10 Hewan Paling Tua yang Umurnya Sampai Berabad-abad

oleh Adi Nugroho
14:58 PM on Jul 6, 2015

Pernahkah anda membayangkan memiliki hewan peliharaan yang umur lebih tua dari anda. Atau bahkan lebih tua dari nenek anda di rumah. Hewan peliharaan kebanyakan tidak memiliki waktu yang lama, ambil contoh saja anjing, mungkin hanya sampai umur puluhan tahun, atau ikan yang tidak sampai setahun bisa mati jika airnya kotor.

Baca Juga : 10 Pengalaman Mati Suri Paling Fenomenal Sepanjang Sejarah

Baca Juga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang

Sepuluh hewan hebat ini memiliki umur lebih dari 100 tahun, bahkan 500 tahun. Mereka hidup dan berkembang seiring perubahan zaman. Dari zaman tanpa polusi ke zaman yang penuh dengan efek pemanasan global. Inilah sepuluh hewan paling tua yang pernah ada di dunia ini.

1. Ming, Kerang – 507 Tahun

Ming adalah nama kerang yang memiliki usia 500 tahun lebih. Kerang ini hidup di lingkungan yang sangat bersih dan baik sehingga membuatnya mampu hidup lebih lama. Jika dihitung satu manusia berumur 80 tahun, maka kerang ini telah hidup di 6 generasi manusia. Sebuah hal yang sangat menakjubkan.

Ming, Kerang [image source]
Ming, Kerang [image source]
Sayangnya, untuk mengukur umur hewan ini, ilmuan perlu membuka cangkangnya. Alhasil kerang ini harus mati sebelum diketahui umurnya secara detail. Ilmuan mengetahui umur Ming dari kepadatan dan kandungan cangkangnya. Dari kerang ini, ilmuan berharap akan ada cara untuk mempelajari cara hidup lebih lama.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA