5 Hewan Mengagumkan ini Mampu Membuat Kloning dari Tubuhnya Sendiri

oleh Adi Nugroho
09:19 AM on Mar 26, 2016

Mendengar kata kloning maka pikiran kita akan tertuju pada Domba Dolly. Domba yang lahir pertama kali tanpa proses pembuahan sel kelamin jantan dan betina. Domba ini hidup selama 6 tahun sejak pertama kali dilahirkan pada 1996 silam. Selain Domba Dolly sebenarnya masih banyak hewan yang mampu melakukan kloning tanpa bantuan manusia.

Inilah lima hewan yang mampu memperbanyak dirinya dengan berbagai cara. Mereka tidak melakukan perkawinan hingga individu baru yang muncul murni hasil duplikasi atau kloning. Mari simak bersama-sama hewan mengagumkan yang mampu membuat kloning dari tubuhnya sendiri.

Baca Juga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang

1. Hiu Kepala Martil

Hiu Kepala Martil adalah salah satu spesies yang mampu memperbanyak dirinya sendiri tanpa perlu melakukan perkawinan. Makhluk ini mampu melahirkan bayi hiu tanpa adanya proses perkawinan dengan jantan. Kejadian ini ditemukan pada tahun 2001 lalu oleh ilmuwan Amerika dan Irlandia di Kebun Binatang Henry Doorly.

Hiu Kepala Martil [image source]
Hiu Kepala Martil [image source]
Awalnya ilmuwan tidak yakin jika hiu ini bisa menghasilkan anak tanpa adanya pembuahan. Namun setelah diteliti, bayi dari hiu kepala martil ini memiliki DNA yang sangat identik dengan ibunya. Bahkan tidak memiliki DNA yang berasal dari hiu lain yang mungkin menjadi pejantan dari betina yang melahirkan.

2. Komodo

Komodo yang merupakan hewan endemik asli dari Indonesia ini sebenarnya melakukan perkawinan sebelum betina bertelur. Dari telur itulah bayi komodo akan lahir dan bertahan hidup hingga dewasa. Hal mengejutkan terjadi pada 2006 silam di Kebun Binatang London. Komodo yang sebenarnya tidak melakukan perkawinan bisa menghasilkan anakan yang jumlahnya da empat.

Komodo [image source]
Komodo [image source]
Ilmuwan lalu meneliti DNA dari bayi komodo. Dari sana di dapatkan sebuah fakta jika tidak ada DNA dari pejantan yang ada di sekitar situ. Komodo yang akhirnya lahir dari telur adalah individu yang nyaris memiliki keindetikkan dengan ibu yang melahirkannya. Kemampuan perkawinan aseksual ini dimiliki komodo saat bertahan hidup di daerah yang terisolasi.

3. Ular Boa

Seperti halnya ula-ular lain di muka bumi ini, Boa akan melakukan perkawinan sebelum menghasilkan anak. Namun yang terjadi pada ular Boa ini berbeda. Ular ini mampu menghasilkan telur tanpa harus mengalami proses perkawinan dengan jantan. Bahkan telur itu menetas dan mampu menjadi bayi ular yang sehat dan tumbuh besar.

Ular Boa [image source]
Ular Boa [image source]
Ternyata Ular Boa ini mampu menghasilkan semacam zat yang menyerupai sperma. Zat itu akan masuk ke dalam sel telur dan membuahinya tanpa membutuhkan jantan. Fenomena ini masih menjadi misteri bagi ilmuwan. Pasalnya selama ini tidak pernah ada ular yang berkembang biak secara aseksual. Bahkan menghasilkan anakan yang lebih dari satu.

4. Marmorkrebs

Marmorkrebs adalah salah jenis udang-udangan yang mampu memperbanyak dirinya dengan kloning. Mereka tidak melakukan perkawinan secara alami seperti yang dilakukan oleh udang jenis lainnya. Marmorkrebs mampu menghasilkan telor lalu membuahinya sendiri di dalam tubuhnya melalui proses parthogenesis. Dari proses ini anak Marmorkrebs yang jumlahnya ratusan hingga ribuan.

Marmorkrebs [image source]
Marmorkrebs [image source]
Setelah dilakukan penelitian dengan sangat mendalam, akhirnya ilmuwan menyimpulkan jika spesies ini semuanya betina. Bahkan jika tidak dikendalikan dengan baik, akan menjadi organisme penginvasi dan menyebabkan beberapa jenis hewan punah. Marmorkrebs mudah sekali berkembang biak hingga dalam jangka waktu tak lama jumlahnya jadi banyak.

5. Aphids

Aphids adalah serangga yang menjadi hama pengganggu bagi petani. Biasanya serangga ini akan menyerang tanaman seperti cabai dan tomat. Aphids memiliki kemampuan untuk melakukan kloning pada tubuhnya sendiri dengan cepat. Bahkan dalam satu hari mereka bisa membelah hingga delapan kali dan semuanya menghasilkan anakan baru.

Aphids [image source]
Aphids [image source]
Inilah alasan mengapa aphids susah sekali dibasmi. Sekali tanaman terkena maka akan langsung menyebar, bahkan ke tanaman lain di sekitarnya. Cara yang bisa dilakukan hanyalah dicabut lalu dibakar hingga habis. Jika tidak, aphids akan terus menginvasi dengan lebih ganas, meski hanya makhluk yang kecil dan terlihat lemah.

Inilah lima hewan yang mampu melakukan kloning pada dirinya sendiri. Meski tanpa melakukan perkawinan, mereka bisa bertambah banyak dan membuat makhluk lain di sekitarnya jadi susah. Ngomong-ngomong pernah ketemu dengan lima hewan di atas itu tidak sobat Boombatis?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA