5 Hal yang Dianggap Aneh di Indonesia, Tapi Justru Dianggap Cantik di Jepang

oleh Rahma Muliani
11:13 AM on Mar 23, 2016

Kata “cantik” memang mempunyai arti yang sangat luas. Setiap orang mengartikan kata”cantik” dengan berbeda-beda. Namun kebanyakan orang, mendefinisikan kata ”cantik” itu yakni memiliki kulit yang cerah, gigi yang rapih dan putih, ataupun tubuh yang langsing juga tinggi.

Namun di Jepang, definisi kata “cantik” itu sangat jauh dari itu. Mempunyai kulit berwarna gelap atau gigi yang susunannya berantakan justru menjadi trend di kalangan anak mudanya. Gak percaya? Langsung saja kita simak selengkapnya di bawah ini yuk.

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

1. Yaeba, Gigi Taring Ala Vampir

Memiliki gigi taring yang panjang seperti vampir? Mungkin menurut wanita Indonesia itu terkesan aneh dan juga menyeramkan. Tapi jangan kaget, kalau wanita di Jepang justru berbondong-bondong untuk membuat gigi taring mereka terlihat lebih panjang.

Taring Panjang, Membuat Kesan Menggemaskan - (c)huffingtonpost
Taring Panjang, Membuat Kesan Menggemaskan [ Image Source ]
Trend unik ini akrab dikenal dengan nama Yaeba atau gigi gingsul yang berasal dari gigi taring yang dipanjangkan. Wanita Jepang menganggap, dengan memanjangkan gigi taring senyum mereka akan terkesan menggemaskan. Gak usah heran deh, kalau disana banyak klinik gigi yang menawarkan jasa pembuatan gigi taring, baik yang temporer maupun permanen.

2. Ohaguro, Menghitamkan Gigi

Tak hanya memiliki gigi taring yang panjang, ada satu lagi trend kecantikan dari gigi yang terbilang unik. Namanya adalah “Ohaguro” alias trend menghitamkan gigi. Tradisi gigi hitam mengkilap ini bertujuan untuk memperkuat dan mengawetkan gigi loh.

Bisa Membuat Gigi Lebih Kuat Dan Awet - (c)japanistas
Bisa Membuat Gigi Lebih Kuat Dan Awet [ Image Source ]
Kalau di Indonesia, jangan harep deh wanitanya mau menghitamkan giginya. Pasti mereka akan malu dan merasa kecantikannya hilang. Jangankan untuk menghitamkan gigi, ada sisa cabe yang menyelip sedikit saja di gigi sudah kelimpungan sendiri.

3. Ganguro

Gak cuma gigi, menghitamkan kulit juga pernah menjadi trend di Jepang sekitar tahun 2000-an. Para wanita begitu gemar melakukan tanning sampai kulit mereka nyaris berwarna gelap. Mereka juga gemar memakai make-up yang sangat mencolok dari warna kulitnya, bahkan ada juga yang menempelkan stiker ke wajahnya.

1
Akrab Dengan Tampilan Mencolok [ Image Source ]
Penampilan mereka pun juga tak lepas dari sepatu berhak tebal, pakaianyang sexy dan aksesoris kepala yang berwarna-warni. Lucu juga yaaa, disaat banyak wanita Indonesia melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkan warna kulit yang putih dan cerah, tapi wanita Jepang justru kebalikannya.

4. Eye Bag Make-Up

Mempunyai kantung mata? kamu pasti merasa minder nih. Karena wajah kamu bisa terlihat lesu, dan tentunya kecantikan akan terasa sedikit berkurang. Biasanya, wanita akan menggunakan concelar untuk menutupi lingkaran hitam yang ada di bawah mata tersebut.

Memberikan Kesan Imut - (c)rightthisminute
Memberikan Kesan Imut [ Image Source ]
Tapi di Jepang, mempunyai kantung mata justru terkesan imut atau dalam budaya Jepang disebut “Kawaii”. Mereka para wanita Jepang biasanya menggunakan cara contouring dan highlighting untuk mempertegas area bawah matanya. Jadi matanya akan terlihat menggembung.

5. Hangover, Make-Up Seperti Orang Mabuk

Biasanya orang tidak mau ketahuan kalau mereka sedang mabuk. Kalau wanita, biasanya juga mereka menutupi wajah mabuknya dengan menggunakan berbagai macam make-up. Tapi di Jepang, justru banyak wanita yang tampil dengan make-up seperti orang mabuk.

Terlihat Seperti Sedang Mabuk - (c)minq
Terlihat Seperti Sedang Mabuk [ Image Source ]
Mereka aman mengaplikasikan blush-on berwarna pink, orange, ungu atau merah di bagian kantung matanya. Tujuannya adalah agar wajahnya terlihat seperti wajah seseorang yang sedang stress berat. Sehingga mereka pun mendapat perhatian dari para lelaki yang iba melihatnya.

Ada-ada saja yaa trend yang dianggap cantik yang ada di Jepang ini. Menurut kalian gimana nih readers kelima poin di atas? Setuju gak sih wanita yang menerapkan trend tersebut bisa dianggap cantik? . Seperti apa sih definisi ”cantik” menurut readers sekalian?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA