4 Hal Bermanfaat Yang Bisa Kamu Lakukan di Hari Kelahiran Pancasila

oleh Rizal
16:01 PM on Jun 1, 2015

Bangsa yang besar tidak hanya tahu bagaimana berterima kasih kepada para pahlawannya, tapi juga hal-hal mendasar seperti dasar Negara. Kamu pasti tahu kalau hari ini adalah saat bersejarah untuk negara kita. Yup, selain sebagai hari yang membuat orang malas pergi ke kantor, Senin tanggal 1 Juni 2015 ini juga diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila.

Sangat penting nih, bahkan tidak tahu seperti apa jadinya negara ini tanpa sebuah Pancasila yang mendasarinya. Anyway, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyemarakkan hari ini. Tapi bukan hal aneh seperti ikut upacara bendera padahal sudah lulus SMA. Nah, simak ide-ide keren biar hari lahir Pancasila ini makin happening lagi.

Baca Juga
Di 5 Negara Ini Nilai Rupiah Luar Biasa Tinggi, Orang Indonesia ke sana Dijamin Langsung Kaya
Parakang, Makhluk Mistis Asal Sulawesi Selatan yang Dipercaya Bisa Berubah Wujud Jadi Apa Saja

1. Lomba Hafal Pancasila

Well, meskipun mengaku sudah tamat jenjang pendidikan dasar, tidak semua orang ternyata hafal Pancasila lho. Nah, cara mudah untuk membuat semua orang mengerti betapa arti landasan negara ini sangat penting, salah satu caranya adalah dengan menghafalkan Pancasila. Biar kesannya fun dan tidak seperti anak SD, di-twist saja dengan mengemasnya menjadi lomba.

Lomba baca Pancasila
Lomba baca Pancasila [image source]
Mekanismenya bisa dengan membacakan random per point atau juga bisa diurut saja. Biar match dan berkesan serta nilai Pancasila tetap mengena. Hadiahnya adalah hiasan dinding Garuda Pancasila. Asik dan bisa berkesan sangat dalam nih.

2. Nonton Film Perjuangan

Hal asik selanjutnya untuk memperingati hari lahirnya Pancasila ini adalah dengan menonton film. Pastinya bukan Perfect Pitch 2, Tomorrowland atau yang tengah hits di bioskop, gantikan semua dengan film bertema perjuangan bangsa Indonesia. Tidak harus yang rilisan terbaru kok, yang lama juga banyak tuh yang bagus.

Soekarno
Soekarno [Image Source]
Beberapa contoh film perjuangan yang match dengan hari ini misalnya Soekarno. Anyway, sejarah lahirnya hari Pancasila ini juga erat banget kaitannya sama tokoh proklamasi satu ini. Selain itu ada banyak film lain yang bergenre perjuangan. Selain bisa memaknai hari ini lebih keren, secara tidak langsung kegiatan ini juga bisa mengapresiasi karna sineas Indonesia.

3. Menyelamatkan Lingkungan

Pancasila bukan hanya sekumpulan kata-kata saja, tapi lebih dari itu, pengimplementasiannya sangat luas. Salah satunya bisa direalisasikan dengan menyelamatkan lingkungan. Kesannya cukup klise sih, tapi bila dilakukan memang sangat berguna. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Tidak perlu sampai ikut organisasi profesional, cukup lakukan hal-hal kecil di sekitarmu.

Menanam Pohon
Menanam Pohon [Image Source]
Misalnya aja dengan tidak membuang sampah sembarangan atau ikut dalam program bermanfaat seperti penanaman pohon dan sebagainya. Indonesia yang bersih dan terjaga juga salah satu poin penting dalam Pancasila, kan?

4. Ramaikan Lini Media

Jangan hanya kamu saja yang bisa merasakan arti dari hari kelahiran Pancasila. Sebarkan semangat positif penuh patriotisme itu juga dong. Tidak harus dengan memberi brief seperti ketika ikut MLM, kamu juga bisa tuh menyebarkan isu keren ini lewat lini media yang kamu punya. Twitter, Facebook, Path, apa pun biar hari ini juga bisa dimaknai penting bagi orang lain.

Sosial Media
Sosial Media [Image Source]
Biar nggak monoton dan dianggap angin lalu, sertakan juga gambar-gambar yang bagus biar semua orang lebih aware. Posting video testimoni juga bagus tuh, biar mengandung ajakan juga.

Mungkin terlihat tidak umum sih, tapi apalagi yang bisa dilakukan untuk bisa cinta bangsa sendiri? Melahirkan semangat patriotism dulu mungkin bisa dilakukan hanya dengan menggunakan arahan-arahan saja. Tapi, saat ini hal-hal prinsip seperti pasti akan lebih kena ketika dikemas dengan hal-hal kreatif seperti itu.

Jadi, hal unik apa yang akan kamu lakukan untuk bangsa hari ini?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA