5 Hewan Laut Paling Menyeramkan yang Justru Dikagumi karena Memiliki Keunikan Luar Biasa

Di balik tampangnya yang seram, siapa sangka ikan-ikan ini punya sisi lain yang dikagumi.

oleh Yania
10:00 AM on Aug 18, 2017

Rumah dari makhluk seram mungkin adalah salah satu julukan yang pas untuk laut. Tak perlu banyak bukti soal itu, karena kamu tahu sendiri kalau di sana ada begitu banyak hewan-hewan menakutkan yang tiap tahunnya selalu menyumbangkan angka statistik orang terluka di laut. Hiu putih, paus pembunuh, ikan pari listrik, adalah beberapa nama penghuni laut yang sudah terkenal dan bikin orang bergidik.

Masih soal ikan seram, beberapa spesies dari itu memang luar biasa menakutkan, tapi di sisi lain mereka punya kelebihan khusus yang justru bikin kagum. Bahkan nggak cuma itu, ada juga ikan seram yang justru bagi manusia sangat menguntungkan. Dan berikut ini beberapa ikan yang dikenal sangat menyeramkan namun memiliki sisi lain yang luar biasa.

Baca Juga
4 Mitos yang Dipercaya Banyak Orang Indonesia Tentang Mereka yang Baru Saja Pulang Haji
Menguak Kisah Haru Ceko, Pria yang Nekat Tato Peta Indonesia di Seluruh Wajahnya

1. Angler Fish, ikan seram yang bikin penyelam girang

Angler fish ini bisa dibilang merupakan salah satu hewan air paling mengerikan. Bagaimana tidak, penampakannya sungguh bikin ngilu, mulai dari giginya yang panjang dan tajam sampai bentuk tubuhnya yang menimbulkan kesan tak ramah. Apalagi, ketika tahu hewan ini hidup di laut dalam, makin merinding ketika membayangkannya.

Angler Fish [Image Source]

Meskipun demikian, di balik sejumlah kalimat menakutkan di atas, ikan ini memiliki sesuatu yang bikin para penyelam malah bahagia. Ya, hal tersebut tak lain adalah antena bercahaya yang dimiliki ikan ini. Diketahui banyak penyelam yang memanfaatkan itu untuk sumber pencahayaan alami. Di samping itu, kelap-kelip cahayanya di laut dalam seolah memberikan atraksi menyenangkan yang mungkin takkan mudah dijumpai di mana pun.

2. Borodav Chatka, caranya menipu mangsa bikin kagum

Tak hanya seram, ikan ini juga adalah yang paling beracun di dunia yang mana sedikit saja dari itu bisa bikin manusia tidur untuk selamanya. Makanya ikan ini sangat dihindari oleh sebagian penyelam karena risikonya sangat besar. Namun demikian, ikan ini juga memiliki daya tarik yang membuatnya malah dikagumi.

Borodavchatka [Image Source]

Hal tersebut tak lain adalah kemampuannya dalam menyamar. Borodav Chatka sama halnya seperti belalang ranting atau bunglon di daratan, kemampuan berkamuflasenya sangat hebat. Bahkan mungkin kamu akan sangat sulit membedakan antara karang dan ikan ini karena dua-duanya seolah tak ada bedanya. Tak heran kalau kemudian ikan ini dijuluki sang monster karena ia memiliki semua kelengkapan membunuh yang luar biasa!

3. Coelacanth, si tua yang eksistensinya diharapkan

Kalau soal seram jangan tanya, ikan satu ini tampangnya bikin takut siapa pun yang memandang. Ukurannya mungkin tak besar, tapi sorot mata serta bentuk tubuh anehnya akan membuat makhluk air mana pun menghindarinya. Ya, inilah ikan Coelacanth, sang tetua yang keberadaannya sangat diperhatikan oleh para peneliti.

Coelacant [Image Source]

Ikan ini seram tapi ia adalah manifestasi dari sejarah. Coelacanth diketahui berumur sangat tua. Bagaimana tidak, ikan sejenis ini sudah eksis dari 400 juta tahun lalu bahkan di masa sebelum dinosaurus sempurna muncul. Mendapati Coelacanth di zaman sekarang tentu berkah luar biasa dan makanya para peneliti begitu menjaganya meskipun penampakan ikan ini sungguh menyeramkan.

4. Red King Crab, si makhluk seram tapi nikmat

Berbeda dengan beberapa makhluk air seram di atas, yang satu ini dikagumi karena keuntungan khusus. Ya, hal tersebut tak lain adalah untuk tujuan konsumsi. Red King Crab adalah salah satu hewan laut yang menurut banyak orang sangat lezat, meskipun penampakannya sendiri aslinya super menakutkan.

Red king crab [Image Source]

Kepiting ini mempunyai panjang sekitar 1,5 meter dan berat 10 kilogram dan berwarna merah sehingga terlihat sangat mengerikan. Ia juga memiliki duri-duri yang menyebar di seluruh tubuhnya sehingga membuatnya makin bikin merinding. Meskipun begitu, si raja kepiting jadi santapan mahal dan sukses bikin banyak nelayan bahagia ketika mendapatkannya. 

5. Ikan Paus dan muntahannya yang bernilai fantastis

Paus mungkin tak menyeramkan kalau kita saksikan di televisi atau pun foto. Tapi, bisa dijamin kamu bakal gemetaran ketika menjumpai makhluk ini secara nyata dan hanya dalam jarak beberapa meter saja. Rata-rata paus memang menyeramkan. Bukan hanya karena tubuh raksasanya, tapi juga gigi-gigi tajamnya yang seolah siap mengoyak apa pun.

Sperm Whale [Image Source]

Walaupun seram luar biasa, tapi beberapa paus juga punya sisi lain yang bikin manusia sumringah. Ya, hal tersebut adalah eksistensi Ambergris yang memang dihasilkan oleh beberapa paus. Bahan ini sendiri gampangnya adalah muntahan paus yang telah mengalami banyak proses. Kamu mungkin belum tahu, tapi benda menjijikkan secara harfiah itu harganya luar biasa mahal bahkan sampai puluhan juta. Uniknya, Ambergris sendiri pemanfaatannya rata-rata adalah untuk parfum. 

Selalu ada sisi lain untuk segala sesuatunya. Termasuk salah satunya adalah deretan ikan di atas. Meskipun punya sisi lain yang begitu serem, tapi mereka memiliki hal-hal lain yang unik dan luar biasa. Tak kalah penting juga adalah menjaga eksistensi mereka. Seram tak harus diburu sampai habis, malah harus dijaga agar populasinya tidak sampai terkikis.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Niru Gaya Anniesa Hasibuan, 11 Foto Kelakuan Netizen Ini Pasti Bikin Kamu Ngakak
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA