5 Hewan ini Nampak Biasa, Tapi Bisa Membuat Manusia Tewas Dalam Semenit

oleh Rizal
07:00 AM on Mar 25, 2016

Hampir semua hewan buas yang kita kenal, berpotensi membuat manusia tewas. Misalnya buaya yang hentakan rahangnya konon berkekuatan sampai satu ton, singa yang gigitannya bisa bikin kerbau sebesar itu lemah tak berdaya, atau kobra yang racunnya bisa bikin manusia meninggal dalam hitungan jam. Namun, ketika kita membahas hewan-hewan yang bisa membunuh manusia dengan cepat, deretan nama buas itu sama sekali tidak masuk hitungan.

Ya, ada deretan hewan yang sanggup membunuh manusia dengan sangat cepat. Tak perlu menghabiskan sampai berjam-jam cukup semenit saja korbannya bakal segera menemui Tuhan. Hal yang lebih mengerikan lagi, tak seperti buaya atau singa, deretan hewan mematikan yang ini kadang bisa saja kita dapati di mana pun.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Medis memang bisa menyelamatkan kita dari hewan-hewan ini. Sayangnya, harus benar-benar sangat cepat penanganannya. Pasalnya, jika terlambat sedikit maka sudah pasti korban takkan tertolong lagi.

1. Semut Harverster, Sensasi Gigitan Bikin Tubuh Terbakar

Dilihat dari tampilannya, tak ada perbedaan yang benar-benar mencolok antara semut Harvester dan lainnya. Dari segi ukuran, semut ini juga sangat kecil, rata-ratanya seperempat inci saja. Namun, ada satu perbedaan besar yang membuat nama semut Harvester bak film horor yang menakutkan. Ya, apalagi kalau bukan sengatnya.

Semut Harvester [Image Source]
Semut Harvester [Image Source]
Konon, satu gigitan semut Harvester bisa korbannya mati dalam hitungan detik. Termasuk manusia yang konon tidak akan bertahan dari gigitan semut ini lebih dari satu jam. Biasanya semut Harvester menyerang dalam sebuah koloni besar. Jadi, sama saja ketika diserang dengan semut-semut ini, manusia akan mati dalam waktu kurang dari semenit.

2. Ubur-Ubur Irukandji, Racunnya 100 Kali Lebih Mematikan dari Kobra

Australia memang dikenal sebagai tempat hewan-hewan paling eksotis di dunia. Ada banyak jenis hewan langka yang bisa ditemukan di sini tapi tidak di tempat lain. Salah satunya adalah ubur-ubur Irukandji. Kalau dilihat dari tampilannya, ubur-ubur satu ini sangat biasa. Bentuknya bulat dan transparan. Tapi, jangan tanya soal racun tentakelnya.

Ubur-ubur Irukandji [Image Source]
Ubur-ubur Irukandji [Image Source]
Menurut para ahli, racun Irukandji 100 kali lebih mematikan dari kobra paling berbisa. Seandainya manusia tersengat, kemungkinan untuk hidup sangat kecil. Bahkan konon tak sampai semenit seseorang akan menemui ajalnya.

3. Kalajengking Death Stalker, Bisanya Tak Seindah Penampilannya

Bagi penggemar kalajengking, Death Stalker akan jadi koleksi yang sangat keren. Bagaimana tidak, secara tampilan hewan satu ini memang eksotis luar biasa. Terutama warna tubuhnya yang cerah itu yang akan membuat siapa pun terpana. Meskipun sangat keren, tapi kalajengking satu ini sangat dilarang untuk dikoleksi.

Kalajengking Death Stalker [Image Source]
Kalajengking Death Stalker [Image Source]
Alasannya sendiri karena racun sengatnya yang luar biasa mematikan. Death Stalker memiliki racun kelas berat yang menyerang jaringan syaraf. Sehingga ketika terkena, seseorang akan merasakan lumpuh. Death Stalker sendiri tak cuma terkenal akan bisanya, tapi juga kemampuannya menyelinap. Ya, dari situlah namanya diambil.

4. Gurita Cincin Biru, Pembunuh Sempurna di Lautan

Hewan satu ini mungkin lembek dan terlihat lemah. Tapi, di balik itu gurita Cincin Biru merupakan hewan pembunuh paling seram selautan. Tak hanya karena ia pintar berkamulfase, tapi hewan satu ini memiliki racun yang sangat mematikan.

Gurita Cincin Biru [Image Source]
Gurita Cincin Biru [Image Source]
Percaya atau tidak, dosis ringan dari Gurita Cincin Biru, cukup untuk membunuh sekitar 26 orang dewasa. Makanya, hewan satu ini jadi salah satu yang paling dihindari para penyelam. Ngerinya, hewan satu ini sering nampak di karang-karang yang dangkal.

5. Ikan Batu, Ikan Laut Paling Berbahaya di Dunia

Hiu Putih memang berbahaya, namun jika dibandingkan dengan ikan Batu atau Stonefish, maka yang lebih bikin takut para nelayan justru si ikan muka seram itu. Stonefish dikenal dengan perangainya yang sangat agresif, di samping ia juga punya racun yang sangat mematikan.

Ikan Batu [Image Source]
Ikan Batu [Image Source]
Racun ikan satu ini akan membuat seseorang akan mati dalam hitungan menit. Racunnya sendiri sangat kuat dan memberikan efek seperti terbakar. Hal lain yang membuat ikan ini makin menyeramkan adalah kemampuannya untuk berkamuflase. Sangat susah untuk membedakan ikan ini dengan sekelilingnya.

Hewan-hewan ini lebih mudah kita temui dari pada singa atau buaya. Oleh karenanya, mutlak bagi kita untuk waspada. Bukan untuk menakut-nakuti, tapi hidup atau mati kadang bergantung pada hal kecil semacam ini.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA