Inilah 5 Hal ‘Usil’ yang Umumnya Dilakukan Orang Indonesia Saat Sedang Berpuasa, Kamu Pasti Pernah

Saat puasa tidur memang ibadah, tapi kalau terus-terusan apa ya bernilai semua amalnya?

oleh Arief Dian
18:00 PM on May 10, 2017

Meskipun secara harfiah hanya menahan lapar dan haus, tapi sesungguhnya ibadah puasa itu luar biasa susah. Selain mengekang fisik untuk tidak menyantap dan meneguk apa pun, batin dan spiritual juga ditempa. Benar-benar berat, makanya nggak heran kalau pahalanya sangat besar bahkan nggak bisa didefinisikan. Tidur aja saat itu bernilai pahala kok.

Lantaran puasa yang berat, maka secara alamiah manusia melakukan hal-hal unik untuk mengurangi bebannya. Ya, kali ini kita bicara hal-hal unik dan usil yang sering dilakukan saat puasa. Ada banyak macamnya, dan rasanya hampir dari kita melakukan hal tersebut setidaknya saat masih bocah. Lalu, hal unik apa saja yang dimaksud? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Curi kesempatan saat wudhu

Haus bagi orang puasa adalah cobaan terberat. Makan bisa lah ditahan sampai dua hari bahkan, tapi minum? Susah banget untuk menahannya. Untungnya saat puasa kita tidak benar-benar haram untuk menyentuh air. Asal nggak diminum mah silakan. Tapi, hal ini kemudian justru dimanfaatkan untuk berbuat yang tidak-tidak. Misalnya, dengan memanipulasi air wudhu.

Kumur whudu [image source]
Ngaku aja deh, kamu pasti pernah kan berkumur lama-lama saat wudhu ketika sedang puasa? Nggak bikin batal sih, tapi hal tersebut hukumnya makruh. Tapi, namanya godaan, kadang berkumur-kumur pun masih belum cukup akhirnya nekat menenggak air wudhu. Kalau yang ini jelas bikin batal jika sengaja. Tapi, sengaja atau nggak kita dulu selalu meyakinkan diri kalau hal tersebut adalah sesuatu yang di luar kendali. Padahal alesan doang.

Sengaja datang telat saat sholat isya’, cari masjid yang cepat

Males ke masjid setelah berbuka adalah musuh semua orang. Penyebabnya macam-macam, tapi dari semuanya ya jelas karena kekenyangan. Akhirnya dengan dalih ini muncullah ide untuk telat ke masjid dalam rangka melaksanakan sholat isya dan terawih. Tujuannya adalah bisa pulang duluan.

Telat ke masjid [image source]
Di momen ini biasanya juga jadi lebih pilih-pilih soal masjid. Bukan cari yang imamnya terkenal atau bacaannya bagus, tapi mana yang lebih cepat selesai. Makanya, terawih yang super ngebut biasanya paling banyak jamaahnya. Nggak mempermasalahkan hal tersebut sih, tapi kalau cepat dijadikan tujuan biar ibadah agak lekas rampung ya agak gimana gitu.

Hibernasi mengurangi rasa lapar

Memang sih tidur itu adalah ibadah, tapi tidak seharian juga kan. Kalau tidurnya setelah beraktivitas sih oke saja, tapi kalau mulai dari pagi sampai menjelang berbuka ya malah gak dapat apa-apa. Ya seperti inilah salah satu keusilan orang Indonesia saat berpuasa, meskipun tidak banyak tapi ada saja yang melakukannya.

Tidur meluluTelat ke masjid [image source]
Toh kalau tahu tidur itu adalah ibadah, apalagi beraktivitas, pasti malah semakin banyak kan pahala saat berpuasanya. Dan lagi, kalau tidur terus pastinya capeknya bukan main kalau bangun, kan mending melakukan hal yang lebih bermanfaat.

Mental cari gratisan

Ramadan adalah bulan gratisan. Jangan tersinggung dulu, maksudnya ini adalah tentang fenomena yang ada di masa itu. Ya, seperti yang kamu tahu, di bulan ini orang-orang begitu mudahnya bersedekah. Terutama untuk hal-hal yang bersinggungan dengan makanan yakni takjil, buka, dan juga sahur. Ada banyak yang memberi, tapi tak sedikit pula sebaliknya.

Cari takjil gratis [image source]
Ya, mentang-mentang banyak gratisan tersebar, sebagian orang pun benar-benar memanfaatkan hal ini. Alhasil, bisa hemat banyak karena hampir tiap hari dapat makanan gratis. Tidak masalah sebenarnya, tapi ya jangan terus-terusan minta. Camkan juga kalau suatu saat harus berbalik jadi yang memberi. Sayangnya, nggak banyak orang Indonesia yang mikir macam begitu. Kalau ada yang gratis kenapa nggak?

Pergi ke Masjid cari sandal baru

Kalau yang satu ini selalu bikin resek, pastinya kamu pasti paling tidak pernah satu kali mengalaminya. Entah itu saat tarawih atau sholat eid, selalu saja ada insiden ‘Sandal yang tertukar’. Awalnya bawa sandal yang bagus, pulang-pulang dapatnya buluk.

tukar sandal [image source]
Karena sandal hilang, jadinya sandal orang lain pula yang jadi korban kita. Alhasil jamah satu yang sandalnya tertukar, mengambil sandal orang lain dan begitu seterusnya. Memang bukan sulap kalau sampai sandal yang digunakan tarawih bisa berubah dengan sendirinya.

Ramadan adalah bulan di mana nggak cuma pahala yang digedein, tapi juga dosanya. Makanya berhati-hati saja sama hal-hal kecil tapi ganggu. Contohnya ya deretan kelakuan di atas. Mungkin beberapa bukan dosa, tapi jika itu mengganggu dan bikin nggak nyaman ya potensinya sama saja. Lebih berhati-hati ya dalam menjalani hari di bulan penuh rahmat.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA