5 Harta Karun Paling Berharga ini Ditemukan Secara Tidak Sengaja

oleh Adi Nugroho
14:00 PM on Feb 25, 2016

Banyak arkeolog percaya jika faktor “lucky” sering membawa mereka ke penemuan bersejarah yang langka dan sangat berharga. Bahkan gara-gara keberuntungan atau ketidaksengajaan itu, hal-hal yang awalnya tersembunyi bisa nampak dan membawa perubahan besar pada tatanan sejarah di dunia. Tanpa penemuan ini, mungkin sejarah-sejarah di dunia masih dipenuhi dengan misteri.

Lima penemuan harta karun yang akan anda baca di bawah ini adalah contohnya. Arkeolog tanpa sengaja menemukan benda berharga ini ketika melakukan penggalian. Apa yang didapat ketika penggalian benar-benar di atas ekspektasi. Sesuatu yang tak pernah diduga justru muncul begitu saja. Mari kita simak bersama-sama.

Baca Juga
Nggak Terima Anaknya Ditegur, Orangtua Zaman Now Langsung Hajar Guru SMA di Kendari
4 Fakta Mengenai Beberapa Petinggi TNI yang Dilarang Menginjakkan Kaki di Amerika

1. Gua Lascaux

Gua Lascaux adalah sebuah gua yang menyimpan banyak sekali lukisan kuno di dindingnya. Diperkirakan lukisan itu ada di sana sejak 17.000 tahun yang lalu. Orang-orang di masa itu menggambar banyak sekali lukisan dari hewan yang mereka lihat selama melakukan perburuan dan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Gua Lascaux [image source]
Gua Lascaux [image source]
Penemuan dari Gua Lascaux bisa dibilang sangat unik. Pada tahun 1940, empat remaja Prancis berjalan-jalan di sekitar Montignac, anjing mereka menemukan sesuatu yang aneh di tanah. Saat didekati ternyata ada lubang yang di dalamnya banyak sekali peninggalan sejarah. Setidaknya di tempat ini ada 2.000 lukisan kuno yang membuat banyak sekali arkeolog terkagum-kagum.

2. Terra Cotta

Pada tahun 1974, sekelompok petani dari Tiongkok melakukan penggalian. Saat asyik mengambil tanah untuk dijadikan lahan baru, mereka justru menemukan sesuatu yang mengubah sejarah dunia. Ya, mereka menemukan sekumpulan patung dari perunggu dari tentara Terra Cotta. Setidaknya ada 8.000 patung yang berdiri dan digunakan untuk menjaga kuburan dari raja pertama dari Dinasti Qin.

Terra Cotta [image source]
Terra Cotta [image source]
Penemuan Terra Cotta ini  adalah penemuan arkeologi Tiongkok paling hebat dalam sejarah. Pasalnya misteri raja-raja di awal dinasti masih kerap menjadi perdebatan. Dengan penemuan kuburan ini, paling tidak ada kejelasan untuk melacak apa-apa saja yang terjadi di Tiongkok pada dinasti-dinasti awal.

3. Kota Bawah Tanah Derinkuyu

Denrikuyu adalah sebuah kota yang dibangun di dalam tanah dengan menggali batuan yang tak terlalu keras. Di masa lalu banyak sekali suku-suku lokal di daerah Turki yang menggunakan tempat ini untuk bertahan hidup. Diperkirakan ada 20.000 orang yang pernah tinggal di sini sebelum akhirnya dibiarkan begitu saja hingga ditemukan orang.

Kota Bawah Tanah Derinkuyu [image source]
Kota Bawah Tanah Derinkuyu [image source]
Pada tahun 1963, seseorang tanpa sengaja menemukan ruang bawah tanah ini. Dari sana banyak arkeolog berdatangan untuk meneliti apa-apa saja yang ada di dalamnya. Arkeolog belum tahu jelas siapa yang membangun kota ini. Karena di lokasi tersebut tidak ada bukti lain kecuali ruangan-ruangan yang gelap dan berdebu karena ditinggalkan dalam jangka waktu yang lama.

4. The Rosetta Stone

Rosetta Stone adalah batu yang berisi tulisan-tulisan dan berasal dari zaman Mesir kuno. Diperkirakan batu ini berasal dari abad ke-2 sebelum masehi. Orang yang menemukan secara tidak sengaja adalah tentara Prancis yang dipimpin oleh Napoleon Bonaparte di abad ke-18. Penemuan Rosetta Stone adalah penemuan terbesar untuk mengetahui seperti apa Mesir di masa lalu.

Rosetta Stone [image source]
Rosetta Stone [image source]
Ada tiga bahasa yang digunakan di Rosetta Stone. Batu itu terdiri dari Bahasa Yunani, demotic, dan hieroglyph. Selama 20 tahun ilmuwan dan arkeolog dunia bekerja untuk memecahkan apa maksud dari prasasti bersejarah ini. Oh ya, Rosetta Stone adalah sumber bagi siapa saja yang ingin belajar tentang sejarah Mesir di masa lalu.

5. Gulungan Laut Mati

Gulungan Laut Mati adalah kumpulan gulungan yang berisi salinan Injil dari masa lalu. Gulungan ini ditemukan di dalam sebuah guci dan disimpan di dalam sebuah gua kuno. Jika saja seorang anak tidak mengejar dombanya yang hilang, ia tak akan menemukan gulungan yang sangat berharga karena berisi sejarah-sejarah kristen di masa lalu.

Gulungan Laut Mati [image source]
Gulungan Laut Mati [image source]
Setelah penemuan gulungan ini, banyak sekali ilmuwan yang melakukan pencarian besar-besaran. Akhirnya banyak gulungan baru ditemukan di sekitar laut mati. Gulungan ini sangat penting dan berharga hingga beberapa negara dunia memperebutkan kepemilikannya yang resmi agar bisa menelitinya lebih mendetail.

Inilah lima harta karun paling berharga di dunia yang ditemukan secara tidak disengaja. Jika saja harta ini tak ditemukan mungkin sejarah dunia tak akan berkembang sepesat sekarang. Oh ya, ada enggak ya harta karun serupa di Indonesia yang ditemukan secara tidak sengaja?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA