Guru Asal China Jadi Pahlawan Untuk Anak-Anak Miskin

oleh Rizal
07:14 AM on Jun 18, 2015

Pasti pernah mendengar ungkapan ‘Guru adalah teladan murid’. Yup, emang udah seharusnya seperti itu, namun aplikasinya selama ini hanya seputar hal-hal yang sifatnya akademis. Entah itu cara belajar yang efektif atau tips-tips biar mudah mendapatkan nilai bagus. Tapi, yang dilakukan seorang guru muda di China ini berbeda. Nggak hanya mengajarkan ilmu, ia juga berbuat lebih dengan membantu para murid yang miskin.

Perkenalkan, Zhang Xiaohui yang hampir satu dekade lalu terus berupaya keras mengumpulkan sumbangan untuk membantu para murid miskin di China. Ia sendiri mulai melakukan hal ini sejak tahun 2005 lalu ketika ia menjadi seorang pengajar di Henan University. Nah, apa aja sih yang dilakukan pria hebat ini sehingga layak banget dijuluki pahlawan? Simak kisah inspiratifnya berikut!

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

1. Profil Zhang Xiaohui

Nggak ada yang spesial dari pria biasa ini. Sehari-harinya, ia mengajar bahasa Jerman di Henan University. Namun, siapa sangka kepekaan Zhang Xiaohui terhadap keadaan sosial di sekitarnya ini begitu besar. Terutama ketika ia melihat fakta nyata bahwa banyak banget anak-anak di China mengalami hidup yang pelik.

Zhang Xiaohui [Image Source]
Zhang Xiaohui [Image Source]
Setelah mendengar sebuah cerita yang menyayat hatinya, Zhang kemudian bertekad untuk melakukan apa yang ia bisa untuk membantu para anak-anak miskin ini.

2. Awal Mula

Setiap orang butuh pemicu sehingga bisa melakukan hal-hal mengagumkan. Nah, trigger yang diperoleh Zhang adalah lewat sebuah kisah miris yang menyayat hati pada suatu hari. Ketika itu ia mendengar sebuah cerita mengenai kehidupan anak-anak di suatu tempat di China. Zhang bersedih ketika mendengar cerita kalau anak-anak di sana gemar tidur.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Sama sekali bukan lantaran malas nih, mereka melakukan hal tersebut agar rasa lapar yang melilit bisa sedikit terabaikan. Mendengar cerita ini hati Zhang pun bergetar dan seketika itu muncul niat mulia untuk membantu anak-anak ini.

3. What He Does?

Awalnya Zhang benar-benar mengandalkan dana mandiri. Hampir separuh gajinya ia sumbangkan untuk anak-anak yang membutuhkan. Beruntungnya berkat bantuan internet, aksinya pun bisa mendapat apresiasi global. Ia memakai seluruh gajinya untuk membuat sebuah gerakan charity dan mempromosikannya di internet.

Zhang Xiaohui sedang memberikan bantuan [Image Source]
Zhang Xiaohui sedang memberikan bantuan [Image Source]
Hasilnya luar biasa. Lewat gerakan ini Zhang berhasil mengumpulkan sekitar $161 ribu atau sekitar 1 juta Yuan. Dana ini pun sukses membantu kehidupan lebih dari 2000an anak di seluruh China.

4. Hasil yang Ditorehkannya

Nggak hanya melakukan aksi sosial di internet, Zhang juga turun langsung ke lapangan. Dua sampai tiga kali setahun ia pasti berangkat ke daerah-daerah miskin untuk menyalurkan donasi secara langsung. Tercatat, ia pernah membangun sebuah perpustakaan untuk satu sekolah dasar dan 3 kali memberikan perlengkapan olahraga kepada beberapa sekolah miskin.

Zhang berhasil membuat anak-anak ini tersenyum
Zhang berhasil membuat anak-anak ini tersenyum [Image Source]
Nggak hanya itu, ia juga pernah tuh menyebarkan sekitar 5000an buku ke tempat-tempat terpencil bagi anak-anak serta memberi 4000an potong pakaian bagi para murid yang tinggal di gunung-gunung. Pastinya apa yang dilakukannya ini akan tetap berlanjut sampai kapan pun. Setidaknya sampai para anak-anak miskin di China punya kehidupan yang lebih baik. Super salut!

5. Alasan Zhang

Alasan Zhang melakukan hal ini benar-benar sangat simple. Ia mengatakan, “Every dream need irrigation, every child needs love. The children are the future. Helping each other is the best way to achieve this future.” (Setiap impian perlu diwujudkan, setiap anak butuh kasih sayang. Anak-anak ini adalah masa depan. Menolong satu sama lain adalah cara terbaik untuk mencapai ‘masa depan’ ini.)

Senyum tulus ini yang jadi alasan Zhang selama ini [Image Source]
Senyum tulus ini yang jadi alasan Zhang selama ini [Image Source]
Anak-anak adalah masa depan, kalau pengen bikin masa depan kita lebih cerah nantinya, bantu mereka. Mungkin inilah hal yang memotivasi Zhang untuk melakukan sesuatu yang sangat menginspirasi ini.

Benar-benar salut deh! Nggak semua orang punya kepedulian seperti Zhang apalagi di zaman di mana nilai-nilai sosial mulai memudar. Anyway, pria muda ini juga sangat jujur lho. Hampir setiap kesempatan ia selalu menunjukkan berapa dan untuk apa uang yang didapatkannya dari donasi.

Bayangkan jika ada lebih dari 10 ribuan orang seperti Zhang, mungkin dunia bakal benar-benar berbeda. Sangat menginspirasi!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 30 Gambar Kocak dan Nekat ini Buktikan Kenapa Usia Wanita Lebih Panjang Ketimbang Para Pria
BERITA TERKAIT
BACA JUGA