The Hobbit, Makhluk Mini Itu Ternyata Ada di Indonesia

oleh Admin
10:00 AM on Sep 4, 2014

Anda penggemar buku dan film? Jika pernah menonton film dan membaca buku Lord of The Rings, maka Anda akan familiar dengan sosok Hobbit, makhluk berukuran mini dan memiliki kekuatan magis. Tokoh itu merupakan rekaan sang penulis yaitu J.R.R Tolkien dan siapa sangka, ternyata benaran ada di Indonesia loh!

Tahun 2004, ditemukan fakta bahwa di Pulau Flores dulunya hidup manusia yang berukuran kecil, mini sepert Hobbit dan menjadi salah satu bukti evolusi penting sepanjang sejarah ini. Diperkirakan, manusia kecil ini hidup sekitar 15 ribu tahun yang lalu, wow!the-hobbit

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

Di pulau Flores, ditemukan tulang manusia yang mengeras di dalam tanah, berukuran 3,5 kaki saja, kira-kira sepertiga ukuran manusia normal dengan ras asia sekarang ini. Fosil ini diberi nama LB1 ini juga diperkirakan ‘hanya’ setinggi 380milimeter saja, wah benar-benar seperti Hobbit yang direka oleh Tolkien ya!

Penelitian ini masih berlanjut hingga hari ini, dan manusia mini ini diklasifikasikan sebagai Homo Florosiensis. Penemuan ini menjadi sebuah anomali di mana seharusnya, zaman dahulu manusia ukurannya jauh lebih tinggi besar daripada sekarang, namun Homo Florosiensis ini menjadi pengecualian.

Peneliti yang mencaritahu tentang hal ini, salah satunya adalah Robert B. Eckhardt, professor of developmental genetics and evolution at Penn State. Ia mengungkapkan bahwa selama ini ia melakukan penelitian mengenai evolusi manusia, Homo Florosiensis adalah pengecualian dan membuatnya terkagum-kagum.

Ia memprediksi bahwa ‘Hobbit’ ini kini sudah tidak ada lagi dan mungkin, bila ada orang yang pertumbuhannya tidak sempurna di masa kini, kira-kira seperti itulah Homo Florosiensis pada zaman dulu namun bukan berarti sakit atau tubuh tidak sempurna, melainkan memang terlahir dengan gen seperti itu. Wah misterius!

Baca Juga :10 Hewan Laut Dalam Yang Seram dan Aneh
Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA