7 Hewan Raksasa yang Mungkin Belum Kamu Tahu

oleh Rizal
15:00 PM on Sep 25, 2015

Menurut rumor, katanya nanti pada tahun 2022 akan dikirim perwakilan pertama Bumi untuk tinggal di Mars. Akhirnya, untuk kali pertama manusia akan menginjak planet lain dan hal tersebut akan jadi sesuatu yang sangat fantastis. Menengok hal ini, kita jadi beranggapan jika manusia terkesan seperti sudah tamat dengan dunia ini, maksudnya mengetahui semua seluk beluk tentang Bumi ini. Padahal aslinya tidaklah demikian. Ada cukup banyak hal yang ternyata masih belum diketahui. Seperti deretan hewan raksasa berikut.

Ada yang pernah dengar Oarfish? Atau mungkin Goliath Frog? Hmm, mungkin tidak banyak yang tahu akan nama-nama tersebut. Padahal hewan-hewan ini punya ukuran yang luar biasa. Nah, kali ini kita akan membicarakan tentang deretan hewan besar yang tidak banyak diketahui. Siap-siap terkesan dengan ukurannya yang sangat tidak biasa. Berikut ulasannya.

Baca Juga
10 Atlet SEA Games 2017 Asal Indonesia Ini Nggak Cuma Bikin Bangga, tapi juga Cantik Jelita
Fakta Android Oreo, Sistem Operasi Terbaru Keluaran Google dengan 7 Fitur Super Canggih

1. Kepiting Kelapa

Kepiting kelapa atau yang dalam bahasa Inggris disebut Coconut Crab ini lain dari jenis kepiting yang ada di dunia. Selain karena ukurannya yang sangat besar, yakni mencapai berat 4 kilogram dan panjang hampir semeter, kepiting ini suka sekali mengonsumsi kelapa. Yup, ini juga yang jadi alasan kenapa kepiting ini punya nama coconut yang artinya adalah kelapa.

Tak perlu ditiup seperti kepiting lainnya, Coconut Crab sudah bisa jalan bahkan mengupas kelapa sendiri [Image Source]
Tak perlu ditiup seperti kepiting lainnya, Coconut Crab sudah bisa jalan bahkan mengupas kelapa sendiri [Image Source]
Kepiting kelapa bukan tipe hewan penunggu, alih-alih menanti sebuah kelapa jatuh dari pohonnya, kepiting ini memilih naik dan memetiknya sendiri. Jadi bisa dikatakan jika si kepiting ini jago sekali dalam memanjat. Hmm, aktivitas yang sangat aneh kan untuk sebuah kepiting?

Hal yang mengagumkannya tidak hanya sampai di situ. Ia juga bisa mengupas sendiri kelapa buruannya dengan bermodalkan kedua capit besar yang dimilikinya tersebut. Kepiting ini banyak ditemukan di kepulauan tropis yang banyak kelapanya. Hawaii adalah salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk melihat mahkluk satu ini. Berhati-hatilah karena capitnya bisa memutuskan jari-jari kita dengan mudah.

2. Salamander Raksasa China

Salamander umumnya hanya memiliki panjang tubuh yang tak seberapa. Paling panjang mungkin hanya sekitar 30 centimeter saja. Namun yang ada di China ini sangat luar biasa. Bagaimana tidak, si Salamander ini punya panjang tubuh sekitar 6 kaki atau 1,8 meter. Hal tersebut akhirnya membuat si hewan amfibi asal China ini diklaim menjadi yang paling panjang di jenisnya.

Bagaimana ya rasanya memeluk hewan besar berlendir ini? [Image Source]
Bagaimana ya rasanya memeluk hewan besar berlendir ini? [Image Source]
Salamander raksasa China ini diketahui sebagai salah satu spesies paling tua, mungkin di dunia. Fakta mengejutkan lainnya adalah hewan ini juga sering dipakai sebagai sajian kuliner enak nan mahal. Orang-orang China percaya jika si hewan air ini punya khasiat menyembuhkan. Tak hanya jadi makanan, tubuh salamander ini juga kerap dijadikan obat. Jumlahnya kini diperkirakan tinggal sedikit sekali, pemerintah setempat pun melakukan upaya maksimal agar makhluk satu ini tidak menghadapi kepunahan.

3. Ocean Sunfish

Ocean Sunfish adalah ikan pipih tegak paling besar di dunia. Beratnya sendiri bisa mencapai 918 kilogram dengan panjang tubuh sekitar 3 meter dan masih bisa tumbuh lagi. Ikan ini sendiri cukup sering dijumpai berenang di dekat permukaan, meskipun kadang juga menyelam jauh di kedalaman.

