Misteri 5 Hantu Asli Indonesia yang Membuatmu Bermimpi Buruk, Selain Pocong dan Kuntilanak

oleh Rizal
10:30 AM on Nov 3, 2015

Meskipun zaman sudah sedemikian canggih, masih saja hal-hal yang berhubungan dengan klenik masih dipercayai. Di Indonesia, yang seperti ini juga masih belum bisa dihilangkan begitu saja dari masyarakatnya. Membicarakan kleniknya Indonesia, ternyata bukan hanya tentang tempat-tempat seram atau ritual-ritual. Melainkan makhluk halusnya sendiri yang ternyata ada begitu banyak macamnya.

Tak hanya pocong, sundel bolong, kuntilanak, dan genderuwo, ternyata ada banyak sosok hantu yang dimiliki Indonesia. Beberapa dari mereka mungkin baru kamu kenal namanya. Meskipun begitu, hal tersebut takkan mengurangi ketakutan yang bakal kamu dapatkan nanti ketika mengetahui bentuk dan cerita-ceritanya. Nah, berikut adalah beberapa hantu Indonesia yang tak kalah seram dibandingkan jelangkung dkk.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

1. Jerangkong

Hantu ini digambarkan dengan wujud menyeramkannya berupa sosok kerangka manusia. Konon katanya hantu ini adalah jelmaan arwah penasaran seseorang yang baru saja meninggal. Menurut cerita orang-orang Jawa, Jerangkong keluar pada malam hari dengan membuka celah makamnya sendiri. Lalu ketika fajar ia akan kembali lagi ke sana lewat celah yang sama.

Tak hanya menakuti warga, hantu ini juga suka mencuri [Image Source]
Tak hanya menakuti warga, hantu ini juga suka mencuri [Image Source]
Jerangkong sering berbuat usil kepada manusia. Tak hanya dengan menampakkan wujudnya, tapi kadang juga mencuri. Telur adalah makanan favoritnya. Makanya dulu orang-orang suka memberi pesan jangan banyak menyimpan telur. Ditakutkan ketika malam akan ada tamu yang mengetuk pintu dan mengatakan telur-telur berulang-ulang. Namun ketika dibuka, tidak ada sosok manusia di sana melainkan jerangkong

2. Begu Ganjang

Begu Ganjang berbentuk sosok yang tinggi dan bisa terbang. Ia bisa berwujud wanita atau laki-laki. Ciri khasnya yang lain adalah giginya yang menyeringai tajam. Hantu yang kerap ditemui di Sumatera ini konon juga bisa membunuh manusia. Bukan seperti vampir yang menghisap darah, Begu Ganjang mencekik korbannya sampai mati. Konon jika ditemui mayat yang lehernya memar kebiruan, masyarakat sekitar pasti akan menduganya sebagai korban Begu Ganjang.

Hantu menakutkan ini konon bisa dipelihara [Image Source]
Hantu menakutkan ini konon bisa dipelihara [Image Source]
Uniknya, Begu Ganjang ini bisa dipelihara layaknya tuyul. Tujuannya biasanya untuk menakut nakuti seseorang atau bahkan membunuhnya. Namun untuk memeliharanya si pemilik harus menyediakan sesajen dan tumbal-tumbal. Sekilas terlihat menguntungkan, namun memelihara Begu Ganjang berisiko besar. Bagaimana tidak, ketika seseorang dicurigai memelihara Begu Genjang ia bakal dimassa bahkan dibakar hidup-hidup. Kasus ini sudah pernah terjadi di Tapanuli beberapa waktu lalu dengan korban tewas akibat dibakar sebanyak tiga orang.

3. Kuyang

Kuyang menurut masyarakat Kalimantan bukan hanya makhluk mitos yang keberadaannya simpang siur. Namun benar-benar ada dan sukses menghantui banyak orang. Kuyang digambarkan dengan wujud kepala wanita berambut panjang yang tak memiliki badan melainkan hanya organ-organ dalam saja.

Kuyang, hantu terbang yang doyan darah wanita hamil dan bayi [Image Source]
Kuyang, hantu terbang yang doyan darah wanita hamil dan bayi [Image Source]

Kuyang konon adalah jelmaan seseorang yang mempelajari ilmu hitam. Tujuannya sendiri menurut penduduk setempat adalah untuk keabadian. Kuyang bisa terbang dan melompat dari satu pohon ke pohon yang lain. Targetnya sendiri adalah para bayi-bayi merah yang baru saja lahir. Para ibu biasanya menyimpan bawang di bawah bantal mereka. Tujuannya agar Kuyang tidak mendatangi mereka ketika malam hari.

4. Leak

Leak mungkin sudah pernah kamu dengar. Ia seringkali diwujudkan dengan sesosok manusia hitam yang rambut serta lidahnya panjang serta punya taring yang menjuntai ke bawah. Leak bisa terbang dan konon ia adalah jelmaan orang-orang yang ingin menimba ilmu hitam.

Leak konon adalah jelmaan manusia yang sedang mempelajari ilmu hitam [Image Source]
Leak konon adalah jelmaan manusia yang sedang mempelajari ilmu hitam [Image Source]
Leak suka dengan darah, oleh karena ia berburu tiap malam untuk mencari korbannya. Makin mengerikan lagi karena target leak adalah ibu hamil atau bayi-bayi yang baru lahir. Satu lagi kemampuan Leak yang ditakuti banyak orang adalah ia bisa menyemburkan api dari mulutnya. Bahkan ia sendiri bisa bertransformasi menjadi sebuah bola api.

5. Ndas Glundung

Jika tiba-tiba di atap rumahmu ada suara berisik namun tidak ditemui apa pun, maka jangan berpikir macam-macam apalagi menyebut Ndas Glundung. Ditakutkan hantu ini akan benar-benar menjumpaimu tepat di mana kamu berada. Ya, hantu satu ini biasanya tiba-tiba muncul ketika seseorang tanpa sadar menyebut namanya.

Jangan sekali pun menyebut namanya saat terjadi keanehan. Pasalnya ia bisa saja tiba-tiba muncul [Image Source]
Jangan sekali pun menyebut namanya saat terjadi keanehan. Pasalnya ia bisa saja tiba-tiba muncul [Image Source]
Ndas Glundung sendiri bentuknya adalah kepala tanpa tubuh. Seperti namanya, ia biasanya bergelinding ke sana kemari sambil menakuti korbannya. Ndas Glundung ini juga dikenal dengan nama Gundul Pringis. Alasannya, ia juga sering kali tersenyum ketika menghantui para korbannya. Ndas Glundung juga memiliki taring yang panjang yang membuatnya terlihat makin menakutkan lagi.

Di daerah-daerah masih sangat dipercaya lho sosok-sosok hantu ini. Bahkan cerita-cerita menyeramkan tentang mereka juga kadang masih terus diceritakan. Lalu bagaimana denganmu? Percaya kah dengan eksistensi para sosok gaib ini?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA