Hewan-Hewan Ini Menghasilkan Suara Unik

oleh wahyu
09:15 AM on Jan 1, 2015

Setiap binatang punya suara khas sebagai alat komunikasi mereka. Anjing menggonggong sangat kencang jika ada kondisi atau orang asing yang dia lihat. Begitu pula dengan kucing, mereka mengeluarkan suara seperti mendesis jika sedang merasa takut.

Sebagian besar hewan berikut mungkin pernah anda lihat. Namun, tahukah anda kalau sebenarnya mereka mempunyai suara yang sangat unik? Sebagian dari mereka mengeluarkan suara seperti manusia. Sebagian lain, malah bisa meniru suara hewan lainnya. Berikut kami sajikan lima hewan yang bisa mengeluarkan suara-suara unik.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

1. Cheetah yang Bersuara Seperti Burung

Cheetah adalah hewan yang berasal dari turunan kucing besar. Hewan ini merupakan hewan paling cepat di dunia. Hewan langka ini tersebar di benua Asia dan Afrika. Melihat penampilannya yang mirip dengan singa, pasti anda mengira bahwa hewan ini mengaum.

Ya, mereka sesekali mengaum. Namun, jika dalam keadaan tertentu, kucing besar ini mengeluarkan suara seperti burung. Dalam video singkat ini, tampak dua ekor cheetah mengeluarkan suara seperti burung yang meminta makan.

2. Hamster yang Bersuara Seperti Kaset Rusak

Hamster besar ini dikenal dengan nama Guinea pigs. Melihat tubuhnya yang imut seperti kelinci, kira-kira suara seperti apa yang dia keluarkan? Dalam video ini, tampak si hamster besar mengeluarkan suara seperti kaset rusak yang diputar berulang-ulang.

Hamster jenis ini berasal dari Amerika Selatan, dimana di negara asalnya hewan ini biasa dimakan oleh penduduk setempat. Karena pada dasarnya, hewan ini datang dari turunan babi. Namun, sekarang guinea pig lebih dikenal sebagai hewan peliharaan.

3. Anjing yang Tidak Bisa Menggonggong

Anjing ini sekilas tampak seperti anjing biasa. Namun mereka datang dari turunan khusus yang diberi nama Basenji. Anjing ini berasal dari Afrika tengah. Nama mereka berarti “tidak bisa menggonggong”.

Dalam video ini, tampak anjing Basenji sedang duduk sementara terdengar suara-suara anjing lain tengah bermain. Ketika ingin menirukan suara gonggongan temannya, anjing bernama Loki ini tidak bisa menggonggong. Dia malah bersuara seperti orang yang sedang bernyanyi.

4. Rubah yang Berteriak Seperti Manusia

Karena kita tinggal di daerah tropis, kita jarnag sekali melihat rubah. Dari penampilannya yang tampak seperti perpaduan antara anjing dengan serigala, mungkin anda menduga bahwa rubah akan bersuara sama seperti anjing.

Dugaan tersebut salah, karena rubah ternyata mengeluarkan teriakan yang sangat mirip dengan suara manusia. Dalam video ini tampak seekor rubah yang masuk ke pekarangan rumah dan berusaha memanggil anjing yang tadi bermain dengannya. Suaranya sangat mirip dengan teriakan manusia.

5. Lyrebird, satu burung puluhan suara

Spesies burung memang memiliki suara-suara yang indah, yang mereka gunakan untuk menarik perhatian lawan jenis. Setiap burung memiliki suara khasnya masing-masing. Dan biasanya burung jantan akan bersuara lebih indah.

Tapi Lyrebird adalah burung istimewa. Mereka bisa meniru suara hampir 20 jenis burung. Mereka bisa berkaok seperti gagak, bisapula menirukan suara bebek. Tidak hanya itu, lyrebird meniru suara apapun yang dia dengar. Dalam video ini tampak lyrebird meniru suara jepretan kamera dan suara gergaji mesin yang serind didengarnya di hutan.

Keunikan dan karagaman hewan tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Kita beruntung tinggal di negara yang spesies hewannya sangat kaya dan beragam. Ini menjadi tanggung jawab tersendiri bagi kita untuk menjaga kelestarian lingkungan, agar hewan-hewan tersebut tidak punah.
Dari kelima hewan di atas, mana hewan yang suaranya paling mengejutkan anda? Mungkin di akhir tahun anda bisa menjadwalkan liburan sambil menjelajah hutan agar bisa mendengar suara mereka secara langsung.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content