Hewan besar nan anggun ini mangsa utamanya adalah lusinan ubur-ubur untuk sekali makan [Image Source]
Hewan besar nan anggun ini mangsa utamanya adalah lusinan ubur-ubur untuk sekali makan [Image Source]
Dari tampilannya memang cukup menakutkan, tapi ikan ini sangat anggun dengan gerakannya yang perlahan dan gemulai itu. Makanan utamanya adalah ubur-ubur, bisa jenis apa pun dan biasanya dalam jumlah yang banyak sekali dalam satu kali perburuan.

4. Goliath Frog

Jika kamu punya phobia terhadap katak, maka menjumpai hewan satu ini pasti akan membuatmu pingsan seketika. Alasannya, ini adalah spesies katak paling besar di dunia. Panjangnya sendiri mencapai 3,8 meter dengan berat sekitar 3 kilogram. Penyuka katak pun mungkin akan pikir-pikir dulu untuk memelihara kodok sebesar ini.

Katak sebesar ini adalah mimpi buruk yang jadi nyata bagi yang phobia [Image Source]
Katak sebesar ini adalah mimpi buruk yang jadi nyata bagi yang phobia [Image Source]
Katak raksasa ini ditemukan di beberapa daerah di Afrika yang umumnya berdekatan dengan laut. Karena ukurannya yang besar, maka katak ini cukup mengenyangkan kalau dikonsumsi dan kenyataannya memang seperti itu. Warga setempat rajin berburu katak raksasa ini setiap 3 atau 4 hari sekali. Sayangnya, perburuan tersebut justru membuat katak ini dalam tahap yang membahayakan jumlahnya.

5. Ikan Lele Mekong

Bagi yang suka mancing, berapa sih rekor terbesarmu untuk ikan lele? Ya, sebesar apa pun ikan lele yang kamu dapatkan, tidak akan pernah bisa mengalahkan ukuran seekor ikan lele Mekong dewasa. Bagaimana tidak, ikan tersebut bisa tumbuh hingga 3 meter lebih dengan berat mencapai 300an kilogram. Berbekal semua itu, ikan ini juga jadi salah satu makhluk air tawar paling besar di dunia.

Sebesar ini, kira-kira bisa dibikin berapa porsi pecel lele ya? [Image Source]
Sebesar ini, kira-kira bisa dibikin berapa porsi pecel lele ya? [Image Source]
Seperti namanya, ikan ini banyak ditemukan di sungai Mekong yang menghubungkan China, Burma, Laos, Thailand, Kamboja dan Vietnam. Boombastis pernah membahas ikan ini sebagai salah satu hasil memancing paling besar di dunia. Sama seperti deretan hewan unik di daftar ini, lele Mekong juga terancam punah karena ditangkap berlebihan.

6. Capybara

Ngeri sekali ya membayangkan jika tikus bisa tumbuh sebesar anjing? Jika benar seperti itu, kucing mungkin gantian yang bakal jadi yang diburu. Jangan kira hal ini cuma imajinasi atau mimpi saja, pasalnya memang ada tikus yang sebesar kucing bahkan seukuran rusa. Yup, hewan ini bernama Capybara.

Untungnya Capybara tak berdomisili di rumah-rumah warga seperti tikus kebanyakan [Image Source]
Untungnya Capybara tak berdomisili di rumah-rumah warga seperti tikus kebanyakan [Image Source]
Berat hewan ini sendiri memang mencapai sekitar 63 kilogram dengan ukuran tubuh sebesar rusa. Kabar baiknya, hewan ini tidak mendiami rumah atau got-got yang jorok, tapi berada di kawasan liar Amerika. Umumnya di Brasil, Venezuela, Peru dan Colombia. Di alam liar Capybara adalah konsumsi utama beberapa hewan buas mulai buaya sampai anakonda.

7. Oarfish

Oarfish merupakan hewan legenda yang dipercaya masyarakat barat sejak berabad lalu. Bentuknya sendiri sering digambarkan berupa ikan pipih yang ukurannya sangat panjang lengkap dengan kepala lancip dan gigi taring panjang yang menyeringai. Bertahun-tahun dipercaya sebagai mitos, siapa yang menyangka jika ikan ini ditemukan terdampar di sebuah pantai di Los Angeles.

Oarfish, makhluk legenda yang terbukti nyata keberadaannya [Image Source]
Oarfish, makhluk legenda yang terbukti nyata keberadaannya [Image Source]
Ikan ini benar-benar sama seperti yang dibayangkan, tubuhnya pipih memanjang dengan bagian kepala yang sangat menakutkan. Ikan yang akhirnya dinamakan Oar ini punya panjang sekitar 4 meter. Oarfish sendiri ternyata memang makhluk lautan, namun ia terkenal pemalu dan sangat jarang terlihat oleh mata.

Wih, ternyata masih banyak hal-hal yang belum kita tahu ya? Seperti deretan hewan di atas. Sepertinya keterkejutan ini takkan berhenti di sini. Pasalnya, ternyata para ilmuwan mengatakan jika apa yang kita ketahui selama ini ternyata belum keseluruhan. Artinya, kemungkinan terdapat hewan menakjubkan lain masih sangat besar.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA