5 Bukti yang Menunjukkan Jika Hewan Adalah Makhluk Genius

oleh Adi Nugroho
15:00 PM on Oct 24, 2015

Manusia memanglah makhluk yang paling mulia dan dikenal sangat pandai di dunia ini. Meski demikian, beberapa jenis hewan juga memiliki kemampuan hebat yang sama seperti manusia. Bahkan mungkin lebih hebat dari itu. Ilmuwan yang menemukan tingkah laku hewan itu menyebutnya makhluk genius. Bagaimana mungkin hewan bisa melakukan hal-hal yang sepertinya sangat mustahil.

Ada lima hewan di bumi ini yang ternyata memiliki kemampuan yang sangat hebat itu. Mereka mampu melakukan hal-hal di luar nalar manusia hingga membuatnya nampak lebih istimewa. Mari kita bahas bersama-sama tujuh hewan hebat nan genius itu!

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

1. Lumba-lumba Mampu Membuat Mainannya Sendiri

Well, sebenarnya tak diragukan lagi jika lumba-lumba merupakan hewan yang cerdas. Namun tak banyak yang tahu jika mamalia yang hidup di dalam air ini bisa membuat mainannya sendiri. Mereka bisa bersenang-senang dengan gelembung yang mereka buat sendiri meski tidak ada yang mengajarinya.

Coba perhatikan video di atas. Nampak jelas jika lumba-lumba muda sangat menikmati permainannya. Mereka berenang ke sana kemari dan membuat banyak orang jadi takjub. Saat masih kecil, anda bisa membuat mainan sendiri tidak?

2. Orangutan Belajar Membajak Perahu

Orangutan adalah primata yang nyaris punah. Di Indonesia sendiri tepatnya di Kalimantan spesiesnya sudah menipis. Itulah mengapa orangutan sangat dilindungi oleh pemerintah dan juga organisasi satwa dunia. Di Camp Leaky, Pulau Kalimantan tempat orangutan ditangkarkan dan diamati, ilmuwan menemukan fakta yang cukup mengejutkan.

Orangutan Belajar Membajak Perahu [image source]
Orangutan Belajar Membajak Perahu [image source]
Mereka mendapati beberapa orangutan mencuri kapal kecil atau canoe yang ditaruh di pinggir sungai. Orangutan akan menggunakan canoe itu untuk bepergian, bahkan ia bisa mendayung. Penduduk setempat biasanya mengisi canoe dengan air dan menenggelamkannya di sungai agar tak dicuri. Tapi emang dasarnya genius, orangutan mengeluarkan canoe dan kembali memakainya untuk berlayar!

3. Ular Mampu Memprediski Datangnya Gempa Bumi

Sampai saat ini ilmuwan masih mengalami kesulitan untuk memprediksi akan datangnya gempa bumi. Itulah mengapa korban akibat gempa masih banyak yang berjatuhan. Untuk mengetahui hal terkait gempa, ilmuwan di Nanning, China melakukan pengamatan terhadap ratusan ular yang ada di kandang.

Ular Mampu Memprediski Datangnya Gempa Bumi [image source]
Ular Mampu Memprediski Datangnya Gempa Bumi [image source]
Jika akan ada gempa bumi, biasanya ular akan keluar dan berpindah sarang meski cuacanya sedang tidak baik. Jika gempa yang besar akan terjadi, ular akan mengamuk hingga memukul-mukulkan ekornya pada kandang. Hal yang sama juga dialami oleh tikus tanah. Hewan yang buta ini juga mampu memprediksi datangnya gempa bumi.

4. Buaya Air Asin yang Mampu Melakukan Olahraga Surfing

Terlihat aneh memang, bagaimana mungkin seekor buaya mampu melakukan surfing yang notabene untuk manusia saja susah. Well, tapi kenyataannya , buaya paling besar dan paling buas di dunia ini bisa melalui ombak yang sangat besar. Meski dengan panjang bisa mencapai 7 meter dan berat 900 kg, hewan ini bisa lolos dan mengendarai ombak layaknya peselancar yang sangat expert!

Buaya Air Asin yang Mampu Melakukan Olahraga Surfing [image source]
Buaya Air Asin yang Mampu Melakukan Olahraga Surfing [image source]
Kejadian mengejutkan ini terjadi di Australia pada tahun 2014 silam. Buaya ini dengan santainya mengendarai ombak untuk berpindah dari satu empat ke tempat yang lain. Berdasarkan pengamat lautan, buaya ini bisa menempuh jarak ribuan kilometer dari satu pantai ke pantai yang lain hanya untuk mencari mangsa. Coba bayangkan, anda sedang surfing dan di dekat anda mendadak ada buaya serem ini. Apa yang akan anda lakukan?

5. Paus Pembunuh Mampu Berbicara Bahasa Asing

Seperti halnya dalam dunia manusia, dalam dunia hewan pun bahasanya berbeda-beda. Tak terkecuali dengan dunia lumba-lumba. Paus Pembunuh yang masih sekerabat dengan lumba-lumba ternyata mampu berbicara bahasa lumba-lumba hidung botol. Padahal kedua hewan ini memiliki bahasa yang jauh berbeda.

Paus Pembunuh Mampu Berbicara Bahasa Asing [image source]
Paus Pembunuh Mampu Berbicara Bahasa Asing [image source]
Bisa dibilang, paus pembunuh mampu mempelajari bahasa asing dengan sangat baik. Ia bertingkah laku seperti manusia dan penasaran dengan bahasa yang bukan bahasa ibunya. Hayo, anda bisa bahasa apa selain Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris tentunya. Jangan mau kalah dengan paus pembunuh ini ya. Ia saja bisa belajar bahasa asing, kita harusnya lebih mampu dong!

Sekarang terbukti, kan? Hewan ternyata bisa melakukan sesuatu yang lebih. Melakukan sesuatu yang sangat hebat meski dengan kemampuan yang sangat terbatas. Kita, sebagai makhluk yang lebih sempurna, harusnya bisa melakukan banyak hal bermanfaat dan berguna bagi banyak orang!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA