7 Hewan Ini Adalah Titisan Naga di Dunia Nyata

oleh Rizal
15:00 PM on Sep 1, 2015

Pernah nonton film animasi keren berjudul How To Train Your Dragon? Pasti asyik sekali ya kalau di dunia nyata benar-benar ada naga sungguhan. Kita sudah tidak lagi butuh mobil atau pesawat karena sudah punya mereka sebagai alat transportasi, dan pasti ada pula kontes naga-naga perkasa yang bakal digelar nantinya. Sayangnya, sampai kapan pun naga hanyalah makhluk mitologi yang keberadaannya cuma akan ada di film-film. Apa benar demikian? Hmm, ternyata tidak begitu lho.

Baca Juga : 4 Tempat yang Lebih Misterius dari Segitiga Bermuda

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Ya, tentu saja naga yang dimaksud bukan yang bisa terbang atau punya ukuran yang sangat besar itu. Ada cukup banyak hewan yang bisa dianggap representasi naga di dunia nyata. Mereka memang punya ciri-ciri yang melambangkan keanggunan seekor naga. Hewan apa saja kah? Berikut ulasannya.

1. Bearded Dragon

Jika saja Bearded Dragon punya sayap dan mengeluarkan nafas api, maka naga bukan lagi makhluk mitologi. Yup, hewan di dunia ini yang boleh dibilang paling mirip naga mungkin hanya binatang satu ini. Bearded Dragon atau yang sering disebut pula dengan Pogona memang punya fisik naga yang sempurna. Tubuhnya memanjang seperti kadal pada umumnya dengan bentuk kepala segitiganya sangat mirip dengan naga. Belum lagi ia punya kemampuan untuk mengembangkan bagian bawah dagunya. Membuat Bearded Dragon terlihat makin keren.

Bearded Dragon dikenal sebagai hewan dengan perawakan paling mirip naga [Image Source]
Bearded Dragon dikenal sebagai hewan dengan perawakan paling mirip naga [Image Source]
Ada 8 jenis Bearded Dragon dan semuanya ada di Australia. Tak hanya keren secara tampilan, hewan ini juga punya kemampuan yang tidak boleh dianggap remeh. Pertama, Pogona adalah hewan yang bisa mengembangkan kemampuan intuitifnya. Hewan ini bisa memetakan pergerakan yang dilakukannya, dan ketika terdapat ancaman atau mangsa, ia akan berimprovisasi. Bisa dibilang Bearded Dragon adalah kadal yang cerdas.

Seperti yang dibilang sebelumnya, hewan ini juga punya mekanisme mengembangkan bagian bawah dagunya. Nah, fakta unik tentang dagu tersebut adalah ternyata digunakan sebagai media menyimpan panas. Warnanya bahkan bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi sekitar. Janggut besar ini juga digunakan untuk menakut-nakuti siapa pun yang mencoba menganggunya. Bearded Dragon sangat populer di kalangan penghobi. Alasannya mungkin sudah kamu pahami dengan baik.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA