Harga Bahan Bakar Minyak Kembali Turun

oleh Alfry
10:23 AM on Jan 16, 2015

Presiden Joko Widodo memastikan bahwa pemerintah akan menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar dalam waktu dekat. Bahkan, pria yang biasa disapa Jokowi ini mengatakan jika harga BBM kemungkinan bisa saja menyentuh Rp 6.400 hingga Rp 6.500 per liter.

“Saya pastikan turun, mungkin bisa hari ini, bisa besok. Sebentar lagi akan kita umumkan, kurang lebih akan turun lagi. Namun masih belum kita putuskan, mungkin bisa turun lagi Rp 6.400 hingga Rp 6.500,” ungkapnya di acara Indonesia Outlook 2015 di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (15/1).

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Harga Bahan Bakan Minyak Kembali Turun
Harga Bahan Bakan Minyak Kembali Turun

Presiden Joko Widodo juga menjelaskan penurunan harga minyak di dalam negeri murni disebabkan oleh pelemahan harga minyak dunia saat ini. Dia membantah tudingan adanya muatan politik dibalik kebijakan ini. “Turun kok faktor politik. Ini urusan ekonomi,” ucapnya.

Seperti diketahui, harga minyak dunia terus merosot hingga di bawah USD 45 per barel. Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil memaparkan jika harga BBM untuk jenis premium dan solar akan kembali diturunkan. Penurunan ini mengingat terus merosotnya harga minyak dunia.

Pihaknya juga sedang mengkaji harga premium dan solar yang baru dan akan mengumumkannya. Perubahan harga bahan bakar akan dilakukan setiap dua pekan sekali hingga harga minyak dunia kembali normal.

“Kalau harga (minyak dunia) stabil, (harga BBM bersubsidi) enggak perlu diganti-ganti dong. Kalau naik-turun, baru dua minggu sekali ada perubahan. Tapi kalau enggak ada perubahan enggak apa-apa,” ujar Sofyan di kantornya, Rabu (14/1).

Sebelumnya, pemerintah telah menurunkan harga premium dan solar pada 1 Januari 2015 lalu dipatok sebesar Rp 7.600 per liter dan solar sebesar Rp 7.250 per liter. Harga kedua BBM tersebut ditetapkan pada Desember 2014 dengan patokan harga minyak dunia USD 60 per barel. Namun kini harga minyak dunia sudah mencapai USD 45 per barel.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA