Wih! 5 Hantu Suka Nyolong ini Masih Saudara Jauh dengan Tuyul

oleh Adi Nugroho
15:30 PM on Mar 17, 2016

Indonesia memiliki satu hantu yang selalu bikin gemas banyak orang. Apalagi kalau kalau bukan tuyul yang punya hobi mencuri uang. Mengambil diam-diam padahal uang sudah di sembunyikan di tempat yang sangat aman. Tuyul konon dipelihara oleh orang yang menginginkan kekayaan luar biasa. Mereka menyuruh tuyul mengambil uang dari rumah banyak orang hingga kekayaan terus menggunung.

Hantu yang sukanya mengambil uang ini ternyata tak hanya ada di Indonesia saja, lho. Di kebudayaan-kebudayaan negara lain juga mengenal hantu yang sama. Mereka suka mengambil uang dan membuat banyak orang jadi kesusahan. Berikut uraian selengkapnya tentang saudara jauh di Tuyul ini.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

1. Kwee Kia – Tiongkok

Kwee Kia adalah hantu sejenis Tuyul yang berasal dari dataran Tiongkok. Hantu ini biasanya dibuat oleh seorang dukun yang dikenal sangat sakti. Kwee Kia biasanya dibuat dari janin yang meninggal akibat penyakit atau memang sengaja digugurkan oleh orang tuanya. Mayat dari bayi ini akan digunakan sebagai ritual hingga akhirnya menjadi Kwee Kia.

ilustrasi Kwee Kia [image source]
ilustrasi Kwee Kia [image source]
Biasanya ritual ini dilakukan dengan mengambil beberapa bagian tubuh seperti kepala, tulang, dan daging dari bayi. Bagian tubuh itu nanti akan dikeringkan lalu dibangkitkan menjadi Kwee Kia. Pembuatan Kwee Kia pun juga tidak sembarangan, harus dilakukan di tempat yang sangat gelap seperti pedalaman hutan. Setelah Kwee Kia lahir, ia bisa disuruh untuk mengambil uang dari orang lain tanpa ketahuan.

2. Koman-tong atau Koman-lay – Thailand

Koman-tong adalah versi hantu anak laki-laki sedangkan Koman-lay versi perempuannya. Hantu ini sebenarnya arwah penasaran yang banyak berkeliaran di Thailand. Lalu beberapa biksu memasukkannya ke patung-patung batu agar memiliki tubuh pengganti. Saat sudah masuk ke dalam batu, mereka akan menjadi penjaga yang memberikan keselamatan.

Koman-tong [image source]
Koman-tong [image source]
Sayangnya ada dukun yang justru memanfaatkan mereka untuk hal-hal yang jahat. Arwah gentayangan ini justru dibangkitkan lagi dengan ritual tertentu (biasanya dari mayat bayi). Akhirnya terbentuklah Koman-tong yang dikenal sangat kuat. Bahkan sanggup mencelakai manusia. Mereka biasanya disuruh oleh dukun untuk mengambil uang yang banyak. Atau dipekerjakan kepada orang kaya agar uangnya semakin bertambah meski harus menebusnya dengan tumbal tertentu.

3. Lorraine – Prancis

Semua orang tahu jika Prancis adalah sebuah negara yang dikenal akan kemajuan modenya. Sama sekali tidak ada unsur seram-seramnya. Tapi beberapa kota di sini juga memiliki hantu yang hobinya suka mengambil uang para wisatawan, bahkan barang berharga lain seperti perhiasan. Hantu ini bernama Lorraine. Ia memiliki wujud seperti gadis cantik yang akan mengikuti orang-orang sampai ke penginapan.

ilustrasi Lorraine [image source]
ilustrasi Lorraine [image source]
Awalnya banyak orang beranggapan jika hantu itu adalah pencopet yang ahli mengambil. Namun setelah dibuktikan beberapa kali tak ada pencopet yang datang. Akhirnya banyak wisatawan yang mulai was-was. Mereka akan menjaga barangnya baik-baik agar Lorraine datang untuk mengambilnya secara diam-diam.

4. Bernardo – Spanyol

Bernardo adalah nama hantu pria yang berasal dari Spanyol khususnya di daerah Barcelona. Hantu ini suka sekali mengambil uang dari orang-orang yang berkumpul dari pertandingan bola. Biasanya para kerumunan fans tidak akan merasa jika uang mereka hilang. Setelah diselidiki dengan saksama. Tidak ada pencopet yang bisa mengambil uang di dompet tanpa harus mengeluarkan dompet.

Tempat Bernardo beraksi [image source]
Tempat Bernardo beraksi [image source]
Akhirnya banyak orang berkesimpulan jika sesuatu di balik musibah hilangnya banyak uang ini dilakukan oleh Bernardo. Ia akan mengambil uang atau benda berharga lainnya dengan sangat gesit. Saat semua orang bersorak melihat pertandingan bola, para Bernardo akan panen uang dan barang berharga untuk majikannya.

5. Jan – Republik Ceko

Jan adalah nama hantu yang berasal dari Republik Ceko. Hantu ini suka sekali mengambil uang dari wisatawan. Bahkan barang berharga lain yang bentuknya kecil pun juga kerap diambil. Jan biasanya melakukan aksinya di sekitar Praha. Mereka akan mengambil begitu saja uang atau barang wisatawan dan membuat mereka kebingungan.

Kota tua Praha [image source]
Kota tua Praha [image source]
Awalnya banyak wisatawan menyangsikan adanya hantu ini. Mereka percaya jika ada pencopet yang mengambil barang mereka. Namun akhirnya kebenaran terjadi. Tak ada pencuri yang mengambil uang dan barang. Benda itu hilang sendiri tanpa diketahui pelakunya. Sejak saat itu banyak wisatawan yang was-was dengan  barangnya jika datang ke Praha.

Inilah lima hantu suka nyolong yang merupakan kerabat jauh dari Tuyul. Kehadiran mereka cukup menyusahkan banyak orang, terlebih jika uang yang diambil sangat banyak. Oh ya, sobat Boombastis percaya tidak dengan makhluk-makhluk seperti ini?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA