Ini Dia 10 Gunung Tertinggi Dan Menakjubkan di Dunia

oleh Rahma Muliani
07:00 AM on May 31, 2015

Banyak sekali gunung-gunung yang berdiri di daratan bumi kita. Ketinggian dari gunung tersebut pun berbeda-beda, bahkan ada yang sampai 5000-an meter. Titik tertinggi yang berbeda-beda itulah yang membuat para pendaki berlomba-lomba untuk menjelajahinya.

Seperti yang dilansir di list25.com setidaknya ada 25 gunung yang tercatat memiliki puncak paling tinggi sedunia. Dari daftar tersebut, telah team Boombastis rangkum sebanyak sepuluh gunung yang paling ternama dan gunung di Indonesia termasuk loh. Gunung apa saja yaa itu?

Baca Juga
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi
10 Atlet SEA Games 2017 Asal Indonesia Ini Nggak Cuma Bikin Bangga, tapi juga Cantik Jelita

1. Gunung Everest Di Barisan Pegunungan Himalaya

Gunung Everest terletak di perbatasan Nepal – Tibet dan masih termasuk ke dalam barisan pegunungan Himalaya. Di Nepal gunung ini mendapat sebutan “Sagarmatha” sedangkan di Tibet dikenal dengan nama Chomolangma atau Qomolangma.

Gunung Everest Di Barisan Pegunungan Himalaya
Gunung Everest Di Barisan Pegunungan Himalaya [imagesource]
Jika diukur dari paras laut, Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia. Ketinggiannya mencapai 8.850 meter. Orang yang pertama kali mencapai puncaknya yang sangat jauh dari paras laut ini adalah Edmund Hillary dan Tenzing Norgay pada 29 Mei 1953 silam.

2. Gunung McKinley, Puncak Tertinggi Di Amerika Serikat

Gunung McKinley ini berada di barisan pegunungan di Alaska dan merupakan pusat dari Denali National Park and Preserve. Situs ini mempunyai dua puncak yang signifikan serta merupakan puncak tertinggi di Amerika Utara dan Amerika Serikat.

Puncak Tertinggi Di Amerika Serikat
Puncak Tertinggi Di Amerika Serikat [imagesource]
Puncak dari gunung McKinley berada pada ketinggian 6.118 meter. Yang pertama kali mencapai puncak gunung ini adalah sebuah grup yang dipimpin oleh Hudson Stuck dan Harry Karstens, anggotanya sendiri adalah Robert Tatum dan Walter harper (yang pertama menginjakkan kaki di puncak).

3.  Gunung Kilimanjaro, Di Sebut Juga Gunung ”Putih”

Gunung Kilimanjaro merupakan gunung yang berada di timur laut Tanzania dan masuk ke dalam urutan gunung tertinggi di dunia. Nama lainnya dalam bahasa Masai adalah Kilima Dscharo atau Oldoinyo Oibor, yang mempunyai arti yaitu, Gunung Putih.

Di Sebut Juga ''Gunung Putih''
Di Sebut Juga ”Gunung Putih” [imagesource]
Puncak dari gunung merapi yang sudah tidak aktif lagi ini, merupakan titik tertinggi di Afrika. Letaknya berada di ketinggian 5.895 meter di atas permukaan laut. Namun sayang, sejak tahun 2006 rute pendakian dari Gunung Kilimanjaro terpaksa di tutup karena telah terjadi longsoran batu yang memakan korban tewas empat orang pendaki.

4.  Gunung Logan, Gunung Tertinggi Kedua Setelah McKinley

Gunung Logan adalah gunung tertinggi kedua setelah Gunung McKinley. Gunung ini terletak di Kanada, tepatnya berada di dalam kawasan Kluane National Park and Reserve. Nama gunung ini sendiri diambil dari nama seorang geologis asal Kanada, William Edmond Logan.

Gunung Tertinggi Kedua Setelah McKinley
Gunung Tertinggi Kedua Setelah McKinley [imagesource]
Gunung ini mempunyai puncak atau titik tertinggi di ketinggian 5959 meter. Puncak ini pertama kali dipijak oleh enam orang pendaki pada tanggal 23 Juni 1925 silam. Nama para pendaki itu yakni, Albert H. MacCarthy (pemimpin), HF Lambart, Allen Carpé , WW Foster , N. Read dan Andy Taylor.

5. Puncak Jaya, Glester Tropika Indonesia

Puncak Jaya adalah gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di provinsi Papua. Tempat ini juga masuk ke salah satu dari tujuh puncak yang ada di dunia. Disekitarnya terdapat gletser Carstensz, satu-satunya glester tropika yang ada di Indonesia.

Puncak Jaya, Glester Tropika Indonesia
Puncak Jaya, Glester Tropika Indonesia [imagesource]
Titik tertinggi dari puncak yang sebelumnya bernama Piramida Carstensz ini, berada pada ketinggian 5.030 meter. Empat orang pendaki dari Austria merupakan yang pertama kali mencapai puncaknya. Mereka itu diantaranya Heinrich Harrer (pemimpin), Robert Philip Temple, Russell Kippax, dan Albertus Huizenga.

6. Gunung Elbrus, Ditutupi Salju Sepanjang Tahunnya

Gunung Elbrus terletak di bagian selatan Rusia, tepatnya di perbatasan Georgia. Puncaknya merupakan yang tertinggi di Pegunungan Kaukasus dan di Eropa. Sepanjang tahunnya, gunung ini ditutupi salju, es dan gletser. Nama Elbrus diambil dari kata Alborz, yang mempunyai makna “High Sentinel” menurut mitologi Persia.

Ditutupi Salju Sepanjang Tahunnya
Ditutupi Salju Sepanjang Tahunnya [imagesource]
Gunung ini mempunyai dua puncak yang berada di ketinggian 5.642 meter. Para pendaki yang pertama kali menjajaki tempat ini adalah  Florence Crauford Grove, Horace Walker, Peter Knubel, Frederick Gardner, dan Ahiya Sottaiev pada tahun 1874 silam.

7. Mont Blanc, Gunung Yang Tertinggi Di Eropa Barat

Mont Blanc terletak di antara wilayah Perancis dan Italia dan masuk kedalam barisan Pegunungan Alpen. Gunung ini mempunyai nama lain Monte Bianco, dalam bahasa Italia yang artinya “Gunung Putih”. Dataran tinggi ini begitu diminati para pendaki untuk melakukan olahraga Ski.

Gunung Yang Tertinggi Di Eropa Barat
Gunung Yang Tertinggi Di Eropa Barat [imagesource]
Mont Blanc atau Monte Bianco adalah gunung tertinggi di Eropa barat. Puncaknya berada pada ketinggian 4.810 meter di atas permukaan laut. Orang yang pertama kali mendaki gunung ini adalah Jacques Balmat dan Michel Pascard, pada 8 Agustus 1786 silam

8. Gunung Damavand, Terdapat Mata Air Panas

Gunung yang satu ini merupakan yang tertinggi di Iran, di Timur Tengah dan di Asia. Letaknya berada di tengah pegunungan Alborz. Disana terdapat beberapa mata air panas yang berguna dalam pengobatan luka kronis dan penyakit kulit. Maka dari itu, disekitarnya terdapat kolam pemandian umur.

Terdapat Mata Air Panas
Terdapat Mata Air Panas [imagesource]
Gunung yang pertama kali meletus sekitar 1,78 tahun yang lalu ini, memiliki ketinggian kurang lebih 5000 meter.  Pendakian pertama dilakukan oleh Abu Dolaf Kazeaji sekitar tahun 905 silam. Nama lain dari gunung ini adalah Mingi Taw, yang berarti gunung kekal atau Seribu Mountain.

9. Gunung Kinabalu, Dijadikan Lambang Kebesaran

Gunung yang tertinggi kelima di Asia Tenggara ini berada di Sabah, Malaysia. Permukaannya terdiri dari batuan sedimen yang terpecah karena terkikis. Situs ini dijadikan sebagai lambang kebesaran penduduk yang tinggal disana, karena dapat memberikan semangat juang dan persatuan mereka.

Dijadikan Lambang Kebesaran
Dijadikan Lambang Kebesaran [imagesource]
Gunung Kinabalu mempunyai puncak diketinggian 4.095 meter dari permukaan laut. Orang yang pertama kali mendaki tempat yang menyimpan sejuta cerita kisah misteri ini adalah Hugh Low, seorang kolonial Inggris pada tahun 1851 silam.

10. Gunung Rainier, Gunung Merapi Paling Berbahaya

Gunung Rainer merupakan gunung tertinggi di negara bagian Washington. Gunung merapi ini dianggap salah satu yang paling berbahaya di dunia karena berpotensi menghasilkan lahar yang sangat besar. Situs ini menduduki peringkat ketiga dari 128 gunung ternama di Amerika Serikat.

Gunung Merapi Paling Berbahaya
Gunung Merapi Paling Berbahaya [imagesource]
Situs ini termasuk gunung merapi yang terletak di timur Eatonville, dengan ketinggian 4.392 meter dari permukaan laut. Gunung Rainnier pertama kali di jajaki oleh dua orang pendaki bernama Hazard Stevens dan PB Van Trump pada tahun 1870 silam.

Itulah tadi kesepuluh gunung yang memiliki titik puncak tertinggi di dunia. Kamu sendiri punya hobi menaiki gunung tidak? Lalu menurut kamu, gunung mana nih yang paling menarik untuk didaki? Tapi jangan lupa, saat kamu mendaki perhatikan tata tertib yang berlaku yaa. Agar kamu bisa mencapai puncak dan kembali kebawah dengan selamat.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA