Wih, 5 Tanah di Daerah ini Harganya Bikin ‘Njerit’

oleh Rizal
07:00 AM on Feb 26, 2016

Kalau kata para pakar finansial, ada dua macam investasi yang bisa kita jadikan sandaran di masa depan. Ya, dua hal ini adalah emas dan tanah. Emas, logam mulia ini hampir sangat jarang mengalami decreasing atau pengurangan nilai yang drastis. Bahkan bisa dibilang sangat stabil. Emas akan selalu berharga sama, hanya uang yang akan mengalami penurunan nilai dari tahun ke tahun.

Nah, yang kedua adalah investasi tanah. Tanah, sama sekali tidak akan mengalami penurunan nilai. Tanah akan selalu naik, kalau pun tetap, nilainya hanya akan bertahan dalam waktu yang sebentar saja. Setelah itu kavling-kavling tanah bakal terus melejit. Nah, di tahun 2016 ini harga tanah-tanah di daerah-daerah di Indonesia mulai tidak rasional. Harganya terlalu tinggi, sampai-sampai mustahil mau memboyong 2-3 meter saja.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Nah, mungkin kamu yang punya jodoh di daerah-daerah ini dan niat bangun rumah, tidak ada salahnya untuk melihat berapa harga tanah di sana sekarang. Siap-siap jantungan melihat harganya, dan bagi yang tinggal di pondok mertua indah, silakan bersyukur deh.

1. Jakarta, Harga Tanahnya Bikin Rekening Modar Seketika

Sebagai pusat pemerintahan dan ibu kota, Jakarta adalah kota impian di Indonesia. Makanya nggak heran kalau urbanisasi di sini masih tinggi saja meskipun Satpol PP sudah mengoprak-oprak para pendatang. Jakarta juga jadi pusatnya bisnis di Indonesia. Dengan semua kegilaan ini, pantas saja kalau akhirnya ngaruh kepada harga petak-petak tanahnya.

Jakarta [Image Source]
Jakarta [Image Source]
Jadi, berapa harga tanah per meter di ibu kota? Dilansir dari sebuah situs survei properti kenamaan, harga tanah di Jakarta per meternya mencapai Rp 24,6 juta! Makin strategis lokasinya, makin mahal banderol harganya. Meskipun demikian, nilai pertambahannya mencapai 13 persen per tahunnya. Mahal, ya? Bikin kuburan saja bisa Rp 50 juta itu.

2. Surabaya Jadi Kota dengan Tanah Paling Mahal se-Jatim

Jika tanah di Jakarta segila itu harganya, lalu bagaimana dengan kota kedua paling sibuk di Jawa. Ya, bisa dibilang sama mahalnya, meskipun ada selisih harga yang lumayan. Di Surabaya, tanah-tanah di kawasan premium dan strategis bisa dibanderol sampai Rp 21 jutaan. Bisa Lebih turun sih kalau daerahnya pinggiran.

Surabaya [Image Source]
Surabaya [Image Source]
Alasan kenapa tanah di Surabaya mahal juga hampir sama seperti Jakarta. Di Surabaya adalah pusat pemerintahan Jawa Timur, sentra bisnis provinsi ini juga ada di Suroboyo.  Berinvestasi tanah di sini juga lumayan bikin untung karena nilai pertambahannya yang lumayan.

3. Manado, Tanah Semeter Seharga Motor Baru

Meskipun tidak segempita Jakarta dan Surabaya, Manado bisa dibilang kota yang sangat aktif. Bahkan kota ini menarik bukan hanya karena jadi pusat bisnis dan pemerintahan Sulawesi Utara, tapi juga akses ke tempat-tempat wisata paling oke di Indonesia. Salah satunya misalkan Bunaken.

Manado [Image Source]
Manado [Image Source]
Lalu, bagaimana dengan harga tanah di kota ini? Tak sebesar Jakarta atau Surabaya sih, tapi bisa dibilang lumayan tinggi. Harga per meternya sendiri mencapai sekitar Rp 16 jutaan atau seharga motor baru level menengah. Lumayan mahal juga, ya!

4. Harga Tanah di Tangerang Juga Tak Kalah Fantastis

Tangerang dekat dengan pusat kota. Makanya, di sini geliat aktivitas warganya juga tinggi. Hal ini juga berdampak pula pada harga tanahnya yang juga ikut-ikutan mahal seperti Jakarta, meskipun tak se-ekstrem ibu kota harganya.

Tangerang [Image Source]
Tangerang [Image Source]
Di Tangerang kita bisa mendapatkan semeter tanah dengan harga sekitar Rp 15,9 jutaan. Jadi, kalau ingin bangun rumah dengan lebar tanah 10 meter saja, kita harus keluarkan lebih dari Rp 150 juta. Ini tanah saja lho, belum bangunan atau yang lain-lainnya. Meskipun tidak semahal Jakarta, tapi diprediksikan kalau ke depannya harga tanah di kota ini bisa merangkak lebih tinggi lagi.

5. Depok, Juga Punya Tanah yang Harganya Bikin Pusing

Jika Tangerang yang letaknya berdekatan dengan pusat ibu kota bisa semahal itu tanahnya, lalu bagaimana dengan Depok? Tentu saja harga tanah di sini juga ikut merangkak naik. Meskipun hanya selisih sedikit dari Tangerang, tapi harganya cukup bikin pusing.

Depok [Image Source]
Depok [Image Source]
Per meternya tanah di Depok dibanderol sampai Rp 15 jutaan. Nah lho, kamu yang mau bangun keluarga di sini harus siapkan dana yang cukup banyak untuk membeli sepetak tanah. Kabar baiknya, tanah di sini juga diprediksi akan mengalami kenaikan per tahunnya. Memang mahal, tapi kalau dibikin investasi bisa bikin untung banyak.

Inilah kisaran harga tanah termahal di Indonesia. Jakarta menjadi yang pertama dengan harga tanah di atas Rp 20 jutaan per meter-nya. Meskipun tidak masuk dalam daftar tanah termahal, harga tanah di daerah lain pastinya juga punya banderol tinggi. Apalagi yang letaknya strategis, dekat dengan keramaian dan sebagainya. Jadi, ada yang punya pacar di daerah-daerah tersebut dan minta rumah? Silakan kira-kira sendiri ya harganya?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA