6 Hewan Menakjubkan yang Bisa Tetap Hidup Meskipun Kepalanya Putus

oleh Rizal
09:10 AM on Dec 12, 2015

Kepala adalah bagian penting dari organisme. Ia bertugas sebagai pusat kendali atau kontroller dari semua aktivitas yang dilakukan mulai sel yang paling kecil sampai level kompleks meliputi banyak sistem itu. Kehilangan kepala bagi organisme, ibarat komputer tak berprosesor. Mati, dan tak bisa melakukan apa pun. Namun dalam beberapa kasus, ternyata ada beberapa hewan yang mampu hidup setelah kepalanya terpisah dari tubuhnya.

Hal ini tentu sangat mengesankan lantaran anggapan kepala adalah bagian tubuh penting sudah tidak valid lagi. Uniknya, hewan-hewan ini mampu beraktivitas seperti biasanya. Seperti tak kehilangan sesuatu yang penting.

Baca Juga
5 Jasa Chairul Huda Semasa Hidup yang Membuat Dirinya Jadi Sosok Tak Tergantikan
Misnadi Abdullah, Ketua Aliran Baru Penyembah Matahari yang Bikin Netizen Geram

Nah, berikut adalah deretan hewan menakjubkan yang bisa tetap hidup meskipun kepalanya dipisahkan dari tubuhnya.

1. Kecoa, Putus Kepalanya Bisa Hidup Dua Minggu Lagi

Tak banyak hewan yang dilengkapi kemampuan gila seperti kecoa. Punya sensor rasa takut mangsanya, tahan radiasi yang bisa membinasakan manusia, dan bisa terbang unpredictable alias random. Tak hanya itu, si hewan yang bikin phobia banyak orang itu ternyata juga bisa hidup meskipun tanpa kepala. Gila ya si kecoa ini?

Kecoa bisa hidup tanpa kepalanya hingga berminggu-minggu [Image Source]
Kecoa bisa hidup tanpa kepalanya hingga berminggu-minggu [Image Source]
Alasannya, kecoa punya sistem peredaran darah yang unik. Begitu kepalanya putus, maka sistem tubuhnya akan melakukan mekanisme kompleks untuk menghindari pendarahan. Soal bernafas, kecoa bisa melakukannya dari seluruh tubuh mereka. Uniknya, meskipun katanya susah mati, kecoa akan menyerah ketika tubuh mereka dibalik.

2. Kepala Ular yang Sudah Putus Masih Bisa Menggigit

Never play with snakes, adalah ungkapan para pawang ular yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Ya, ular memang sangat membahayakan. Tak hanya ketika mereka hidup, tapi juga dalam keadaan yang dianggap mati. Khusus untuk kasus ini, dengan kepala telah terpotong.

Meskipun putus kepalanya, ular masih bisa menyuntikkan racunnya [Image Source]
Meskipun putus kepalanya, ular masih bisa menyuntikkan racunnya [Image Source]
Ya, meskipun secara logika ular sudah kehilangan fungsi tubuhnya, tapi kepala ular yang putus masih sama bahayanya seperti ketika mereka masih hidup. Kepala ular yang putus masih bisa menggigit dan kemudian menyuntikkan racun dalam jumlah besar. Banyak korban dari gigitan kepala ular putus ini gara-gara ketidaktahuan.

3. Mike, Si Ayam Tanpa Kepala yang Hidup Bahagia

Ayam bisa hidup tanpa kepala? Tentu saja janggal mengingat kita mungkin tiap saat melihat ayam-ayam di toko daging itu sudah dingin dan tak bisa bergerak. Namun apa yang dialami oleh ayam asal Amerika bernama Mike ini sungguh lain. Kepalanya sudah sirna saat dipotong, tapi ia bisa hidup seperti ayam normal pada umumnya.

Tanpa kepala, Mike bisa tetap bahagia [Image Source]
Tanpa kepala, Mike bisa tetap bahagia [Image Source]
Seorang dokter hewan mengatakan jika si empunya tak memotong si ayam itu dengan sempurna. Pisau yang digunakan ternyata tak mengenai salah satu arteri yang berfungsi menyuplai darah. Pembekuan darah yang cepat juga bisa dianggap sebagai faktor kenapa Mike bisa tetap hidup walaupun kepalanya putus.

4. Belalang Sembah Tetap Hidup Meskipun Kepalanya Dikunyah Pasangannya

Belalang sembah seperti yang kita tahu, adalah hewan super menakjubkan. Mereka punya kemampuan sempurna sebagai pembunuh. Mulai dari capit pembunuh yang mematikan itu, sampai kemampuan kamuflase yang menakjubkan. Kelemahan mereka hanya satu dan mungkin juga dialami mayoritas pria di dunia. Ya, pasangannya.

Belalang sembah tak mati ketika kepalanya dimakan oleh pasangannya sendiri [Image Source]
Belalang sembah tak mati ketika kepalanya dimakan oleh pasangannya sendiri [Image Source]
Begitu bertemu pasangan dan kemudian kawin, belalang sembah harus siap dengan kemungkinan terburuk. Termasuk kepalanya dimakan sang betina saat proses reproduksi tersebut. Uniknya, belalang sembah jantan takkan mati begitu saja. Meskipun kepalanya putus, ia masih bisa hidup untuk beberapa waktu ke depan sampai ia mati karena kelaparan.

5. Lalat, Nasibnya Tak Jauh Beda dari Belalang Sembah

Sudah menjadi fakta umum jika para betina dari kelas serangga selalu lebih besar dan kejam terhadap pasangannya. Tak hanya dialami oleh si belalang sembah, lalat rumah ternyata juga sama. Ketika kawin, seringkali mereka mengalami perlakuan kasar bahkan sampai putus kepalanya. Namun, untungnya lalat juga seberuntung belalang sembah yang bisa hidup meskipun kepalanya sudah hilang entah kemana.

Lalat bernasib sama seperti belalang sembah, namun mereka bisa hidup lebih lama [Image Source]
Lalat bernasib sama seperti belalang sembah, namun mereka bisa hidup lebih lama [Image Source]
Namun hebatnya lalat, ia bisa hidup berhari-hari sampai mingguan dengan kondisi seperti ini. Mereka hanya akan mati ketika sudah tidak ada lagi makanan yang tersisa di sistem pencernaannya.

6. Salamander, Mereka Bisa Tumbuhkan Jantung Sampai Kepala

Mungkin regenerasi sel hanya bisa dilakukan para superhero di kartun atau film, namun pada kenyataannya ternyata ada hewan yang memiliki kemampuan ini. Salamander, mereka punya kemampuan hebat ini di mana sudah dibuktikan oleh para peneliti jika hewan unik itu mampu meregenerasi bagian apa pun dari tubuhnya.

Dari ekor sampai kepala, salamander bisa menumbuhkannya lagi ketika hilang [Image source]
Dari ekor sampai kepala, salamander bisa menumbuhkannya lagi ketika hilang [Image source]
Dari banyak penelitian memang sudah dipastikan jika salamander punya kemampuan hebat ini. Mereka bisa menumbuhkan lagi sel hingga organ penting, entah itu jantung, limpa, paru-paru dan semuanya. Lalu bagaimana dengan otak dan kepala? Ya, tentu saja mereka juga bisa menumbuhkannya lagi.

Menakjubkan bukan melihat kehebatan hewan-hewan ini? Mereka tak hanya dibekali dengan sistem tubuh yang kompleks, tapi juga kemampuan mencengangkan yang tak semua hewan memilikinya. Hal ini juga membuat para peneliti berkesimpulan jika tak selamanya kepala adalah bagian tubuh terpenting. Meskipun begitu bagi manusia tetap kepala adalah segalanya. Tapi, mungkin saja teknologi biologi masa depan bisa membuat kita bisa mendapatkan keahlian serupa. Tapi, kira-kira apa keuntungannya manusia bisa hidup tanpa kepala? Ya, mungkin bisa untuk tontonan sirkus.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA