5 Hal Dahsyat ini Bisa Didapatkan Cukup Dengan Bersujud

oleh Rizal
07:00 AM on Dec 5, 2015

Allah maha bijaksana, Dia takkan pernah menyuruh hambanya untuk melakukan sesuatu kecuali ada maksud tertentu dan juga mengundang manfaat. Sholat, ibadah ini memang terlihat hanya seperti gerakan-gerakan sederhana saja. Namun deretan kajian ilmiah mengatakan sholat memiliki manfaat luar biasa besar. Tak hanya bagi kesehatan, tapi juga soul atau jiwa.

Masing-masing gerakan sholat mengandung manfaat, termasuk sujud di mana ini adalah posisi paling dekatnya hamba kepada Tuhannya. Sujud, memang mengandung manfaat yang luar biasa. Bahkan banyak fadilah yang takkan bisa didapatkan dengan amalan lain, bisa dilakukan dengan perantara sujud ini.

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

Berikut adalah manfaat-manfaat luar biasa yang bisa didapatkan ketika bersujud.

1. Sujud Membuat Otak Teraliri Darah Secara Sempurna

Otak butuh yang namanya darah untuk bisa tetap hidup dan beregenerasi, karena fungsi darah adalah sebagai penghantar zat-zat makanan beserta air dan juga oksigen. Dalam keadaan biasa, otak sebenarnya sudah teraliri darah dengan baik. Namun menurut para pakar proses tersebut tidak berjalan terlalu sempurna. Maka dari itu, sujud adalah satu cara agar bisa menyempurnakannya.

Bersujudlah, maka otak akan tetap sehat [Image Source]
Bersujudlah, maka otak akan tetap sehat [Image Source]
Ketika sujud jantung berada lebih tinggi posisinya dari pada kepala. Hal ini mengakibatkan darah mampu mengaliri otak dengan baik. Bahkan menurut para dokter, ada satu bagian otak yang tak teraliri darah akhirnya bisa mendapatkan asupan zat likuid berwarna merah itu. Hasilnya bisa dirasakan sendiri, setelah sujud terasa kepala lebih segar. Maka makna di balik sholat 5 waktu tentu saja agar manusia bisa selalu mendapatkan manfaat ini.

2. Doa Hamba Ketika Bersujud Akan Mudah Dikabulkan

Seperti yang sempat disinggung di bagian awal, sujud adalah posisi paling dekat seorang hamba dengan Tuhannya. Maka secara logika, di momen yang begitu intim ini tentu saja doa-doa akan mudah dikabulkan. Orangtua saja luluh saat diperlakukan sangat baik oleh anaknya. Apalagi Allah yang Arrahman dan Arrahim.

Sujud akan membuat doa seorang hamba mudah dikabul oleh Allah [Image Source]
Sujud akan membuat doa seorang hamba mudah dikabul oleh Allah [Image Source]
Hal ini ditegaskan pula dalam sebuah Hadist, Rasul bersabda, “Adapun pada waktu sujud, maka bersungguh-sungguhlah berdoa sebab saat itu sangat tepat untuk dikabulkan.” Agar kekuatan doa saat sujud makin powerful, maka kita bisa memanfaatkan timing yang juga sangat disukai oleh Allah. Misalnya sholat di sepertiga waktu malam di mana Dia akan turun untuk memberi membalas doa-doa.

3. Sujud Mengandung Makna Filosofi yang Dalam

Sholat mampu mencegah perbuatan keji dan munkar sekaligus mampu membuat kita tak sombong. Sujud, secara harfiah adalah meletakkan kepala di atas tanah di mana ini adalah tempat terendah. Maka sujud mengandung perlambangan siapa pun itu tak boleh sombong. Mau presiden atau pun tukang asongan, ketika sholat mereka ya pasti sujud, menempelkan dahinya di tempat yang paling rendah.

Siapapun itu, ketika sujud semua pasti akan menempelkan dahinya di tempat terendah [Image Source]
Siapapun itu, ketika sujud semua pasti akan menempelkan dahinya di tempat terendah [Image Source]
Dampak sholat akhirnya mampu membuat orang mampu terhindar dari sifat sombong. Lalu sebuah pertanyaan unik pun muncul, “Ada yang rajin sholat kok tetap sombong?”. Ya, sudah sangat jelas hal tersebut adalah akibat memandang sholat hanya sebagai kewajiban yang selesai ya sudah. Mereka tidak mendalami makna filosofisnya yang begitu dalam.

4. Kematian Saat Sujud Berbalas Surga

Seindah-indahnya kematian, tentu saja saat momen paling terdekat dengan Tuhan. Berjihad di jalan Allah atau mati dalam keadaan paling intim dengan sang pencipta. Ya, mati saat bersujud. Saat kita meminta maaf atas segala dosa, saat di mana Allah memberikan rahmatNya, kemudian dipanggil. Sungguh, kematian seperti ini tidak akan berbalas apa pun selain surga.

Kematian terindah adalah ketika sujud [Image Source]
Kematian terindah adalah ketika sujud [Image Source]
Cara seseorang mati tergantung pada hal yang disukainya. Jika menginginkan mati dalam keadaan sujud, maka sudah tentu kita harus menjadikan aktivitas ini sebagai hal yang kita suka. Memang sangat beruntung mereka yang meninggalkan dunia ini dengan sebaik-baik cara.

5. Manfaat Kesehatan Lain Hanya dari Sujud

Manfaat sujud nyatanya tak hanya untuk otak dan juga jiwa, ternyata gerakan simple namun bermakna dalam ini mengandung manfaat kesehatan yang luar biasa. Misalnya melegakan sistem pernafasan, menggerakkan otot-otot tertentu yang jarang digerakkan, hingga bisa menata ulang posisi organ tubuh ke keadaan setimbang dan presisi.

Tak hanya untuk otak, sujud mengandung banyak manfaat kesehatan lain [Image Source]
Tak hanya untuk otak, sujud mengandung banyak manfaat kesehatan lain [Image Source]
Selain itu, sujud mampu meredakan pening dan migrain. Makanya banyak yang menyarankan sholat sebagai obat ketika merasakan pikiran kacau rumit dan tak karuan. Pasalnya, sujud membuat otak menjadi rileks dan juga segar. Begitu banyak manfaat dari gerakan sesederhana ini.

Sudah tahu manfaat luar biasa dari sujud, maka sudah jadi hal yang wajib pula untuk mengetahui cara melakukannya dengan benar. Sujud terbaik adalah menempelkan tujuh anggota tubuh, yakni dahi, dua telapak tangan, lutut dan juga kaki. Rasul juga menganjurkan kita berlama-lama dalam sujud terutama di rakaat terakhir sebelum salam. Nikmati indahnya bertaubat dan meminta kepada Allah saat itu dan rasakan manfaatnya bagi kehidupan. Semoga kita juga dimampukan untuk meninggal dalam keadaan paling mulia ini. Amin.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA