Inilah Hewan-Hewan yang Dipercaya Membawa Sial Kalau Dipelihara

oleh Rizal
07:00 AM on Nov 12, 2016

Memang nggak bisa dipungkiri kalau memelihara hewan adalah hal yang mengasyikkan. Nggak cuma tentang manfaat menghilangkan stres dan jadi alternatif hiburan, punya peliharaan juga memberikan kegunaan secara ekonomis. Misalnya dikembangbiakkan dan akhirnya menghasilkan duit.

Memang ada banyak alasan yang melatarbelakangi seseorang untuk memelihara peliharaan. Salah satunya adalah mitos. Seperti yang kamu tahu, beberapa orang percaya jika hewan tertentu bisa memberikan manfaat tersendiri. Misalnya memelihara tokek yang bisa bikin kaya, atau perkutut yang membawa rezeki katanya. Dan sebaliknya, banyak yang percaya pula kalau beberapa hewan memiliki manfaat yang berkebalikan yakni membawa sial.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Ya, memang ada lho kepercayaan seperti itu. Bahkan hari ini masih banyak yang meyakininya. Lalu, hewan-hewan apa saja yang dipercaya membawa kesialan? Bagi kamu yang percaya banget dengan mitos-mitos, ada baiknya menyimak ulasan berikut.

Kucing Hitam yang Identik dengan Mistis

Siapa sih yang nggak suka kucing? Bersama anjing, hewan ini jadi peliharaan favorit umat manusia. Alasannya sendiri apalagi kalau bukan lantaran bentuk dan keimutan yang mereka miliki. Tapi, ketika kucing begitu dicintai, ada sebagian orang yang menganggap hewan ini membawa kesialan.

Kucing Hitam [Image Source]
Kucing Hitam [Image Source]
Tidak semua kucing dianggap seperti ini, hanya jenis yang hitam legam saja yang dipercaya membawa sial. Kucing hitam dianggap sebagai representasi setan dan kejahatan. Di samping itu, binatang ini pun sering dikait-kaitkan dengan klenik. Dari sini, banyak orang yang akhirnya takut dan tak mau memelihara kucing hitam. Dulu kucing ini memang sangat dibenci oleh orang-orang Eropa karena berkorelasi dengan sihir.

Perkutut juga Bisa Membawa Kesialan

Selama ini perkutut selalu diasosiasikan sebagai hewan pembawa keberuntungan. Makanya, kakek-kakek kita dulu hobi banget pelihara burung satu ini. Namun, siapa sangka meskipun sering dikaitkan dengan ‘bedjo’ alias keberuntungan, burung satu ini juga kerap dianggap membawa sial.

Perkutut [Image Source]
Perkutut [Image Source]
Ya, ternyata ada beberapa jenis burung perkutut yang membawa sial. Misalnya jenis Durgo Nguwuh yang suka berkicau tengah malam, burung ini diyakini membawa hal buruk bagi pemiliknya. Entah sakit, usaha bangkrut, dan sebagainya. Pun begitu dengan jenis Durgo Ngerik yang dipercaya bisa bikin rumah tangga penuh pertengkaran.

Ular Dipercaya Mengundang Kesialan

Meskipun seram dan buas, tapi ular sekarang jadi peliharaan favorit sebagian orang. Alasannya sih lebih karena ekosistem dan juga keunikan karena tak semua orang punya. Tentang memelihara ular, ada sebagian orang yang menyarankan untuk tidak membawa binatang ini ke dalam rumah. Ya, dipercaya kalau hewan ini membawa sial.

Memelihara ular [Image Source]
Memelihara ular [Image Source]
Dalam cerita-cerita ular selalu digambarkan memiliki watak yang jelek dan jahat. Kemudian orang-orang pun percaya jika sifat tersebut akan berimbas kepada rumah bahkan pemiliknya. Tak hanya itu, punya peliharaan melata katanya akan membuat kita sering bermimpi ular. Tapi, untuk mimpi bertemu ular sendiri katanya malah jadi pertanda baik.

Laba-Laba Sang Pembawa Ketidakberuntungan

Memelihara hewan tak biasa hari ini jadi hobi sebagian orang. Alasannya lebih karena beda dan unik. Dan dari semua hewan yang dipelihara, Laba-Laba jadi salah satunya. Memang nggak umum banget dipelihara, tapi bagi para pecintanya hewan satu ini sangat menarik.

Memelihara laba-laba [Image Source]
Memelihara laba-laba [Image Source]
Laba-laba memang eksotis, tapi dari sisi mitos hewan ini katanya membawa kesialan. Dipercaya ketika seseorang memeliharanya, maka ia bakal berangsur-angsur akan mendapatkan kesialan. Bahkan kalau sampai bermimpi, si pemiliknya bakal sial dalam waktu yang tidak lama.

Si Burung Gagak Sang Simbol Kematian

Burung gagak mungkin bukan peliharaan lazim, tapi ada saja orang yang memilikinya di rumah. Memang sih, burung satu ini unik, warnanya hitam pekat serta sangat gagah. Namun, kalau dilihat dari sisi mitos, burung gagak disarankan untuk tidak dipelihara. Alasannya sendiri karena burung ini adalah simbol kematian.

Burung Gagak [Image Source]
Burung Gagak [Image Source]
Mitosnya memang demikian. Jadi, ketika ada seekor burung gagak hinggap di sebuah rumah pada malam hari, maka biasanya si empunya rumah meninggal keesokannya. Berangkat dari sini, kemudian lahir mitos kalau burung gagak juga buruk sebagai peliharaan. Tak hanya itu, katanya burung ini juga membawa sial.

Jadi, inilah beberapa hewan yang banyak dikatakan bisa membawa keburukan bagi pemiliknya. Namun, tentu tidak semua orang lantas percaya begitu saja. Beberapa malah menganggap ini hanyalah mitos tak berdasar. Tentang ular misalnya, meskipun katanya sering dianggap membawa sial, namun pada kenyataannya malah memberikan manfaat ekonomis bagi pemiliknya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA