Tak Hanya Manusia, Hewan pun Bisa Jadi Transgender, Nih 5 Buktinya

oleh Adi Nugroho
07:05 AM on May 22, 2016

Sejak penciptaan manusia dan makhluk hidup lainnya. Gender atau jenis kelamin yang adalah laki-laki dan perempuan, male dan female, tidak ada jenis gender lainnya. Namun, seiring dengan perkembangan budaya yang ada di dunia, muncullah gender baru di luar dua gender utama. Gender itu diberi nama transgender atau gender peralihan di antara laki-laki dan perempuan.

Dalam dunia manusia, kita mengenal ada yang namanya banci atau shemale yang zaman sekarang sudah banyak tersebar di semua belahan dunia. Selain di dunia manusia, dunia hewan pun juga mengenal apa itu yang namanya transgender. Lho, masa? Enggak percaya? Nih, lima buktinya untuk Anda.

Baca Juga
Ini Bukti Mesranya Hubungan Korsel-Indonesia, Bisa Jadi Inspirasi Tetangga Sebelah Nih!
Mengenal Fredrich Yunadi, Kuasa Hukum Papa yang Dulu Sempat Daftar Ketua KPK

1. Ikan Badut – Punya Tingkatan Gender yang Terstruktur

Barangkali kita hanya mengenal Ikan Baut atau Clownfish sebagai salah satu spesies ikan air asin yang bentuknya sangat unik. Bahkan, saking uniknya sampai membuahkan ide untuk membuat film animasi berjudul Finding Nemo. Ikan Badut yang tampak lucu ternyata memiliki tingkatan gender yang terstruktur. Ikan betina dominan menduduki tahta tertinggi sebelum disusul jantan-jantan yang akan mengawininya agar menghasilkan banyak anakan baru.

Ikan Badut [image source]
Ikan Badut [image source]
Saking kuatnya dominasi betina, ikan yang lahir sebagai betina akan mengubah jenis kelaminnya menjadi jantan. Jadi tidaklah heran ketika koloni ikan badut didominasi oleh ikan jantan yang ukurannya 20% lebih kecil dari betina. Saat betina dominan mati, jantan yang ada di bawahnya akan mengubah jenis kelaminnya jadi betina dominan dan mengambil tahta dari koloni.

2. The Bellbird – Betina Bertindak Seperti Layaknya Jantan

Dalam dunia hewan, praktik hubungan sejenis atau pun biseksualitas sudah ditemukan sejak lama. Namun, praktik transgender masih baru-baru ini diteliti. Ilmuwan masih memerlukan banyak data untuk menyimpulkan maksud dan penyebab dari transgenderism di dunia hewan terutama burung jenis Bellbird yang banyak sekali terdapat di Selandia Baru.

Bellbird [image source]
Bellbird [image source]
Zaman sekarang, banyak sekali Bellbird yang lahir dengan DNA betina namun berkelakuan seperti jantan. Mereka akan melakukan kebiasaan jantan seperti mengusir musuh dari wilayah teritorial hingga memiliki bulu lebih gelap khas jantan Bellbird asli. Ilmuwan yang meneliti ini mengatakan bahwa ada ketidakseimbangan hormon pada burung hingga menyebabkan gender bercampur.

3. Hyena Totol – Sudah Membedakan Antara Jantan dan Betina

Hyena Totol adalah salah satu jenis hyena yang susah sekali dibedakan jenis kelaminnya. Jantan dan betina memiliki tubuh yang sama besar. Selain itu, organ kelamin eksternalnya juga memiliki bentuk yang eksternal. Dalam dunia hyena totol, betina memegang kunci utama dalam banyak hal. Jika mereka mengetahui ada betina baru yang datang, mereka akan mengeroyoknya dengan mematikan.

Hyena Totol [image source]
Hyena Totol [image source]
Akhirnya banyak betina beradaptasi hingga menyerupai jantan. Betina juga memiliki batang kelamin jantan dan juga testis yang menyerupai jantan. Dengan melakukan itu, mereka tidak akan dikeroyok hingga menyebabkan kematian yang terlalu. Saat melakukan perkawinan, betina akan mengubah bentuk kelaminnya agar proses perkembangbiakan bisa berjalan dengan lancar.

4. Kera Colobus – Mengubah Kelaminnya agar Menyerupai Betina

Kera Colobus adalah jenis kera kuno yang bisa bertahan hingga sekarang. Dalam dunia mereka, jantan selalu mendominasi koloni hingga jika ada jantan mudah, mereka akan diusir untuk mencari betina sendiri. Untuk menghindari pengusiran seperti ini, jantan-jantan muda akan berusaha menggembungkan anusnya agar menyerupai organ kelamin betina. Pun kelakuannya juga diubah agar lebih feminin.

Kera Colobus [image source]
Kera Colobus [image source]
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/ee/Zanzibar_Red_Colobus_Monkey.jpg

Meski secara penampakan seperti betina, jangan dominan tidak akan mudah tertipu. Jantan tetap mengawini betina asli dan membiarkan kera transgender ini tetap di koloninya. Penampakan yang mirip dengan betina barangkali dianggap tidak akan membahayakan koloni ketimbang penampakan jantan yang akan mengganggu kelangsungan perkawinan.

5. Marsh Harries – Mengubah Penampakan Untuk Dekat dengan Betina

Marsh Harries adalah burung sejenis elang yang jantannya banyak meniru wujud dari betina. Bahkan wujudnya ini dipertahankan dari kecil hingga menjadi dewasa. Pengubahan wujud ini juga dilakukan pada tubuh hingga lebih kecil 30% dari jantan dominan yang akan menyerang mereka jika ketahuan sedang menyamar menjadi wanita agar mudah untuk mendekati betina.

Marsh Harries [image source]
Marsh Harries [image source]
Jantan yang menyerupai betina ini biasanya berkumpul agak menjauh dari sarang. Mereka akan mendekati betina dan mengawininya secara diam-diam. Dalam beberapa kasus khusus, jantan menyerupai betina juga kawin dengan sesamanya meski ilmuwan belum dapat menyimpulkan apakah ini sebagai kamuflase atau penyimpangan perilaku seksual.

Nah, terbukti kan kalau dunia hewan pun juga mengenal apa yang nama transgender. Untuk mampu bertahan hidup dan tidak dibunuh pemimpin dominan, hewan ini rela mengubah penampakannya. Adaptasi yang dilakukan benar-benar berhasil hingga bisa bertahan sampai sekarang.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia 5 Cara Menyelamatkan Nyawa dari Harimau, Meski Hidupmu Ada di Ujung Taring Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA