5 Fakta Menyenangkan Tentang Hidup di Kalimantan yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Alih-alih serem, kamu bakal nggak mau balik ke daerah asal.

oleh Aisyah Putri
07:00 AM on Mar 11, 2017

Setiap daerah di Indonesia memiliki karakter sendiri-sendiri. Ini dikarenakan perbedaan suku, agama, adat istiadat, dan keadaan geografis dari daerah itu sendiri. Setiap orang juga memiliki karakter yang berbeda. Ada yang merasa nyaman tinggal di tengah kota, ada yang lebih suka tinggal di pesisir atau lereng gunung, ada pula yang suka tinggal di tengah hutan.

Beberapa kali kita mendengar Kalimantan adalah tempat yang menakutkan untuk ditinggali. Tentu, itu hanya persepsi beberapa orang saja. Sebagian lainnya menganggap Kalimantan adalah pulau yang paling nyaman untuk ditinggali. Apa saja sih keunggulan Kalimantan yang membuatnya lebih keren ketimbang daerah lainnya?

Baca Juga
Bukan Kegembiraan, 4 Lomba Agustusan Ini Justru Berakhir dengan Tragedi
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah

Lebih Dekat dengan Alam

Kamu bisa banget punya rumah yang dikelilingi pepohonan [Image Source]
Dibandingkan dengan pulau Jawa, hutan dan kekayaan alam di Kalimantan jauh lebih besar. Tinggal di tengah hijaunya pepohonan semacam keluarga Cullen di film Twilight bukanlah hal yang mustahil. Memang harus ada yang dikorbankan. Jarak antara rumah dengan pasar, sekolah, dan kantor pemerintahan menjadi jauh. Tapi kita bisa menikmati kehidupan yang tenang setiap harinya. Minum kopi di pagi hari sambil membaca buku dan menghirup udara segar bisa jadi rutinitas baru kamu!

Kota-kota yang Bersih

Kota-kotanyanya bersih, rapi, dan romantis [Image Source]
Penduduk di Kalimantan tidak sebanyak Jawa. Menjaga kebersihan kota pun bukanlah hal yang sulit karena oknum yang gemar membuang sampah sembarangan akan mudah terlihat. Selain itu, masyarakat di sana sangat peduli pada kotanya. Tanpa diminta mereka akan menjaga kebersihan, keindahan, dan kenyamanannya.

Makanan Serba Enak

Kalimantan kaya akan kuliner [Image Source]
Meskipun pulau Jawa juga dikelilingi laut,tapi seafood masih dikategorikan sebagai barang mewah karena harganya yang relatif mahal. Sementara di Kalimantan, khususnya di kota Balikpapan, harga seafood cukup murah. Ukuran udang dan ikannya juga lebih besar. Bukan hal aneh kalau kamu bisa makan seafood setiap hari di sana. Selain itu, masih banyak jenis makanan lainnya seperti masakan khas Kalimantan, Bugis, Tionghoa, dan Jawa.

Nggak Sehoror yang Kamu Kira

Santet nggak bisa ditujukan ke sembarang orang [Image Source]
Beberapa kali kita mendengar pemberitaan negatif tentang Kalimantan, khususnya tentang suku asli yang memiliki ritual dan praktik berbau mistis, seperti santet. Ini kadang membuat orang khawatir untuk hijrah ke Kalimantan. Sebetulnya kamu nggak perlu khawatir karena praktik santet hanya ditujukan pada orang yang berulah. Asalkan kamu tidak mengganggu orang lain dan menjalani hidupmu secara baik, mustahil kamu akan terlibat. Jarang sekali orang awam yang menjadi korban santet.

Ceweknya Cantik-cantik

Paras cewek Dayak sudah nggak diragukan lagi keelokannya [Image Source]
Ini nih yang nggak kalah penting! Kamu nggak perlu jauh-jauh ke Korea atau Brazil untuk bertemu cewek cantik. Perempuan Dayak terkenal dengan kecantikannya yang khas Indonesia banget. Kulitnya bersih, rambutnya hitam pekat dan halus, senyumnya pun menawan. Melihat cewek yang begini pasti bikin kamu betah banget tinggal di Kalimantan.

Meski banyak yang menggambarkan Kalimantan sebagai pulau dengan banyak daerah pedalaman, nyatanya kehidupan di sana sudah cukup modern,lho. Transportasi juga sangat mudah karena terdapat bandara di setiap provinsi. Jalur antar kota dan provinsi pun sudah beraspal dan sebagus yang ada di Jawa. Nggak ada alasan lain untuk takut tinggal di Kalimantan!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA