Mister Gepeng, Hantu Fenomenal di Tahun 90-an yang Bikin Suasana Sekolah Mencekam

Hantu ini sekarang nggak eksis lagi, ke mana kira-kira perginya?

oleh Nikmatus Solikha
17:00 PM on Aug 28, 2017

Masyarakat Indonesia emang paling dekat sama yang namanya mitos dan tahayul. Soal hantu apalagi, begitu banyak jenis makhluk astral yang dipercaya memiliki ciri fisik dan karakter yang khas. Sebut saja Kuntilanak, hantu yang konon mewujud wanita dengan rambut panjang dengan pakaian serba putih itu sudah terkenal sejak zaman kita belum lahir, dan masih kerap diperbincangkan hingga kini. Bukan hanya Kuntilanak sih, masih banyak juga hantu-hantu lain yang selalu sukses bikin siapapun yang membahasnya jadi merinding.

Dari banyaknya jenis hantu, ternyata ada juga kepopulerannya meredup dalam beberapa tahun terakhir. Rupanya, hantu juga nggak jauh beda sama artis ya, ada juga yang nggak lagi terkenal bahkan dilupakan. Sebut saja Mister Gepeng, sosok makhluk satu ini sama sekali nggak nge-hits lagi. Padahal, di zaman 90-an dulu, hantu tersebut yang jadi ‘momok’ bagi anak-anak kecil hingga remaja. Seperti apa sih sosoknya? Yuk, nostalgia.

Baca Juga
Kebanyakan Micin, Seperti Ini Pose Kocak Para Kids Zaman Now Saat Pingin Eksis di Sosmed
Mulai Adegan Ketabrak Lebay Sampai Ibu Tiri, 6 Kejadian Klise Ini Pasti Selalu Muncul di Sinetron Indonesia

Cerita yang beredar soal asal-usul Mister Gepeng

Yang namanya hoax sebenarnya sudah ada sejak zaman kita masih kanak-kanak. Nggak percaya? Bolehlah kita inget-inget masa sekolah dasar dulu, tentu ada momen di mana kalian bergerombol sama temen-temen sambil berbagi cerita misteri, iya kan? Yang tak ketinggalan, pasti cerita tentang Mister Gepeng. Salah satu yang paling sering kalian dengar adalah asal-usul hantu tersebut. Dari satu sudut pandang, ada yang menceritakan bahwa hantu Mister Gepeng dulunya adalah seorang pria sekaligus pengusaha kaya raya.

Ilustrasi Mister Gepeng [image source]
Namun suatu hari ia mengalami kecelakaan di lift yang membuatnya terjepit hingga tubuhnya gepeng dan tewas seketika. Tentu kamu pernah mengalami kebingungan karena mendengar dari sumber lain yang mengatakan bahwa si pengusaha tersebut meninggal bukan karena terjepit lift, melainkan terlindas buldoser. Hmm, apapun asal usulnya, pasti bikin kita ketawa inget masa lalu yang polos banget sampai percaya cerita begituan, ya.

Konon, Mister Gepeng adalah penghuni toilet wanita

Pohon beringin merupakan tempat bersemayam Genderuwo, rumah kosong adalah istana Kuntilanak dan kawan-kawan. Lantas, di mana Mister Gepeng tinggal? Di tahun-tahun 90-an dulu, dipercaya bahwa Mister Gepeng bersemayam di toilet wanita, seperti toilet sekolah, toilet kampus atau toilet umum.

ilsutrasi toilet wanita yang seram [image source]
Santernya berita tersebut juga diperkuat dengan pengakuan beberapa perempuan yang bilang pernah melihat hantu tersebut di toilet. Duh, hati cewek mana yang nggak terguncang denger pengakuan itu? Karenanya, zaman dulu banyak banget cewek yang ngompol di celana gara-gara nggak berani pergi ke toilet. Sekali lagi, jadi pengen ketawa kalau ngebahas soal kepolosan anak 90-an yang jadi korban mitos hantu gitu.

Nomor telpon Mister Gepeng adalah 7777777

Masih berhubungan dengan mitos tentang masa lalu Mister Gepeng yang dipercaya seorang pengusaha kaya. Konon, Mister Gepeng meninggal dalam keadaan membawa satu koper berisi uang! Buat siapa saja yang punya nyali, bisa minta uang tersebut. Caranya mudah saja, tinggal nelpon ke nomor 7777777.

ilustrasi telepon misterius [image source]
Setelah menelpon, keesokan harinya si penelpon bisa mengambil sejumlah uang di lubang toilet. Tapi, sebelum mengambil uang tersebut, ada sebuah ritual yang harus dilakukan terlebih dahulu, yaitu melangkah maju, mundur, ke kiri, lalu ke kanan–bukan maju mundur cantik lho, ya. Setelahnya, dipercaya uang akan muncul secara ajaib. Hayo, siapa yang dulu percaya mitos tersebut sampai mencobanya? Aih, ketahuan mata duitan!

Gosip tentang Mister Gepeng merata di penjuru Indonesia

Kalau kamu merasa jadi bagian dari korban gosip tentang Mister Gepeng, nggak usah sedih! Kamu nggak sendiri. Nyatanya, seluruh anak Indonesia angkatan 90-an tentu familier banget sama cerita hantu tersebut. Yang bikin heran, berita tentang Mister Gepeng dulu fenomenal di zaman belum ada internet.

ilustrasi sekolah angker [image source]
Lantas, bagaimana bisa seluruh anak sekolahan bisa kenal Mister Gepeng? Kira-kira, dari mana sumber penyebarannya ya? Secara, internet adalah penyebar informasi nomor satu dan juara keduanya adalah ibu-ibu arisan. Sedangkan sekolah zaman dulu tidak memiliki akses internet dan anak sekolah juga nggak ditungguin para ibu-ibu si penebar info. Apapun itu, yang jelas gosip tentang Mister Gepeng sukses bikin kita ngerasa kalau semua sekolah itu angker.

Apapun yang menyangkut tentang Mister Gepeng emang terkesan nggak masuk akal. Tapi seenggaknya, kenangan tentang hantu fenomenal pada masanya tersebut bikin kita teringat masa kecil yang begitu polos. Jadi kangen masa-masa SD ya, dan tentu saja jadi ngerasa tua.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA