Ternyata Kalau Punya Tetangga, Ini 7 Hak Mereka yang Harus Kamu Penuhi

oleh Sofia Fitriani
17:27 PM on Jan 3, 2016

Hidup bermasyarakat atau berkelompok sudah menjadi jalan kehidupan kita. Pasti kita tak menginginkan hidup sendiri di tengah hutan, tanpa ada kawan atau fasilitas apapun yang mampu menunjang kehidupan kita bukan? Untuk itulah kita butuh orang lain, karena memang telah menjadi takdir bahwa kita adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan dari orang lain.

Kita tak bisa tumbuh berkembang tanpa adanya perawatan dan perlindungan dari orang tua. Kita tak bisa belajar dan menjadi lebih cerdas tanpa bimbingan dari guru. Kita tak bisa melakukan semuanya sendiri tanpa ada teman. Kita tak bisa menyimpan luka hati sendiri tanpa bercerita pada sahabat. Bahkan, pasti kita akan membutuhkan seseorang dalam kehidupan kita sebagai pendamping hidup.

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Begitupun dengan yang disebut tetangga. Tetangga adalah mereka yang hidup di kanan dan kiri rumah kita, di depan atau belakang juga. Tetangga yang akan datang membantu kita pertama kali, saat keluarga kita tinggal jauh dari kediaman kita.

Nah, dalam hidup bertetangga, ada 7 hak yang wajib kita tunaikan, agar tercipta hubungan yang baik dan harmonis dalam hidup bermasyarakat. Tentunya, jika kita ingin diberikan perlakuan baik oleh tetangga kita, maka kita pun wajib baik kepada mereka bukan?

1. Menjenguk yang Sakit

Dalam sebuah hadits disebutkan, “Tsauban meriwayatkan bahwa Rasulullaah SAW bersabda, Sesungguhnya jika seorang mukmin menjenguk saudaranya, maka ia berada di dalam ‘Khurfatul Jannah’. Ada yang bertanya, Apa itu ‘Khurfatul Jannah’, Ya Rasulullah? Beliau SAW menjawab, Kebun-kebun surga yang sedang berbuah lebat.” (HR Muslim).

Menjenguk Tetangga yang Sakit [image source]
Menjenguk Tetangga yang Sakit [image source]
Nah, saat menjenguk tetangga yang sedang sakit, sikap yang kita lakukan sebaiknya adalah, membawakannya makanan yang boleh dimakan untuk si sakit atau keluarganya. Menghibur si sakit atau keluarganya, mendo’akan kesembuhan bagi si sakit, serta mengingatkan pada kebaikan dan agar selalu dekat dengan Allah. Dan jika ada tetangga yang akan menemui ajal, kita harus membantu proses kemudahannya (talqin).

2. Mengantar Jenazah Tetangga yang Meninggal

Jika ada tetangga yang meninggal, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk datang takziyah ke rumahnya. Di sana yang harus kita lakukan adalah mendo’akan jenazah agar dimudahkan dan diselamatkan dari siksa kubur. Mendo’akan dan menghibur keluarga yang ditinggalkan.

Mengantar Jenazah Tetangga yang Meninggal Dunia [image source]
Mengantar Jenazah Tetangga yang Meninggal Dunia [image source]
Selain itu, jangan mengumbar aib-aib si jenazah, mensholatkannya, membantu menyelesaikan hutang-hutangnya (jika keluarganya kurang mampu), dan mengantar jenazahnya sampai ke liang kubur.

3. Bermuamalah dengan Tetangga

Ada beberapa muamalah (perihal yang berhubungan dengan uang) yang perlu diperhatikan dalam bertetangga. Di antaranya adalah ‘ariyah’ atau pinjaman, utang-piutang, dan menggunakan barang milik tetangga.

Bermuamalah yang Baik dengan Tetangga [image source]
Bermuamalah yang Baik dengan Tetangga [image source]
Pastikan tetangga memberikan izin kepada kita untuk bertransaksi dengannya, dan lebih baik lagi jika ada saksi. Jangan sampai ada perselisihan yang menimbulkan perpecahan atau permusuhan. Dalam QS Al-Maa’idah ayat 2 disebutkan, “Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksaNya.”

4. Jangan Menyakiti Tetangga

Ibaratnya, jika kita tak ingin dikejar anjing, maka jangan pernah kita berusaha memukulnya. Itulah mengapa, ketika kita tak ingin disakiti oleh orang lain atau tetangga, maka jangan pernah kita menyakiti mereka. Entah menyakiti secara fisik maupun perasaan, hindarilah hal itu.

Tidak Saling Menyakiti dengan Tetangga [image source]
Tidak Saling Menyakiti dengan Tetangga [image source]
Karena kita tak akan masuk surga jika menyakiti tetangga kita. Seperti yang disebutkan dalam sebuah hadits “Tidak akan masuk surga siapapun yang tetangganya tidak merasa aman dari gangguannya!” (HR Muslim).

5. Jangan Mengganggu Kenyamanan Rumah Tetangga

Kadang ketika kita ingin merenovasi rumah kita menjadi lebih nyaman dan menyenangkan untuk ditinggali, kadang kita lupa dengan kenyamanan tetangga kita . Apakah mereka terganggu atau tidak, kita sering lupa.

Tidak Mengganggu Kenyamanan Tetangga [image source]
Tidak Mengganggu Kenyamanan Tetangga [image source]
Sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk menjaga agar tetangga tetap nyaman dengan keberadaan kita ataupun bangunan rumah kita. Hal ini telah dijelaskan dalam sebuah hadits yang berbunyi, “Janganlah meninggikan bangunan rumahmu melebihi bangunannya, sehingga menutup kelancaran angin baginya.” (HR Thabrani).

6. Berbagi Rezeki dan Kebahagiaan dengan Tetangga

Ketika Allah memberikan nikmat-Nya untuk kita,  Allah meminta agar kita bersyukur kepada-Nya dengan semakin mendekatkan diri kepada-Nya. Selain itu, Allah juga memerintahkan kita untuk membagi nikmat yang kita dapat dengan saudara agar mereka ikut bersyukur kepada Allah.

Berbagi Rezeki dan Kegembiraan [image source]
Berbagi Rezeki dan Kegembiraan [image source]
Dalam hidup bertetangga pun demikian, tak ada salahnya mempererat tali silaturahim dengan saling berkirim makanan atau jajan. Entah ada acara dalam keluarga kita atau saat tak ada acara, kita diperintahkan untuk saling berbagi dengan tetangga. Seperti yang diriwayatkan berikut, “Dengar dan taatilah, meski kalian dipimpin oleh seorang budak. Jika kalian memasak, maka perbanyaklah kuahnya lalu perhatikan tetanggamu, dan berikanlah padanya dengan cara yang baik.” (HR Bukhari dan Muslim).

7. Sedekah untuk Tetangga

Dan yang terakhir adalah sedekah. Dengan bersedekah, kita bisa menabung pahala untuk di akhirat kelak. Kita juga bisa mempererat hubungan kekeluargaan dengan tetangga kita.

Bersedekah untuk Tetangga [image source]
Bersedekah untuk Tetangga [image source]
Dalam sebuah hadits diriwayatkan, “Tiap persendian manusia itu harus bersedekah setiap hari, dimana matahari masih terbit. Mendamaikan dua orang yang bersengketa adalah sedekah, membantu seseorang untuk menaikkan barangnya ke atas kendaraan adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah, dan menyingkirkan gangguan di jalan adalah sedekah.” (HR Bukhari dan Muslim). Jadi, sedekah tak harus uang dan barang mahal kan?

Nah, itulah tadi 7 hak yang harus kita perhatikan dan wajib kita lakukan dalam kehidupan bertetangga. Karena seperti sabda Rasulullaah SAW dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berbuat baik kepada tetangganya!”, maka kita wajib berbuat baik kepada tetangga, sebagai bentuk iman dan takwa kita kepada Allah SWT.” (sof)

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA