5 Hal Hebat yang Bisa Kita Contoh dari Timor Leste

oleh Rizal
14:03 PM on Dec 30, 2015

Masih jadi hal yang diperdebatkan tentang bagaimana Timor Leste sekarang. Mayoritas penduduk Indonesia mengatakan keadaan mereka saat ini tak jauh beda dibandingkan dulu. Sebaliknya, warga Timor Leste menganggap mereka berangsur lebih baik setelah lepas dari Indonesia. Apa pun itu, kita tak perlu mempermasalahkan hal ini, karena soal kemakmuran biarlah data-data yang bicara.

Mencontoh dari Timor Leste, mungkin hal ini akan membuat masyarakat Indonesia merasa aneh. Apa yang bisa dicontoh dari negara tetangga itu? Begitu mungkin pikir orang-orang. Gara-gara sentimen berlebihan dan sikap ogah mengakui kelebihan, membuat mata kita seakan tertutupi. Ya, faktanya memang ada begitu banyak hal yang bisa kita contoh dari negara ini. Kita tak selalu ada di atas Timor Leste dalam berbagai hal.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Tak perlu sakit hati, karena usia Indonesia lebih tua dari Timor Leste, seharusnya kita bisa lebih bijaksana dan dewasa. Jadi, tak perlu gusar, kita justru bisa menjadikan mereka contoh dalam hal-hal tertentu. Nah, berikut adalah hal-hal yang bisa kita tiru dari mereka.

1. Sosok Presiden yang Benar-Benar Keren

Selain karena program-program yang diusung, alasan kenapa rakyat menyukai presidennya adalah tentang bagaimana sikap sang kepala negara. Makin aktif dan merakyat, ia bakal makin dicintai. Jokowi mungkin sangat dekat dengan wong cilik, namun apa yang dilakukan oleh mantan presiden Timor Leste, Xanana Gusmao, lebih dari itu.

Xanana membersihkan sampah [Image Source]
Xanana membersihkan sampah [Image Source]
Ya, sang presiden terkenal akan sikapnya yang tak setengah-setengah ketika terjadi sesuatu yang buruk. Seperti ketika terjadi kebakaran di Dili beberapa waktu lalu, Xanana dengan sigap ikut membantu membersihkan sekitar tempat kejadian. Hanya dengan menggunakan sandal jepit dan celana Pendek sang mantan presiden memunguti sampah-sampah. Tak hanya ini, pernah diberitakan pula jika sang presiden ini bahkan pernah membantu polisi lalu lintas untuk menertibkan jalan. Sangat luar biasa, kan?

2. Peringkat FIFA, Timor Leste Lebih Baik

Indonesia mungkin pernah melumat Timor Leste di Pra Piala Asia Maret kemarin dengan skor 7-0. Namun, jika dilihat berdasarkan peringkat dunia, kita kalah jauh dari mereka. Ya, saat ini Timor Leste berada 8 tingkat di atas kita di peringkat 170 sedangkan Indonesia berada di peringkat 179. Memang seperti hal yang mustahil, tapi inilah faktanya.

Timnas mereka lebih unggul peringkat dari pada Indonesia [Image Source]
Timnas mereka lebih unggul peringkat dari pada Indonesia [Image Source]
Indonesia bisa mengejar peringkat Timor Leste asal makin memperbaiki diri. Caranya tentu saja dengan mengemas sepak bola dalam negeri lebih baik lagi. Kita pernah ada atas mereka, maka bukan hal yang mustahil kalau kita rebut lagi tempat tersebut.

3. Daya Beli Penduduk Timor Leste Lebih Keren

Kita selalu berasumsi jika Indonesia selalu lebih baik dari Timor Leste. Terutama dalam hal kekayaan, negara tetangga itu tak ada seujung kukunya Indonesia. Namun, ketika terjadi kenaikan harga BBM saat subsidi dicabut, kita justru berlagak sok miskin. Timor Leste, negeri yang mungkin kita anggap tak kaya itu masyarakatnya justru bisa membeli BBM yang harganya cukup mahal. Mereka menerima ini dan tidak sekalipun melakukan aksi huru hara dengan turun ke jalan.

Soal BBM tanpa subsidi, masyarakat Timor Leste lebih dewasa daripada kita [Image Source]
Soal BBM tanpa subsidi, masyarakat Timor Leste lebih dewasa daripada kita [Image Source]
Timor Leste memang tak menyubsidi BBM-nya, meskipun begitu masyarakatnya tetap bisa membeli sesuai dengan kebutuhan. Subsidinya sendiri digunakan untuk membangun infrastruktur. Sehingga bisa kita lihat sendiri, perlahan Timor Leste mulai berbenah dengan berdirinya bangunan-bangunan megah. Kita semi-disubsidi namun masih mengeluh kemahalan.

4. Air Minum di Timor Leste Lebih Layak. Masa?

Tak hanya sepak bola, ternyata untuk kualitas air minum kita juga harus mengakui keunggulan Timor Leste. Deputi bidang Sarana dan Prasarana Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Dedi Priatna, beberapa waktu lalu pernah mengatakan jika kualitas air minum kita lebih rendah dari Timor Leste.

Soal kualitas air, kita juga kalah dengan Timor Leste [Image Source]
Soal kualitas air, kita juga kalah dengan Timor Leste [Image Source]
Hal ini tentu miris mengingat kita sebetulnya unggul dalam berbagai hal. Termasuk sarana dan biaya. Indonesia memang adalah yang terburuk se Asia Tenggara dan di bawah Timor Leste soal air minum. Dan kabar buruknya lagi, kondisi ini akan tetap sama jika pemerintah tidak melakukan pembenahan dengan peningkatan kualitas.

5. Timor Leste Punya Tabungan Minyak Miliaran Dolar

Timor Leste adalah negara penghasil minyak yang cukup potensial meskipun dari segi kuantitas masih kalah jika dibandingkan negara kita. Tapi, mereka tahu caranya memanfaatkan minyak-minyaknya. Caranya dengan menabung uang hasil penjualan minyak lewat sebuah badan kas negara.

Timor Leste punya tabungan minyak sebanyak $ 15 miliar. Indonesia? [Image Source]
Timor Leste punya tabungan minyak sebanyak $ 15 miliar. Indonesia? [Image Source]
Hingga hari ini diperkirakan Timor Leste sudang mengantongi sekitar $ 15 miliar dari penjualan minyaknya. Alasan kenapa pemerintah mereka melakukan hal ini adalah agar generasi mendatang bisa lebih terjamin hidupnya. Bagaimana dengan Indonesia? Sepertinya hasil penjualan minyak mentah kita masih tidak tersimpan dengan baik. Larinya kemana kita juga tak pernah tahu.

Sepertinya kita harus obyektif dan mulai mengakui jika Timor Leste dalam beberapa hal memang lebih unggul dari kita. Maka, sepertinya tak ada masalah jika kita mencontoh mereka dalam beberapa hal itu. Indonesia tentu bisa melampaui Timor Leste. Masalahnya tinggal mau atau tidak melakukan perubahan-perubahan. Jika selamanya kita begini-begini saja, maka Indonesia akan tetap tinggal kelas, sementara mereka mungkin akan melesat mengalahkan Malaysia, Brunai, bahkan Singapura.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA