Hidangan Serba Hitam Pekat ini Lagi Hits Banget, Kamu Udah Coba Semuanya Belom?

Setelah tren warna pelangi, kini dunia kuliner dijangkit tren warna hitam.

oleh Faisal Bosnia Ahmad
09:00 AM on May 22, 2017

Zaman bergerak cepat. Seiring pergantian tahun, kebiasaan dan tren dalam kehidupan manusian juga ikut berganti. Entah itu menyangkut fashion, teknologi, budaya, hingga kuliner. Untuk yang terakhir, masih segar dalam ingatan kita betapa tren makanan pelangi begitu menggurita sejak beberapa tahun lalu. Puding, keik, burger, es krim, hingga kudapan-kudapan kecil lainnya dibuat versi warna pelanginya.

Bagaimana dengan tren makanan saat ini? Diprediksi makanan serba hitam pekat sedikit demi sedikit akan mengambil alih tampuk ketenaran makanan berwarna pelangi. Tanda-tandanya sudah terlihat kok. Banyak resto dan kedai makanan yang menawarkan makanan dengan warna yang cukup ganjil sebetulnya, namun entah kenapa tetap membuat kita tergoda untuk melahapnya. Apa saja makanan hitam tersebut?

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Mie bakso hitam

Makanan yang berasal dari negeri tirai bambu ini terbukti menjadi favorit semua kalangan masyarakat Indonesia. Tengok saja restoran mie bakso yang tersebar di mana-mana, tak hanya di pusat kota, hidangan yang cocok disajikan gurih pedas berkuah ini juga dapat dengan mudah kita temui di pelosok kampung.

Mie bakso hitam, [Image Source].
Inovasinya juga ikut berkembang loh. Setelah bakso berurat, bakso isi telur, hingga bakso isian keju, kini ada bakso berwarna hitam. Tak usah risau, meski berwarna hitam, namun aman dikonsumsi, kok. Karena terbuat dari arang bambu Jepang bernama charcoal. Selain bakso berwarna hitam, beberapa gerai juga menyediakan mie berwarna hitam. Kalau untuk mienya, biasanya warna hitam didapat dari campuran tinta cumi.

2. Martabak hitam

Kamu tentu masih ingat kan kalau martabak yang kekinian tuh bukan yang toppingnya meses, kacang, atau keju doang. Tapi udah makin rame sama topping yang lebih populer kayak cokelat Toblerone, Silver Queen, permen cokelat cha-cha, Kit-kat, hingga selai Nutella.

Martabak hitam. [Image Source].
Nah, kombinasi topping tersebut bakal makin cakep karena sekarang ada martabak yang warnanya item. Jadi alih-alih warna cokelat, martabak kamu nantinya akan berwarnta hitam pekat. Dari penampilannya sih mirip-mirip brownies ya. Selain di Jakarta, kabarnya di kota besar lain kayak Jogja dan Surabaya juga udah ada yang jual.

3. Es Krim Hitam

Siapa sih gak suka es krim? Cowok paling brewok dan paling metal sekalipun gak bakal nolak kalau disodorin es krim. Es krim yang kita kenal selama ini identik dengan warna-warni.

Es krim hitam. [Image Source].
Sekarang, es krim resmi kedatangan warna baru yang sebelumnya tak pernah terpikirkan, hitam. Umumnya es krim hitam ini terbuat dari arang batok kelapa. Es krim ini sangat diminati oleh kaum muda. Bukan karena rasanya yang unik, namun karena penampilannya yang instagram-able.

4. Burger hitam

Makanan populer yang umumnya jadi jagoan di resto waralaba luar negeri. Burger sebagai makanan nyatanya cukup membumi di Indonesia. Sudah banyak kok kafe kecil yang jual makanan ini dengan harga yang seramah mungkin di kantong kita.

Burger hitam. [Image Source].
Dan sekarang burger ini juga punya versi hitamnya. Burger hitam tak hanya terkenal di dalam negeri. Bule-bule juga menggandrungi makanan berwarna unik ini. Warna hitam roti burger atau roti bun tak lain terbuat dari campuran arang charcoal.

5. Kopi hitam

Jangan dulu mengernyitkan dahi. Kopi hitam ini berbeda dengan kopi hitam yang biasa dibeli oleh kita. Kopi hitam yang satu ini belum lama ini jadi tren di luar negeri. Warna hitamnya diperoleh dari aktivasi arang charcoal. Sehingga, tak hanya menawarkan warna yang unik namun juga memberi dampak menyehatkan bagi tubuh.

Kopi hitam. [Image Source].
Sama seperti makanan-makanan di atas, kopi hitam ini diburu bukan karena alasan kenikmatan, apalagi kesehatan. Tapi penampilannya yang unik sangat pantas untuk dikoleksi ke dalam bentuk foto dan diunggah ke jejaring sosial Instagram.

Itulah sederet kuliner berwarna hitam pekat yang sedang tren saat ini. Dengan kreativitas para pegiat kuliner di Indonesia, tak menutup kemungkinan kalau makanan lainnya akan diberi sentuhan serupa. Jadi jangan kaget jika suatu saat nanti kita menemukan tahu bulat, klepon, hingga kue putri salju berwarna hitam.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA