Potret Warga Hindu Bantu Muslim Mengantarkan Jenazah Ini Jadi Bukti Kalau Kerukunan Masih ‘ADA’ di Indonesia

Berbeda agama bukan berarti menghapuskan persaudaran kita sesama bangsa Indonesia

oleh Arief Dian
17:10 PM on May 22, 2017

Akhir-akhir ini Indonesia sering dilanda berbagai isu politik dan agama yang bisa dikatakan sangat meresahkan. Orang-orang jadi mudah tersinggung hanya karena hal-hal yang sebenarnya sudah ada relnya sendiri-sendiri. Saking ekstremnya, kadang bahkan sampai muncul pertikaian besar gara-gara hal tersebut.

Dan ketika Indonesia sedang gawat lantaran hal tersebut, siapa sangka masih ada orang-orang yang begitu menjaga kerukunan walaupun berbeda keyakinan. Kisah ini pun viral ketika dipost oleh seseorang di sosial media. Alasannya tentu jelas karena pemandangan macam itu cukup langka sekarang ini. Lalu seperti apa kejadian yang membuat banyak orang bangga tersebut? Ketahui lewat ulasan berikut.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Saling ikut membantu agama lain

Beberapa waktu yang lalu muncul sebuah postingan dari akun facebook bernama Ratna. Dalam postingannya, dia mengunggah sebuah foto wujud saling membantu antara umat beragama yang ada di Indonesia ini. Pengunggahan foto tersebut sangat pas mengingat saat ini Indonesia sedang di hadang isu politik dan agama yang seolah memanas.

Status Ratna [image source]
Dalam postingannya pemilik akun bernama Ratna itu menyebutkan di tempatnya saja bisa hidup rukun, kenapa di daerah lain tidak? Ratna berharap kalau antar umat beragama di Indonesia ini tidak saling menghujat agar kedamaian dapat tercipta.

Lokasi tepatnya di Bali

Terlihat jelas kalau lokasi dari fenomena unik ini ada di Bali. Hal tersebut terlihat dari caption serta gambar yang diunggah. Nampak sebuah keranda dengan dengan lafazh Tauhid sedang digotong untuk segera dimakamkan. Uniknya, bukan hanya muslim saja yang ikut menggotong keranda tersebut, tapi juga para pemeluk agama hindu .

Saling rukun [image source]
Usut punya usut, ternyata mulai dari persiapan, pemandian hingga penguburan, baik muslim dan hindu saling membantu. Hal ini memang sudah umum terjadi di Bali mengingat tingkat toleransi di daerah tersebut sampai sekarang masih sangat tinggi.

Mendapatkan respon sangat positif

Foto tersebut mendapatkan respon sangat positif dari para netizen. Mengingat keadaan sekarang yang sedang carut marut dan penuh gesekan akibat isu politik dan agama. Kebanyakan komentar dari para netizen adalah merindukan indahnya kebersamaan antar umat beragama yang ada di Indonesia. Banyak pula netizen yang berkomentar jika di daerahnya juga sering dijumpai fenomena seperti itu.

Komentar netizen [image source]
Sejak diposting pada hari Sabtu kemarin, sudah banyak pengguna media sosial yang membagikan foto tersebut, dan kini sudah menyampai ribuan share. Ini adalah bukti masih rindunya masyarakat di Indonesia ini atas kerukunan sesama umat beragama yang makin lama makin tidak nampak.

Toleransi di Bali terbilang tinggi

Memang bukan yang aneh jika foto tersebut diambil di Bali. Faktanya, daerah ini sudah sangat terkenal akan toleransi umat beragamanya. Meskipun agama mayoritas di sana adalah hindu, namun masyarakat Bali tetap menjunjung tinggi hak dari minoritas seperti Islam dan Kristen. Misalnya saja saat hari raya nyepi, umat islam ikut membantu pacalang dalam mengamankan suasana yang ada di Bali.

Toleransi

Begitu pula sebaliknya, saat hari saya idul fitri atau idul adha, umat bali juga ikut membantu agar ibadah tahunan itu tetap aman dan nyaman. Dalam kegiatan sehari-hari pun demikian, masih begitu terlihat keharmonisan dan kerukunannya meskipun agama dan keyakinannya sangat berbeda. Hal seperti ini tak banyak dijumpai di daerah-daerah lain.

Melihat kejadian di atas ini sebenarnya kita tak perlu heran. Kalau berkaca kepada Indonesia di masa lalu, hal yang seperti ini sebenarnya sangat familiar. Justru kita harus heran kenapa budaya tersebut cukup jarang terjadi sekarang ini. Malah yang ada adalah hal yang sebaliknya. Pada dasarnya masyarakat Indonesia sangat rukun dan damai. Tugas kita hanya perlu mengembalikan ke asal jati diri kita yang pernah memesona dunia gara-gara keharmonisannya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA