7 Hewan Menggemaskan Tapi Ukurannya Bagai Raksasa

oleh Rizal
08:06 AM on Jul 26, 2015

Punya peliharaan lucu memang sangat mengasyikkan. Melihat tingkah lucu mereka membuat beban pekerjaan seharian hilang begitu saja. Sehingga tidak terlalu mengherankan jika beberapa orang sangat menyayangi peliharaan mereka dengan memberikan kenyamanan ekstra.

Anjing, kucing dan kelinci adalah hewan imut yang sering dijadikan peliharaan di rumah. Bentuk mereka yang unik serta ukurannya yang pas membuat kita kepincut dan memudahkan dalam perawatan. Namun bagaimana jadinya jika disuruh merawat hewan-hewan ini tapi dalam ukuran yang jauh lebih besar?

Baca Juga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang

Ternyata tidak terlalu merepotkan kok. Buktinya beberapa hewan imut tapi berukuran besar ini bisa hidup bahagia di tangan majikannya.

1. Zeus, Anjing Terbesar di Dunia

Bukan tanpa alasan kenapa anjing ini diberi nama Zeus alias dewa yang paling tinggi dalam mitologi Yunani. Penyebabnya tentu saja adalah ukuran tubuhnya yang jauh dari anjing normal umumnya. Zeus memiliki berat hampir 70 kilogram dengan tinggi sekitar 111,8 centimeter membuatnya menjadi anjing paling tinggi di dunia.

Zeus si anjing paling tinggi di dunia [Image Source]
Zeus si anjing paling tinggi di dunia [Image Source]
Berbekal tubuh bak raksasa, nafsu makan Zeus pun juga tergolong besar. Tiap hari tak kurang dari 12 cup makanan disediakan untuknya. Sayangnya, anjing ramah ini mati di umur 6 tahun.

2. Darius, Kelinci Imut Berukuran Raksasa

Bentuknya yang lucu membuat banyak anak-anak suka dengan hewan satu ini. Namun sayangnya, kelinci kurang nyaman ketika dipeluk lantaran bentuk tubuhnya yang kecil. Namun hal tersebut tidak akan terjadi ketika kamu bisa mengadopsi kelinci bernama Darius ini.

Pelihara kelinci imut sebesar ini pasti seru [Image Source]
Pelihara kelinci imut sebesar ini pasti seru [Image Source]
Sebelum tahu berapa ukurannya, mungkin tidak ada salahnya jika kamu simak berapa banyak yang bisa dihabiskannya dalam sehari. Yup, si kelinci rakus ini bisa makan sekitar 360 wortel dan 30 buah apel dalam sehari. Ukurannya sendiri mencapai panjang sekitar 121 centimeter dengan berat tubuh 22,6 kilogram. Darius pun mendapatkan gelar membanggakan berupa kelinci paling besar di dunia.

3. Ludo, Kucing Rumahan Paling Besar

Jika kamu adalah seorang cat lover, maka memiliki Ludo adalah mimpi yang jadi nyata. Alasannya tentu saja kucing jenis Maine Coon ini punya perawakan tinggi besar dan sangat gagah. Saat ini Ludo sudah mencapai panjang 114,3 centimeter dengan berat 11 kilogram.

Ludo, kucing rumahan paling besar se-dunia [Image Source]
Ludo, kucing rumahan paling besar se-dunia [Image Source]
Ukuran ini masih bisa bertambah lho, mengingat Ludo sendiri masih berusia cukup muda dan memungkinkannya untuk terus tumbuh. Kira-kira setahun lagi bisa berapa tuh panjangnya?

4. Big Jake, Kuda Paling Jangkung di Dunia

Kuda sebagai hewan peliharaan sudah diimplementasikan bahkan sejak ribuan tahun lalu. Fisiknya yang tinggi besar, sifatnya yang loyal, serta membuat si empunya makin gagah, membuat kuda menjadi peliharaan yang sangat eksklusif. Bicara yang terbesar, ada nih salah satunya yang bernama Big Jake.

Big Jake makin gagah dengan tubuh besarnya [Image Source]
Big Jake makin gagah dengan tubuh besarnya [Image Source]
Kuda milik Jerry Gilbert ini punya ukuran tubuh yang tidak umum untuk kuda pada umumnya. Berumur 11 tahun, Big Jake mempunyai berat tubuh mencapai 1.179 kilogram dengan tinggi badan sekitar 210 centimeter. Urusan makanan, Big Jake bisa menghabiskan jerami berukuran besar serta 37,8 kilogram oatmeal per hari.

5. Blossom, Sapi Tergemuk yang Pernah Ada

Cerita hewan imut paling besar selanjutnya adalah Blossom. Sebelumnya, sapi besar ini pernah diselamatkan oleh si pemilik bernama Patty Hanson sesaat sebelum dipotong. Alasannya, Blossom tidak mampu menghasilkan seperti sapi lainnya. Namun pilihan menyelamatkan sapi satu ini memang tepat.

Blossom jadi maskot yang tak tergantikan [Image Source]
Blossom jadi maskot yang tak tergantikan [Image Source]
Meskipun tidak terlalu produktif, Blossom jadi maskot kebanggaan peternakan Patty lantaran ukurannya yang tidak normal. Tidak seperti sapi yang lain, Blossom mampu mencapai berat hingga 907 kilogram dengan tinggi sekitar 182 centimeter.

6. Hercules, Liger Paling Besar di Dunia

Pernah mendengar liger sebelumnya? Ini adalah hewan hasil persilangan antara singa jantan dan macan betina. Membicarakan liger yang paling besar, maka tidak pas kalau melewatkan nama Hercules. Yap, si hewan keren ini adalah yang terbesar dengan berat mencapai 418 kilogram dan panjang tubuh 332,7 centimeter.

Meskipun ukurannya sangat besar, Hercules sangat manja terhadap trainernya [Image Source]
Meskipun ukurannya sangat besar, Hercules sangat manja terhadap trainernya [Image Source]
Bahkan ketika Hercules berdiri di atas dua kakinya, tingginya bisa mencapai dua kali orang dewasa. Di alam liar mungkin Hercules akan jadi rajanya, mengingat ukuran tubuhnya jauh lebih besar dibandingkan macam atau pun singa jantan sekalipun.

7. Medusa, Piton Terpanjang di Dunia

Setiap orang berhak untuk memiliki hewan peliharaan mereka sendiri. Bahkan sekalipun ular yang dianggap banyak orang merupakan ancaman. Selain ular yang memiliki corak tubuh yang bagus, beberapa jenis ular yang berukuran besar juga jadi pilihan untuk dipelihara. Salah satunya adalah piton.

Bayangkan jika ular besar ini ada di rumahmu [Image Source]
Bayangkan jika ular besar ini ada di rumahmu [Image Source]
Namun ada baiknya kamu berhati-hati dengan peliharaan ini. Pasalnya mereka bisa tumbuh memanjang lebih dari yang kamu kira. Seperti ular bernama Medusa ini.

Piton jenis reticulatus ini tumbuh hingga mencapai 762 centimeter, menjadikannya ular peliharaan paling panjang di dunia. Memiliki kelebihan unik tersebut, Medusa pun didapuk memberikan hiburan kepada para penonton lewat atraksi di sebuah rumah hantu bernama The Edge of Hell.

Soal makanan, Medusa juga sama seperti ular lain. Bedanya tentu porsinya yang agak lumayan besar. Tiap dua minggu sekali setidaknya ia mencerna beberapa kelinci, babi atau rusa.

Kira-kira bagaimana rasanya memelihara deretan hewan besar ini? Pasti butuh tempat dan juga biaya yang besar tuh. Belum lagi yang namanya hewan akan selalu berpotensi terpicu naluri hewaniahnya. Tidak terbayangkan betapa ngerinya jika si Hercules atau Medusa tiba-tiba ngambek dan bikin heboh.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA