teman masing-masing.

Koleksi Prangko via FilatelisIndonesia
Koleksi Prangko via FilatelisIndonesia

Biasanya prangko akan ditempatkan dalam sebuah album khusus. Terdiri dari koleksi prangko lokal dan bila beruntung, ada juga yang mendapat prangko internasional. Sekarang peminat filateli ini agak jarang di Indonesia, karena tidak terlalu banyak orang yang mau surat menyurat jaman sekarang.

2. Sahabat Pena

Masih berkaitan dengan pos dan surat menyurat, ada juga hobi bersahabat pena di kalangan generasi ’90an. Menemukan teman dari tempat yang jauh sampai bisa ‘kopi darat’ alias bertemu langsung tentunya sangat menyenangkan. Biasanya sahabat pena bisa ditemukan dari kolom majalah atau teman yang sudah punya sahabat pena.

Sahabat Pena via SweetFreshLove WordPress
Sahabat Pena via SweetFreshLove WordPress

Kalau jaman sekarang, sahabat pena mungkin agak langka. Semua tergantikan dengan metode chat via Messenger, Skype dan sebagainya. Bahkan yang kekinian adalah menemukan teman baru via jejaring sosial. Siapa di antara Anda yang masih punya sahabat pena hingga kini?

3. Koleksi Mainan dari Snack

Anak jaman ’90an sangat termanjakan dengan snack murah dan mainan-mainannya. Misalnya yang pernah fenomenal adalah mainan Tazos. Mainan ini merupakan bonus yang diberikan oleh Frito Lay dalam setiap kemasan snack yang mereka pasarkan era itu.

Koleksi mainan dari snack via Grandescolecoes
Koleksi mainan dari snack via Grandescolecoes

Selain koleksi Tazos, ada juga bonus lainnya seperti sticker, mainan bongkar pasang dan tentara-tentaraan. Meski sederhana, namun koleksi mainan seperti ini sudah berjasa menyelamatkan masa kecil anak-anak di jaman itu.

4. Koleksi Kartu Telepon

Salah satu koleksi yang juga sudah langka di jaman sekarang adalah kartu telepon. Karena jaman dulu masih ada telepon umum menggunakan kartu dan kini sudah tergeser oleh ponsel. Sama halnya seperti prangko, kartu telepon memiliki ragam gambar yang membuatnya menarik untuk dikoleksi.

Kartu telepon via OLX
Kartu telepon via OLX

Kartu telepon dikoleksi tidak dengan cara membeli langsung, mengingat uang jajan generasi ’90an tergolong kecil saat itu. Biasanya koleksi ini didapat dari orang tua atau teman yang sudah tidak lagi menggunakan kartu telepon mereka karena pulsanya habis. Saat ini kartu telepon juga tergolong langka, karena sudah ada pulsa voucher untuk ponsel atau bahkan voucher elektrik.

Nah, itulah beberapa ulasan hobi menarik dari Generasi ’90an yang sekarang sudah banyak ditinggalkan. Anda pernah punya hobi serupa? Yuk sharing pengalaman Anda pada kolom di bawah ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA