Video Gokil Aksi Menuntut Hak Pejalan Kaki di Zebra Cross

oleh Rizal
11:32 AM on Jul 18, 2015

Kalau diperhatikan sebenarnya banyak lho hal-hal miris yang terjadi di jalan dan kita merasa biasa aja. Yup, kamu pasti ngeh kalau yang dimaksud adalah hak pejalan kaki yang kini udah benar-benar dianggap sebelah mata alias nggak penting sama sekali. Di era transportasi yang padat kayak sekarang, dimana setiap orang bisa punya motor meskipun nggak bisa bayar DP, berjalan kaki di sekitaran jalan raya adalah hal yang penuh tantangan.

Para pengguna jalan, pemotor terutama, sering banget melakukan pelanggaran yang membahayakan. Mulai dari naik ke trotoar bahkan ada yang nekat lewat jembatan penyeberangan. Nggak cuma hal yang ekstrim kayak gitu, mereka juga sering melakukan pelanggaran penting lain dan kita malah membiarkannya gitu aja. Yup, bak rider MotoGP yang bersiap-siap menggeber motor, mereka seenaknya nangkring di zebra cross. Padahal itu hak pejalan kaki lho!

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

Nah, untuk mengingatkan betapa vital fungsi zebra cross bagi pejalan kaki, sekelompok pemuda asal Jakarta ini bikin sesuatu yang unik. Mereka memperingatkan para pengendara dengan aksi-aksi gokil. Seperti apa aksi seru mereka? Simak ulasannya berikut.

1. Hak Pejalan Kaki Harus Dihormati

Sebelum lihat aksi gokil para pemuda ini, kamu harus tahu alasannya kenapa para pemotor ini harus diperingatkan. Yup, mereka melanggar hak pejalan kaki yang ingin nyebrang. Nah, kalau zebra cross-nya dipakai para pengguna jalan, pejalan kaki mau lewat mana? Masa mau terbang?

Kalau zebra cross dipakai motor, pengguna jalan lewat mana? Terbang? [Image Source]
Kalau zebra cross dipakai motor, pengguna jalan lewat mana? Terbang? [Image Source]
Meskipun sepele, berhenti di zebra cross adalah kebodohan. Bodoh karena nggak tahu itu bukan haknya. Atau pura-pura bodoh karena menganggap persoalan ini cuma hal sepele. Nggak bisa gitu dong! Punya motor harus ngerti aturan di jalan. Setuju?

2. Aksi Gokil Memperingatkan Para Pengguna Jalan

Untungnya masih ada dua pemuda keren seperti Chakz dan Yasir. Mereka berdua gregetan banget sama para pengguna jalan yang seenaknya sendiri berhenti di zebra cross. Nah, berbekal izin dari pihak kepolisian setempat, mereka pun memulai aksi unik ini.

Banyak pengendara angkuh yang modelnya kayak gini
Banyak pengendara angkuh yang modelnya kayak gini

Aksi mereka dimulai dengan memberi tahu para pengendara yang nyelonong lewat zebra cross. Salah seorang dari pemuda ini memberi tahu sambil mendorong motor para pelanggar itu ke belakang. Ada yang nurut dan merasa salah, tapi nggak sedikit pula yang dengan angkuhnya nggak mau dikasih tahu. Kayak nggak tahu masyarakat Indonesia aja sih!

3. Nggak Tahu Aturan dan Susah Diatur

Udah punya motor harusnya juga memiliki SIM. Artinya mereka tahu aturan-aturan apa aja ketika berada di jalan, kecuali yang nembak sih. Namun, hampir setiap lampu merah selalu ada pelanggar yang stay di zebra cross dengan tampang yang nggak berdosa.

Survei membuktikan pengendara jalan negeri ini nggak tahu aturan. Kayak gini contohnya.
Survei membuktikan pengendara jalan negeri ini nggak tahu aturan. Kayak gini contohnya.

Para pemuda ini pun melakukan aksinya berulang-ulang dan mendapat tanggapan yang beragam. Bahkan pengguna jalan sampai menepikan motornya dan menantang duel. Ampun deh, udah tahu salah, ngotot, malah ngajak ribut. Hampir semua pelanggar yang dikasih tahu nggak merespon pesan dua pemuda ini dengan positif. Jadi, bisa disimpulkan kalau para pengguna jalan emang rata-rata kayak gitu. Nggak tahu aturan dan susah buat dikasih tahu.

4. Suarakan Hakmu!

Apa yang dipergoki dua pemuda ini cuma segelintir dari banyaknya pelanggaran yang terjadi. Mungkin dilakukan hampir di seluruh negeri ini. Udah semestinya ada tindakan agar para pengguna jalan mengerti aturan. Nah, kamu juga bisa tuh melakukan aksi gokil para pemuda ini. Nggak harus frontal sih, cukup kasih tahu aja hak-hak pejalan kaki.

Kamu berhak marah kalau zebra cross dipakai bukan buat peruntukkannya.
Kamu berhak marah kalau zebra cross dipakai bukan buat peruntukkannya.

Kamu juga berhak lho memarahi siapa pun yang malah balik memakimu. Kamu bisa tunjukkan bukti pasalnya misalnya UU Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan jalan. Di dalamnya ada ayat yang menyebutkan kalau para pelanggar bisa kena sanksi 2 bulan penjara. Lumayan tuh buat bikin mereka keder.

Zebra cross adalah hak pejalan kaki, jadi nggak usah menoleransi kesalahan yang mereka lakukan sehubungan dengan penggunaan fasilitas tersebut. Pasalnya keselamatan yang jadi taruhannya nih.

So, tetap taati aturan dan jangan ragu untuk menuntut hak yang seharusnya adalah milikmu. Makin banyak yang sadar, makin nyaman dan tertib deh. Nih, video keren aksi si pemuda yang mungkin bisa menginspirasimu.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA