Inilah 7 Hewan Purba yang Pernah Tinggal dan Punah di Indonesia

oleh Adi Nugroho
07:17 AM on Mar 13, 2016

Masa prasejarah yang berhasil direkam oleh arkeolog terjadi di Indonesia setidaknya terjadi di pada 1,5-1,6 juta tahun yang lalu. Fosil manusia purba pertama yang berhasil ditemukan adalah Homo erectus atau sering disebut dengan Java Man. Selain manusia purba yang berkembang dari waktu ke waktu. Indonesia juga pernah ditinggali oleh beberapa hewan purba yang sayangnya hampir semuanya sudah punah.

Di masa lalu, hewan-hewan ini mendominasi daratan di Indonesia yang dahulu masih berupa daratan Sunda dan daratan Sahul. Seiring berkembangnya waktu, akibat perburuan, bencana alam, dan perubahan iklim, hewan-hewan ini akhirnya punah. Hingga jutaan tahun kemudian fosilnya ditemukan di beberapa situs prasejarah Indonesia seperti Sangiran dan Trinil. Baiklah tanpa memperpanjang lagi, inilah hewan-hewan purba itu.

Baca Juga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia

1. Bos palaesondaicus, Nenek Moyang Banteng

Bos palaesondaicus adalah sejenis kerbau purba yang masuk dalam subfamili Bovinae. Diperkirakan hewan ini hidup di masa Pleistocene Jawa. Zaman ini berlangsung sekitar 2,6 juta – 12.000 tahun yang lalu. Fosil Bos palaesondaicus pertama kali ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1908. Sayangnya fosil yang ditemukan di Trinil ini hanya berupa tengkoraknya saja. Diperkirakan Bos palaesondaicus adalah sesepuh dari Banteng yang ada di Jawa.

Bos palaesondaicus [image source]
Bos palaesondaicus [image source]

2. Stegodon trigonocephalus, Gajah Purba Tertua

Setegodon trigonocephalus adalah gajah purba yang paling tua dan ditemukan di Indonesia. Gajah ini diperkirakan menyebar di kawasan Indonesia hingga dataran Timur Tengah Seperti Suriah. Gajah ini satu zaman dengan Bos palaesondaicus yaitu pada Pleistocene Jawa. Di Indonesia, fosil gajah ini ditemukan di tiga tempat yang berbeda. Pertama adalah di Sangiran, lalu Trinil, dan terakhir Gunung Patiayam.

Stegedon trigonocephalus [image source]
Stegedon trigonocephalus [image source]

3. Stegodon Pigmy, Gajah dengan Ukuran Mini

Setegodon Pigmy adalah gajah mini yang pernah tinggal di Indonesia. Di masa lalu gajah dengan tinggali hanya sampai 1,5-2 meter ini tinggal di Flores, Sulawesi dan Timor. Selain Indonesia, hewan ini juga ditemukan fosilnya di area Italia seperti Pulau Sisilia, Sardinia, hingga Crete. Hewan ini hidup sekitar 840.000 tahun yang lalu. Hewan ini punah diperkirakan akibat adanya ledakan gunung purba 12.000 tahun lalu.

Stegodon Pigmy [image source]
Stegodon Pigmy [image source]

4. Rhinoceros sondaicus, Badak Purba

Rhinoceros sondaicus adalah badak purba yang pernah tinggal di Indonesia. Badak ini akhirnya berevolusi menjadi badak yang ada di Ujung Kulon. Fosil badak ini ditemukan di Sangiran dan diperkirakan tinggal pada 700.000 tahun yang lalu. Badak ini memiliki nama yang sama dengan badak bercula satu yang saat ini pun juga nyaris punah di Indonesia.

Rhinoceros sondaicus [image source]
Rhinoceros sondaicus [image source]

5. Gavialis bengawanensis, Buaya Purba Moncong Panjang

Gavialis bengawanensis adalah buaya purba yang ada di Indonesia khususnya berada di Pulau Jawa. Buaya ini sudah punah sejak jutaan tahun yang lalu. Fosil buaya ini ditemukan di kawasan situs arkeologi Sangiran, itu pun hanya beberapa bagiannya saja karena susah sekal mendapatkan fosil yang utuh.

fosil buaya [image source]
fosil buaya [image source]

6. Panthera Tigris, Harimau Purba

Indonesia pernah memiliki harimau purba yang dinamai Panthera Tigris. Hewan ini diperkirakan hidup ratusan tahun yang lalu. Selama itu, banyak dari spesies ini yang akhirnya punah namun ada juga yang bertahan dan berevolusi jadi harimau modern. Oh ya, harimau purba dan modern tidak memiliki banyak perubahan pada bentuk fisiknya.

fosil gigi [image source]
fosil gigi [image source]

7. Hippopotamus sp. dan Hexaprotodon, Kudanil Purba

Kita mungkin bertanya-tanya, bagaimana mungkin ada seekor kudanil di Indonesia? Namun karena kudanil itu diperkirakan hidup 1 juta tahun yang lalu sih mungkin saja. Saat itu banyak daratan besar menyatu hingga kemungkinan adanya migrasi besar terjadi. Di Indonesia fosil kudanil ini ditemukan pertama kali di Sangiran.

Hippopotamus sp [image source]
Hippopotamus sp [image source]
Inilah tujuh hewan purba yang pernah tinggal dan punah di Indonesia. Hewan-hewan di atas punah dan lenyap akibatnya adanya bencana dahsyat di masa lalu. Jangan sampai bencana serupa terjadi di masa depan (perburuan liar). Yuk, share biar banyak teman yang tahu tentang hewan-hewan purba di Indonesia.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA