5 Hal Membanggakan Tentang Indonesia ini Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya

oleh Rizal
15:00 PM on Feb 24, 2016

Indonesia hebat? Ah, itu hanya isapan jempol saja. Korupsi masih merajalela, sinetron masih menjajah anak muda, tak sanggup beli alutsista canggih, tak bisa ambil Freeport, dan sebagainya dan sebagainya. Inilah hal-hal tentang Indonesia yang beredar di masyarakat. Miris dan kadang bikin malu. Sayangnya, beberapa anggapan buruk memang benar adanya, karena faktanya seperti itu. Namun, ingatlah sesuatu itu harus dipandang juga dari sisi yang berbeda.

Indonesia mungkin penuh masalah dan lain-lain, namun negara ini nyatanya terus berjuang sekuat tenaga dan melakukan apa yang bisa diperbuat, dan hasilnya pun luar biasa. Tanpa pernah kita sadari, ternyata Indonesia mencatatkan torehan-torehan fantastis yang sangat membanggakan.

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

Sudah saatnya kita ubah mindset buruk tentang Indonesia. Salah satu caranya mungkin bisa dengan menyimak hal-hal boombastis apa saja yang sudah dilakukan negara ini, seperti yang ada dalam daftar berikut. Be proud, Indonesian!

1. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tercepat ke 5

Sekilas terlihat keadaan ekonomi Indonesia sekarang tengah lesu. Belum lagi gonjang-ganjing turunnya nilai Rupiah beberapa waktu lalu yang seakan menghantam para pebisnis dalam negeri. Ketika sebagian besar orang Indonesia menganggap keadaan ekonomi negara ini sedang lesu, siapa sangka jika aslinya malah mengalami kenaikan yang lumayan pesat dan cepat.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia naik [Image Source]
Pertumbuhan ekonomi Indonesia naik [Image Source]
Indonesia dikatakan mengalami pertumbuhan yang signifikan sebanyak 5,04 persen berdasarkan hasil survey Bloomberg. Hal ini menempatkan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat nomor 5 di dunia. Seumpama hal ini bisa bertahan bahkan naik per tahunnya, Indonesia pasti bakal jadi negara yang lebih baik.

2. Indonesia Masuk dalam Daftar Negara dengan Rasio Hutang Terkecil

Kembali ke tahun 1998 lalu Indonesia benar-benar berada di masa terpuruknya. Tak hanya soal anarkisme yang terjadi, tapi juga keadaan ekonomi kita yang amburadul. Krisis ekonomi yang membuat hutang luar negeri membengkak tak beraturan. Selepas masa Soeharto, negara pun masih ketanggungan untuk melunasi hutang hingga sekarang.

Hutang luar negeri Indonesia [Image Source]
Hutang luar negeri Indonesia [Image Source]
Tak terdengar kabarnya, bagaimana posisi hutang luar negeri kita? Para presiden silih berganti melunasi banyak hutang kita dan hari ini tinggal beberapa persen yang belum terbayar. Indonesia yang sekarang bisa memenuhi kebutuhannya sendiri dan tidak perlu sampai hutang lagi. Hal ini juga dibuktikan dengan munculnya negara kita dalam daftar negara dengan rasio hutang terkecil di dunia. Berdasarkan data yang dilansir IMF, Indonesia ada di peringkat 32 dari 169 negara. Sebuah hal yang patut dibanggakan, bukan?

3. Cadangan Devisa Indonesia Peringkat 20 Besar Dunia

Pernah menjadi negara terpuruk, Indonesia mulai banyak berbenah. Salah satunya dengan memperbaiki sektor ekonomi yang sempat terpuruk di awal milenium dulu. Kini, Indonesia sudah bisa dibilang berada di level yang cukup aman. Soal cadangan devisa, negara kita tercatat memiliki jumlah yang cukup besar.

Cadangan devisa Indonesia [Image Source]
Cadangan devisa Indonesia [Image Source]
Indonesia memiliki sekitar $ 102 miliar dan menempatkan negara kita sebagai pemilik devisa terbesar nomor 20 dunia, berdasarkan data yang dilansir CIA.gov. Angka 20 dari puluhan negara tentu prestasi yang sangat bagus. Jika negara bisa terus mempertahankan tren positif ini, maka bukan hal yang mustahil kalau ke depannya Indonesia bakal naik peringkat terus.

4. Peringkat Korup Indonesia Turun Drastis

Maraknya kasus korupsi beberapa tahun lalu ternyata ngefek terhadap persepi dunia. Ya, negara kita dianggap sebagai yang paling tinggi tingkat korupsinya. Seperti di tahun 2013 lalu Indonesia ada di peringkat 113 negara paling korup (makin besar angkanya, makin tinggi korupsinya). Tapi, lagi-lagi Indonesia melakukan banyak manuver. Alhasil, peringkat ini pun berangsur naik atau dianggap semakin bersih.

Korupsi Indonesia turun [Image Source]
Korupsi Indonesia turun [Image Source]
Sempat mencatatkan peringkat 112, kini Indonesia ada di posisi 88, berdasarkan data yang dikutip dari Transparency International. Selisih yang cukup jauh, ya? Meskipun belum seperti yang diharapkan. Tapi, yang jelas ada usaha keras di sana. Terus tingkatkan ini agar citra Indonesia sebagai negara korup bisa sama sekali hilang.

5. Indonesia Juara Dua Soal Business Confidence

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sektor ekonomi Indonesia makin meningkat tiap tahunnya. Selain berpengaruh kepada tingkat pertumbuhan ekonomi, hal ini juga berdampak kepada indikator Business Confidence. Definisi sederhananya adalah indikator untuk menghitung pergerakan bisnis secara keseluruhan berdasarkan banyak parameter.

Business Confidence Indonesia naik [Image Source]
Business Confidence Indonesia naik [Image Source]
Hebatnya, Indonesia adalah negara nomor 2 dalam hal Business Confidence ini, seperti yang dilansir dari tradingeconomics.com. Indonesia mengalahkan banyak negara-negara besar seperti Tiongkok, India, bahkan Amerika. Para pakar mengatakan, jika makin tinggi level Business Confidence-nya, maka hal tersebut akan berdampak pada nilai mata uang yang makin tinggi. Jika demikian, mari berharap Rupiah bakal menguat dengan cepat.

Kita mungkin selama ini hanya bisa melihat hal-hal yang buruk saja tentang Indonesia. Padahal negara ini mencatatkan banyak prestasi yang bisa dibilang susah untuk dicapai. Misalnya dalam hal ekonomi, Indonesia meraih banyak prestasi yang oke dan bahkan mengalahkan negara-negara besar.

Bangga terhadap Indonesia, dan mudah-mudahan tren positif ini tetap terjaga. Bahkan kalau bisa makin banyak prestasi-prestasi lain yang dibuat.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA