Hitori Kakurenbo, Permainan Petak Umpet Jepang yang Jangan Sekali pun Kamu Mainkan

oleh Rizal
07:00 AM on Sep 29, 2016

Meskipun nggak pakai alat apa pun, petak umpet adalah permainan yang sangat mengasyikkan. Sensasinya itu lho, deg-degan luar biasa. Apalagi ketika jadi yang menjaga. Kita pasti dibikin geleng-geleng dengan mereka yang bersembunyi di tempat-tempat yang nggak terduga. Permainan ini hampir ada di seluruh dunia, termasuk Jepang.

Petak umpet di Jepang nggak begitu beda dengan di sini. Namun, untuk versi yang bernama Hitori Kakurenbo, mungkin hanya ada di sana. Petak umpet Hitori Kakurenbo sendiri pun aslinya sama, bedanya hanya yang bermain saja. Ya, petak umpet satu ini melibatkan setan sebagai salah satu pemainnya. Secara umum cara bermain Hitori Kakurenbo sama seperti petak umpet biasanya, tapi ada banyak pantangan yang harus dijalani. Salah satunya adalah nggak boleh salah satu pemainnya memutuskan berhenti. Kalau sampai terjadi taruhannya mungkin nyawa.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Sudah banyak yang mencoba permainan ini dan seolah benar-benar terjadi kengerian. Jadi, sangat disarankan untuk tidak mencoba ini karena mungkin saja akan jadi sesuatu yang fatal. Lebih dalam soal si petak umpet setan, berikut hal-hal yang mungkin belum kamu tahu soal Hitori Kakurenbo.

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Permainan ini

Petak umpet setan ini memerlukan banyak alat dan bahan untuk bisa dimainkan. Bahan paling penting adalah boneka, kemudian benang berwarna merah, lalu air garam di dalam gelas, dan sebuah pisau. Oh iya, darah juga katanya dibutuhkan dalam permainan ini.

Alat dan bahan permainan Hitori Kakurenbo [Image Source]
Alat dan bahan permainan Hitori Kakurenbo [Image Source]
Kemudian cara memainkannya adalah menikam si boneka tadi di dadanya, lalu tetesi dengan darah. Setelah itu jahit beberapa bagian yang sobek terkena pisau dengan benang merah tadi. Setelah semuanya siap, letakkan si boneka ini di dalam bak mandi dan bawa air garamnya. Setelah itu permainan baru akan dimulai.

Si Hantu Akan Mencarimu ke Mana pun

Oh iya, permainan ini menuntut segalanya sangat gelap. Jadi, matikan lampu, tutup jendela dan pintu, serta matikan televisi. Menurut yang sudah pernah bermain, menit-menit awal ketika bersembunyi nggak akan ada yang terjadi. Baru kemudian setelah beberapa lama akan muncul keanehan-keanehan.

Bersembunyilah di tempat aman [Image Source]
Bersembunyilah di tempat aman [Image Source]
Keanehan ini macam-macam, bisa suara orang tertawa dan menangis, suara langkah kaki dan sebagainya. Usahakan untuk tidak terpancing dengan suara-suara yang ada. Bersembunyilah apa pun yang akan terjadi karena ini satu-satunya yang bisa dilakukan.

Apa yang akan Terjadi Kalau Sampai Ditemukan?

Sebelum memulai permainan ini usahakan mencari tempat bersembunyi yang sangat aman. Pasalnya, hanya itu satu-satunya tempat yang bisa diharapkan saat permainan berlangsung. Tempat persembunyian yang aman juga memastikan pemain bakal aman dari si hantu tadi.

Jangan sampai ditemukan [Image Source]
Jangan sampai ditemukan [Image Source]
Menurut banyak tulisan yang beredar nih, barang siapa yang ketahuan oleh si hantu maka efeknya bakal mengerikan. Mulai dari ditusuk pisau si boneka, atau yang lebih ngeri adalah dirasuki si setan.

Permainan Berhenti Hanya dengan Satu Cara

Sekali bermain, permainan ini nggak bisa diakhiri begitu saja. Hitori Kakurenbo punya cara sendiri untuk disudahi. Kuncinya ada pada air garam di gelas tadi. Ini yang akan mengakhiri semua teror hantu tersebut dan mengembalikan semua ke keadaan semula.

Air garam jadi akhir dari permainan [Image Source]
Air garam jadi akhir dari permainan [Image Source]
Jika waktu bersembunyi dirasa sudah cukup, kini saatnya si pemain mencari boneka tersebut. Jangan mencari di bak mandi karena biasanya si boneka tak berada di sana. Carilah sampai dapat lalu jika berhasil menemukannya gunakan air garam ini untuk menyembur si boneka sambil ucapkan “Aku menang” sebanyak tiga kali. Jika berhasil melakukan itu, maka permainan pun dianggap berakhir. Jangan lupa juga untuk memotong benang merah yang sudah dijahit sebelumnya.

Kejadian Seram Seputar Hitori Kakurenbo

Pernah ada kejadian ngeri soal permainan satu ini. Jadi, ada tiga anak laki-laki yang bermain Hitori Kakurenbo, namun di akhir permainan hanya dua saja yang berhasil selamat. Yang satu lagi tak pernah diketahui keberadaannya. Dan yang lebih ngeri lagi adalah dua orang sisanya ini selalu mendapatkan gangguan.

Kisah seram soal Hitori Kakurenbo [Image Source]
Kisah seram soal Hitori Kakurenbo [Image Source]
Akhirnya kedua anak ini pun memutuskan untuk kuil dan meminta tolong kepada seorang pendeta. Si pendeta ini kemudian dengan segala ilmunya berhasil menghadirkan hantu petak umpetnya. Sambil marah-marah hantu ini mengatakan kalau dirinya dipanggil lalu kemudian ditikam oleh anak-anak ini. Entah kisah ini bagaimana akhirnya, namun yang jelas ceritanya sudah menyebar sangat luas.

Petak umpet setan ini seolah hal yang menggelikan dan nggak logis, tapi pada kenyataannya sudah banyak yang mencoba dan hasilnya adalah seperti apa dituliskan di atas. Mulai dari boneka yang hilang tanpa jejak sampai munculnya fenomena-fenomena aneh. Sekali lagi, nggak disarankan untuk memainkan ini karena risikonya mungkin berbahaya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA