10 Hewan Paling Besar Sepanjang Masa yang Pernah Ada di Bumi

oleh Rizal
07:00 AM on Oct 31, 2015

Tinggal di zaman seperti sekarang kita harus benar-benar bersyukur. Ya, selain lingkungannya manusiawi dan peradabannya sudah sedemikian maju, kita juga tidak harus berurusan dengan hewan-hewan raksasa. Bayangkan jika manusia yang sekarang lahir di zaman puluhan juta tahun lalu. Kita bakal jadi bulan-bulanan para hewan-hewan raksasa. Entah digigit nyamuk sebesar telapak tangan atau disengat kalajengking yang besarnya sama seperti anjing.

Sebenarnya jadi hal yang sangat disayangkan pula jika pada akhirnya hewan-hewan raksasa zaman purba ini punah. Jika tidak, mungkin khazanah ilmu pengetahuan kita tentang binatang pasti luar biasa kaya. Kembali ke zaman jutaan tahun lalu, memang benar jika dulunya Bumi ditempati monster-monster yang mengerikan. Tak hanya di darat saja, melainkan di perairan dan yang terbang di langit.

Nah, berdasarkan semua fosil yang berhasil ditemukan, kita bisa mengurutkan siapa-siapa hewan terbesar yang pernah hidup di Bumi. Berikut adalah daftarnya dan siap-siap terkejut dengan ukurannya!

1. Serangga Terbang Terbesar

Membayangkan nyamuk sebesar telapak tangan mungkin ngeri, namun tak lebih menakutkan jika dibandingkan yang satu ini. Bernama Meganeuropsis Permiana, inilah serangga terbang paling besar yang pernah ada. Meganeuropsis Permiana berbentuk seperti capung modern saat ini. Hanya saja ukurannya benar-benar mengerikan.

Hewan besar ini adalah leluhur capung yang sekarang [Image Source]
Hewan besar ini adalah leluhur capung yang sekarang [Image Source]
Hewan ini diperkirakan hidup 300 juta tahun lalu dan uniknya para peneliti menduga jika habit atau kebiasaannya sama persis seperti capung masa kini. Nah, soal ukurannya, Meganeuropsis Permiana punya lebar sayap sepanjang 70 sentimeter dengan panjang badan hampir sama seperti tangan sampai siku orang dewasa. Cukup mengerikan, bukan?

2. Arthropoda Terbesar

Arthropoda adalah kelas untuk hewan-hewan yang berkulit keras mulai udang sampai lipan. Nah, spesies yang terbesar untuk kelas ini bernama Arthropleura. Binatang ini diprediksi ada di 340-280 tahun lalu.

Apa jadinya jika lipan sekarang berukuran 2,5 meter seperti hewan satu ini? [Image Source]
Apa jadinya jika lipan sekarang berukuran 2,5 meter seperti hewan satu ini? [Image Source]
Bentuk Arthropleura sendiri mirip dengan lipan di era saat ini. terutama dilihat dari dua antena di kepalanya, kaki-kaki berpasangan yang banyak dan juga semacam perisai atau kulit keras di bagian punggungnya. Jika hewan ini hidup di zaman ini, maka ia akan jadi teror manusia yang paling buruk. Bagaimana tidak, Arthropleura memiliki panjang tubuh 2,5 meter dengan bobot hampir 500 kilogram!

3. Ular Terbesar

Tak perlu membayangkan ular besar zaman prasejarah, pasalnya di era saat ini saja sudah ada yang seperti itu. Yup, siapa lagi kalau bukan Anaconda. Ular ini bisa mencapai ukuran tubuh 6-8 meter dengan bobot hingga ratusan kilogram. Buaya terbesar pun tak akan berkutik dengan lilitannya. Nah, jika di zaman sekarang saja sudah sebesar itu, lalu bagaimana dengan ular zaman dulu? Gambar Titanoboa berikut akan sedikit memberimu gambaran.

Berukuran 15 meter panjangnya, Titanoboa jadi ular paling panjang yang pernah ada [Image Source]
Berukuran 15 meter panjangnya, Titanoboa jadi ular paling panjang yang pernah ada [Image Source]
Yup, ular ini jadi yang paling besar sepanjang sejarah dengan panjang tubuh mencapai 15 meter. Jika ukuran ini belum menakutimu, ular tersebut juga punya diameter tubuh kurang lebih satu meter. Besar dan panjang, ular ini bakal jadi teror terbesar umat manusia jika munculnya di era saat ini.

4. Predator Darat Terbesar

Ada yang menebak T-Rex? Sayangnya jawaban ini salah. T-Rex memang besar dan ia terkenal sebagai pemangsa darat yang mematikan. Namun ternyata ia bukanlah yang terbesar. Adalah Spinosaurus yang diakui sebagai predator darat paling besar di Bumi.

Spinosaurus jadi predator darat paling besar dan paling menyeramkan [Image Source]
Spinosaurus jadi predator darat paling besar dan paling menyeramkan [Image Source]
Ciri fisiknya sendiri hampir mirip T-Rex, namun ia punya tanda khas yakni sebuah lengkungan di bagian punggungnya. Karnivora satu ini diprediksi hidup di zaman 112-87 juta tahun lalu. Panjang tubuh dari kepala sampai ekor adalah 18 meter. Sedangkan beratnya sendiri mencapai 9 ton. Hmm, untung sudah punah.

5. Ikan Predator Paling Besar

Killer whale atau paus pembunuh jadi predator paling ganas dan terbesar di lautan. Selain itu, ada juga hiu putih besar yang dari ukuran sedikit lebih pendek dari paus pembunuh. Nah, kalau dirunut ke belakang, siapa sih yang jadi penguasa lautan terbesar? Mungkin kamu sudah tahu siapa hewan satu ini. Yup, Carcharodon Megalodon.

C. Megalodon jadi sesepuh hiu dengan panjang 20 meter [Image Source]
C. Megalodon jadi sesepuh hiu dengan panjang 20 meter [Image Source]
Hewan satu ini adalah nenek moyang hiu modern yang memiliki panjang tubuh mencapai 20 meter. Berat tubuhnya sendiri bisa mencapai 103 ton. Kalau dibandingkan ukurannya dengan manusia, maka tinggi kita hanya 3/4 dari panjang sirip atasnya saja. Carcharodon Megalodon sendiri sering dikatakan masih ada hingga sekarang.

6. Ikan Bertulang Tegak Terbesar

Maksudnya bertulang tegak di sini adalah ikan yang mempunyai struktur rangka tegak lurus. Misalnya ikan-ikan konsumsi seperti tuna, tongkol dan sebagainya. Nah, untuk kelas spesies ini yang paling besar bernama Leedsichthys Problematicus. Hewan ini diperkirakan hidup di 170 juta tahun lalu.

Seperti inilah ukuran Leedsichthys Problematicus jika dibandingkan kita [Image Source]
Seperti inilah ukuran Leedsichthys Problematicus jika dibandingkan kita [Image Source]
Panjang tubuhnya sendiri mencapai 21 meter dengan berat 50 ton. Ikan ini juga bisa digolongkan sebagai predator karena ia memburu ikan-ikan kecil. Bayangkan jika ikan ini masih ada, mungkin akuarium sea world bakal lebih sangar lagi.

7. Mamalia Darat Terbesar

Gajah jadi mamalia darat terbesar di era kekinian. Hewan cerdas dan setia kawan itu memiliki bobot 6 ton dengan tinggi tubuh mencapai 4 hingga 5 meter. Nah, jika si telinga lebar jadi yang terbesar saat ini, lalu siapa mamalia daratan terbesar yang pernah ada? Jawabannya adalah Paraceratherium.

Paraceratherium jadi mamalia darat terbesar yang pernah hidup di Bumi [Image Source]
Paraceratherium jadi mamalia darat terbesar yang pernah hidup di Bumi [Image Source]
Makhluk ini punya bentuk seperti tapir namun berbadan kekar seperti badak serta karakteristik kaki mirip dengan gajah. Paraceratherium sendiri punya panjang tubuh 8 meter dengan berat rata-rata 30 ton. Hewan yang mungkin jadi leluhur gajah dan badak ini hidup 37-23 juta tahun lalu.

8. Hewan Terbang Paling Besar

Dulu di masa jutaan tahun lalu bukan hanya serangga dan burung yang bisa terbang. Ada beberapa jenis reptil yang dilengkapi dengan sayap dan benar-benar bisa terbang. Beberapa ukurannya sangat besar bahkan mungkin sama seperti sebuah pesawat mini. Bernama Quetzalcoatlus, ini adalah predator terbang paling besar yang pernah ada.

Mengusung nama dewa Aztec, Quetzalcoatlus memang jadi penguasa langit paling dominan pada zamannya [Image Source]
Mengusung nama dewa Aztec, Quetzalcoatlus memang jadi penguasa langit paling dominan pada zamannya [Image Source]
Quetzalcoatlus sendiri diambil dari nama dewa Aztec Quetzalcoalt yang merupakan penguasa langit. Nama ini begitu sesuai melihat ukuran tubuh Quetzalcoatlus yang benar-benar gila. Bentangan sayapnya hampir mencapai 16 meter, dengan berat sekitar 250 kilogram. Ketika berdiri burung ini setinggi 6 meter, hampir 3 kali lipat manusia.

9. Mamalia Terbesar

Ketika mendengar kata mamalia, pikiran kita selalu mengarah ke hewan-hewan darat. Padahal mamalia juga ada yang berada di laut. Membicarakan mamalia terbesar, ternyata predikat tersebut dimiliki oleh makhluk laut yang masih ada hingga saat ini. Yup, Blue Whale alias paus biru.

Hampir selama 50 juta tahun paus biru tidak mengalami perubahan apa pun termasuk ukurannya [Image Source]
Hampir selama 50 juta tahun paus biru tidak mengalami perubahan apa pun termasuk ukurannya [Image Source]
Ikan ini jadi spesies lautan sekaligus mamalia terbesar dengan panjang tubuh hampir 30 meter. Jika dihitung berat tubuhnya, paus bisa mencatatkan bobot 180 ton! Uniknya lagi, paus biru yang kita temui hari ini bentuknya sama seperti 50 juta tahun lalu. Ini artinya selama itu hewan besar tersebut tidak mengalami perubahan fisik sama sekali.

10. Hewan Terbesar yang Pernah Ada

Blue Whale sudah membuat kita geleng-geleng kepala lantaran besarnya yang tak masuk di akal itu. Namun siapa sangka jika masih ada satu hewan lagi yang lebih besar dari itu dan sekaligus menjadi yang paling besar sepanjang masa. Makhluk ini bernama Amphicoelias Fragillimus.

Dengan panjang tubuh 58 meter, Amphicoelias Fragillimus adalah makhluk terbesar sepanjang masa [Image Source]
Dengan panjang tubuh 58 meter, Amphicoelias Fragillimus adalah makhluk terbesar sepanjang masa [Image Source]
Hewan ini berkaki empat dengan bentuk tubuh buntal namun sangat besar. Namun yang jadi ciri khasnya adalah leher dan ekor yang panjang sekali. Kira-kira berapa panjang hewan ini? 58 meter! Berat badannya sendiri juga mencapai 122 ton. Jika dibandingkan manusia, maka kita hanyalah setengah dari panjang kaki sampai lututnya saja. Hewan besar ini bergerak dengan lambat dan pemakan tumbuh-tumbuhan.

Bayangkan jika semua hewan besar ini masih ada sampai sekarang. Mungkin kita tidak akan pernah mendominasi Bumi. Jangankan bikin peradaban, mungkin manusia sendiri sudah habis dimangsa mereka. Dari ulasan ini pula kita bisa tahu jika beberapa hewan ternyata tidak mengalami perubahan bentuk. Misalnya Meganeuropsis Permiana yang akhirnya jadi capung seperti sekarang, hingga Carcharodon Megalodon yang keturunannya sudah jelas adalah para hiu. Next

Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA