6 Fakta Menarik He-Man, Serial Kartun 90an yang Fenomenal

oleh Norman Duarte
07:00 AM on Nov 10, 2015

Di tahun 80an dan 90an, film kartun bertebaran di TV Indonesia. Masing-masing dengan cerita kepahlawanan yang heroik, dengan jalan cerita yang menarik dan tidak mengandung unsur pembodohan. Kalian masih inget film kartun He-Man?

Ternyata serial kartun yang sangat populer ini menyimpan banyak fakta yang menarik loh, terutama fakta bahwa serial kartun ini sempat di filmkan.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

Dibintangi oleh Dolph Lundgren dan Courtney Cox (yang terkenal sebagai Monica di serial Friends), serta upaya perjuangan yang keras agar membuat serial ini sukses. Yuk kita simak fakta-faktanya!

1. Awal Kelahiran Karena Star Wars

He-Man and the Master of Universe lahir karena perusahaan mainan bernama Mattell. Awalnya He-Man menolak tawaran untuk membuat mainan Star Wars di saat film itu belum meledak. Produksi mainan Star Wars kemudian diambil alih oleh Kenner.

Awal Kelahiran Karena Star Wars
Awal Kelahiran Karena Star Wars [imagesource]
Ternyata film Star Wars meledak dan mainannya laris manis bak kacang goreng. Karena ‘menyesal’, Mattell kemudian membuat mainan sendiri yang juga terinspirasi oleh petualangan luar angkasa.

Mattell kemudian menciptakan He-Man and the Masters of the Universe. Ide ini akhirnya berhasil dan mainan tokoh serial He-Man ini juga terjual laris manis. Syukurlah!

2. Serial Kartun yang Awalnya Ditolak

Setelah penjualan mainannya sukses, Mattel berinisiatif membuat serial kartun He-Man agar penjualannya lebih menggila lagi. Mereka menawarkan konsepnya ke beberapa production house tapi semuanya menolak. Untunglah production house bernama Filmation bersedia membuat serial ini.

Serial Kartun yang Awalnya Ditolak
Serial Kartun yang Awalnya Ditolak [imagesource]
Ketika serial ini akhirnya selesai, ternyata tidak ada satu pun stasiun TV yang berminat menayangkannya di hari sabtu pagi, yang merupakan waktu pemutaran film anak-anak. Presiden Filmation kemudian mengusulkan agar He-Man dibuat untuk satu musim penuh sepanjang 65 episode, yang ditayangkan 5 hari dalam seminggu.

Ide berani  ini akhirnya sukses, dan jumlah orang yang menonton serial ini konon mencapai 9 juta pemirsa setiap hari tayangnya.

3. Ternyata He-Man Tidak Pernah Menyakiti Siapapun

He-Man adalah tokoh superhero yang super kuat, punya daya tahan tinggi, serta mempunyai pedang sakti dan bahkan dianggap sebagai manusia paling kuat di alam semesta. Lucunya, ia tidak pernah menyakiti lawan-lawannya. Biasanya ia malah lebih menggunakan akalnya untuk mengalahkan musuh-musuhnya.

Memang He-Man sering sekali menghancurkan robot-robot, tetapi ia sama sekali tidak pernah menghajar makhluk hidup. Jika ia harus berkelahi, ia cukup melemparkan lawannya ke lumpur, sungai, atau semak-semak. Ini karena Filmation memang diminta untuk membuat serial yang tidak kontroversial. Ini pula sebabnya setiap akhir serial, ada pesan moral yang disampaikan. Keren ya!

4. He-Man Pernah Bertarung dengan Superman

DC Comic (perusahaan komik yang membuat Superman, Batman, dll) sempat menerbitkan komik Superman vs He-Man pada bulan Juli 1982. Ceritanya saat itu Superman disihir oleh Skeletor sehingga menjadi hilang ingatan dan menyerang planet Eternia, planet asal He-Man. Kedua Superhero itu lalu bertarung.

He-Man Pernah Bertarung dengan Superman
He-Man Pernah Bertarung dengan Superman [imagesource]
Superman mengakui bahwa He-Man mempunyai potensi untuk membunuhnya, tetapi pada akhirnya Superman ternyata lebih kuat. Sihir dari Skeletor akhinya berhasil dikalahkan dan kedua superhero itu bahu-membahu melawan Skeletor.

Di kisah ini juga diceritakan bahwa ternyata He-Man memiliki darah manusia bumi. Ibunya adalah seorang astronot yang terdampar di planet Eternia, dan dinikahi oleh raja planet itu. Itulah sebab mengapa ibunya kenal dengan Superman!

5. Conan the Barbarian vs He-Man

Di puncak ketenaran He-Man, banyak isu yang mengatakan bahwa He-Man meniru karakter Conan the Barbarian yang diperankan Arnold Scwarzenegger.

Conan the Barbarian vs He-Man
Conan the Barbarian vs He-Man [imagesource]
Isu ini sangat meledak sehingga Conan Properties International sebagai pemegang hak Conan, menuntut perusahaan Mattel ke pengadilan. Kasus ini dimenangkan Mattel, dan He-Man menang telak atas Conan!

6. Versi Film Layar Lebar

He-Man diangkat dalam versi layar lebar di tahun 1987, dengan pemeran Dolph Lundgren dan Courtney Cox. Sayangnya film ini jelek banget dan beda jauh dengan cerita aslinya.

Hasilnya film ini nggak balik modal dan dianggap sebagai sebuah kegagalan yang parah. Tetapi sebagai fans, ada harapan tokoh He-Man ini bakalan diangkat lagi dalam film dengan penggarapan yang lebih layak. Mumpung film-film dengan tema superhero lagi naik daun.

Fakta-faktanya seru ya? Serial apa lagi yang ingin kamu baca fakta-faktanya? Sayang ya negara kita belum bisa bikin film yang seru namun mendidik seperti serial ini!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content