5 Hal Positif yang Bisa Ditiru Presiden Jokowi dari Seorang Donald Trump

oleh Rizal
07:00 AM on Nov 13, 2016

Membandingkan Donald Trump dengan Jokowi ibaratnya seperti mengukur lebih putih mana antara tissue dengan ban mobil. Ya, terlepas dari status kita sebagai warga Indonesia, Pak Jokowi jelas  memiliki banyak kelebihan dibandingkan seorang Donald Trump. Sikapnya yang anteng, halus, serta kesederhanaannya, seolah menjungkirkan Trump 180 derajat. Seperti yang kita tahu, sosok pemilik Miss Universe itu dikenal arogan dan selalu perlente.

Namun, meskipun punya sisi jelek yang menjengkelkan, tapi harus diakui kalau Trump adalah sosok yang luar biasa. Kalau kita membaca dari riwayat hidupnya, pria berambut unik ini benar-benar juara. Tak hanya soal ekonomi saja, tapi juga hal-hal krusial lainnya. Nah, dalam hal ini, Pak Jokowi mungkin bisa dibilang kalah dari sang presiden baru AS itu.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Trump memang punya sisi jelek yang nggak disukai, tapi di balik itu ia adalah sosok yang luar biasa. Dan berikut adalah beberapa hal dari Trump yang mungkin bisa ditiru oleh presiden kita. Simak ulasan menariknya berikut.

1. Trump Tahu Cara Menjalankan Roda Ekonomi

Terlepas dari kelakuannya yang kadang bikin kesel, harus diakui kalau Trump adalah seorang pebisnis handal, bahkan bisa dikatakan kalau ia adalah salah satu yang terbaik di dunia. Trump sudah berkutat dengan bisnis sejak muda dan pengalaman menempanya menjadi seorang businessman kelas atas. Trump pun juga sudah tamat soal bagaimana cara membangun bisnis raksasa yang dimulai dari remah-remah.

Donald Trump jenius dalam hal ekonomi [Image Source]
Donald Trump jenius dalam hal ekonomi [Image Source]
Menjadi presiden memang harus serba bisa, tapi bagaimana pun juga skill dalam hal perekonomian adalah yang paling dibutuhkan. Trump memiliki ini dan para pendukungnya sangat percaya kalau dirinya bisa membuat ekonomi Amerika kembali greget, apalagi Obama meninggalkan hutang yang jumlahnya tak karuan. Pak Jokowi mungkin nantinya boleh mempertimbangkan untuk menimba ilmu dari Trump soal ini.

2. Kepercayaan Diri Trump juga Patut Dicontoh

Tidak ada yang mengatakan Pak Jokowi tak percaya diri, namun kalau harus dibandingkan dengan Trump, maka presiden kita kalah telak soal ini. Ya, soal gestur dan lain sebagainya, Trump nampak jauh lebih percaya diri. Sedangkan Pak Jokowi terkesan lebih kalem dan agak merendah, mungkin bawaan sifat kejawaan.

Donald Trump sangat percaya diri [Image Source]
Donald Trump sangat percaya diri [Image Source]
Menurut para pakar nih, sikap Trump yang semacam ini ternyata baik lho dan menimbulkan energi positif. Lihat saja bagaimana ia berkata, senyum ditebar ke mana-mana, serta ekspresi wajahnya yang pas. Seolah menimbulkan optimisme kalau Trump benar-benar bisa melakukan apa yang dia katakan. Soal gestur Trump memang memilikinya mengingat dirinya juga berkutat lama di dunia entertainment.

3. Sikap Trump yang Pantang Menyerah

Trump memang mewarisi usaha ayahnya, namun tidak berarti perjalanan bisnis pria ini mulus terus. Ada satu titik di mana Trump benar-benar terjerembab ke lubang yang paling dalam. Ya, hal tersebut terjadi ketika ia bangkrut dengan hutang-hutang yang seolah tak bisa dilunasinya bahkan untuk tujuh kehidupan sekalipun. Tapi, yang terjadi kemudian, ia bangkit.

Trump sosok pantang menyerah [Image Source]
Trump sosok pantang menyerah [Image Source]
Ya, Trump yang tersungkur itu bangkit dan menjadi pria kaya raya lagi dalam hitungan yang relatif cepat. Hal seperti ini bukan karena skill saja, tapi juga sikap pantang menyerahnya yang luar biasa. Ketika kebanyakan orang akan menyerah dan menerima apa yang terjadi, Trump melawan semua itu untuk berada di atas lagi.

4. Trump Tahu Cara Membuat Kesepakatan

Selain pintar mengatur negara, membuat kesepakatan adalah hal yang paling penting untuk dimiliki oleh seorang presiden. Kecuali Korut, tidak ada satu pun negara di dunia ini yang bisa dan mau hidup sendiri, dan ketika berelasi dengan banyak negara itulah kesepakatan-kesepakatan akan terjadi. Trump, dia tahu sekali ‘how to make deal’ mengingat dalam sehari-harinya pria ini mungkin membuat begitu banyak kesepakatan.

Trump pandai membuat kesepakatan [Image Source]
Trump pandai membuat kesepakatan [Image Source]
Dalam ranah kepresidenan, skill pandai membuat kesepakatan akan sangat menguntungkan. Tak hanya akan melahirkan kerja sama yang menggiurkan, tapi juga soal keamanan, dukungan dan lain sebagainya. Soal ini, ada sebuah prediksi yang mengatakan kalau Trump akan bisa mengubah wajah Amerika lantaran kesepakatan-kesepakatan penting yang berhasil dibuatnya.

5. Sikap Kuat Trump yang Luar Biasa

Ya, kuat adalah salah satu sifat Trump yang paling kelihatan. Tidak hanya dalam bisnis saja, kita tengok beberapa waktu lalu ketika ia dihajar oleh pemberitaan buruk di kanan kirinya (meskipun ia sendiri yang memicunya), Trump nampak seolah tak bergeming. Padahal yang seperti itu bisa sangat menurunkan elektabilitasnya sebagai capres.

Trump adalah orang kuat [Image Source]
Trump adalah orang kuat [Image Source]
Sikap kuat Trump ini juga yang membuatnya bisa melaju sejauh ini. Meskipun begitu banyak protes, sikap tak suka, meme menghina bertebaran di internet, Trump terus berjalan tanpa menoleh ke kanan kiri. Pak Jokowi sendiri juga bisa dikatakan sangat kuat. Lihat saja deretan cemoohan di sosmed yang ditujukan padanya itu. Beliau seolah sudah kebal dan tak bergeming sembari terus melakukan tugas-tugasnya.

Ketika Pak Jokowi punya hal-hal yang dimiliki Trump di atas, maka yang terjadi kemudian adalah hal-hal yang luar biasa, terutama kepada Indonesia. Negeri ini bisa menjadi lebih baik, terutama dari sisi ekonomi yang makin gahar. Kesimpulan  lain dari tulisan ini adalah, setiap orang pasti punya sisi lain. Buruk dalam satu hal, tapi di sisi lain ia pasti memiliki kelebihan. Contohnya ya Donald Trump ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA