5 Hal Keren yang Dilakukan Nazi dan Masih Ditiru Sampai Sekarang

oleh Norman Duarte
12:00 PM on Aug 14, 2015

Artikel dengan judul seperti ini memang agak nyerempet bahaya dan salah pengertian. Tapi kali ini redaksi Boombastis hanya ingin mengangkat beberapa hal menarik yang pernah dilakukan partai Nazi yang dikenal jahat banget itu.

Sebenarnya banyak juga kebijakan dan visi mereka yang bisa dibilang keren. Harap diingat bahwa artikel ini bukan dibuat untuk mendukung perbuatan mereka, tapi sekedar mengulas bagian sejarah yang luput dari perhatian kita.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Hitler dan Nazi memiliki visi untuk menciptakan sebuah kerajaan besar yang kuat yang mampu menguasai dunia. Ia terinspirasi dari kerajaan Romawi, sehingga ia pun ingin semua yang berkaitan dengan Nazi, harus berbau Romawi. Hitler sendiri menyebut ‘kerajaan’ impiannya itu sebagai ‘Third Reich’ atau kerajaan ketiga. Yang merupakan kelanjutan dari Kerajaan Romawi Suci sebagai Reich pertama, dan Kerajaan Jerman Kuno sebagai Reich kedua.

Keinginan untuk menguasai dunia ini dibarengi dengan pengembangan sains, kebudayaan, serta bermacam ciri khas yang jika diperhatikan lebih dalam, terasa keren. Tentu saja karena keren itu, sampai sekarang perbuatan ini masih saja ditiru dan dilakukan orang. Apa saja itu? Nih!

1. Arsitektur

Hitler percaya bahwa arsitektur dapat membantu membawa masyarakat pada sebuah keteraturan dan budaya yang baik. Oleh karena itu ia mendirikan begitu banyak bangunan megah yang punya 3 tujuan: teaterikal, simbolis, dan mendidik.

Arsitektur
Arsitektur [ImageSource]
Amat sangat banyak bangunan yang megah dengan nuansa kekaisaran Eropa kuno yang didirikan dengan 3 tujuan itu. Hitler banyak membangun lapangan-lapangan pertemuan, museum, bahkan ia membangun jalan-jalan tol besar yang menghubungkan setiap daerah di Jerman.

Jaman sekarang,banyak jalan dan bangungan megah dibangun dengan 3 tujuan ini: teaterikal, simbolis, dan mendidik, selain juga karena fungsinya.

2. Fashion

Tentara Jerman di jaman Hitler mungkin adalah satu-satunya ketentaraan yang fashionable. Seluruh rancangan seragam mereka mulai dari jendral sampai yang paling bawah, terlihat sangat gagah dan mentereng. Gak main-main, perancangnya adalah Hugo Boss yang merupakan nama depan di bidang fashion.

Fashion
Seragam Hugo Bos [ImageSource]
Seluruh seragam ini pun berbeda-beda untuk setiap kesatuan, untuk setiap acara dan situasi. Selain menimbulkan kewibawaan pemakainya, seragam-seragam ini pun sangat enak dipandang.

Fashion1
Fashion wanita yang meniru gaya Nazi [ImageSource]
Sampai sekarang penggemar gaya seragam Nazi pun masih sangat banyak. Sepatu Doc Mart yang legendaris itu ternyata mengambil gaya dari Nazi. Dan pembaca tau merk Adidas kan? Pemilik perusahaan itu adalah anggota Nazi yang menyuplai footwear untuk Nazi.

3. Perlindungan Hewan

Ketika Nazi mulai berkuasa, mereka tidak hanya memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan manusia Jerman, tetapi juga hewan-hewannya. Perataturan ketat tentang perburuan hewan, serta penjagalan hewan, dibuat oleh Nazi untuk melindungi kekayaan alam Jerman ini.

Perlindungan Hewan
Perlindungan Hewan [ImageSource]
Baru di akhir-akhir ini, kampanye perlindungan hewan berhembus kencang di media sosial. Nazi sudah sangat peduli akan hal ini sejak tahun 1930an!

4. Kampanye Anti Rokok

Hitler sangat benci rokok. Dia juga percaya bahwa rokok sangat merugikan kesehatan, dan akan merusak ras Jerman. Karena itu ia menggalakkan kampanye anti rokok besar-besaran. Bahkan yang terbesar sepanjang sejarah manusia.

Kampanye Anti Rokok
Kampanye Anti Rokok [ImageSource]
Secara pribadi, ia sering memberikan hadiah kepada anak buahnya jika mereka berhasil berhenti merokok. Di bawah kekuasaannya, Jerman melarang rokok di tempat-tempat umum seperti kantor pemerintah, restoran, transportasi, dll. Ia juga menerapkan pajak tinggi kepada tembakau.

5. Inovasi Dalam Dunia Perfilman

Hitler yang terkenal dengan propagandanya, menaruh perhatian yang besar terhadap kekuatan film dalam mempengaruhi manusia. Beberapa film propaganda Nazi yang dibuat atas perintahnya, benar-benar menggunakan teknologi terbaik saat itu agar dapat menghasilkan film yang keren.

Dari sinilah kemudian dunia perfilman terinspirasi untuk menggunakan teknologi terbaik dalam proses pembuatannya. Film kemudian tidak dikenal sebagai alat hiburan semata, tetapi juga menjadi media propaganda dan penyampai pesan.

Segala kekejaman Nazi memang tidak bisa ditolerir. Tetapi inovasi yang mereka lakukan, jika bagus dan bermanfaat, toh tidak ada salahnya untuk ditiru.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA