Gunung Raung Terus Bergemuruh, Warga Siap Mengungsi

oleh Adys Disty
06:31 AM on Jul 6, 2015
Gunung Raung via viva
Gunung Raung via viva

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis bahwa aktivitas tremor vulkanik Gunung Raung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur terus terjadi. Bahkan, teramati asap putih kelabu tebal dengan tinggi 100-400 meter ke tenggara, Minggu (5/7). Gunung Raung juga mengeluarkan suara gemuruh lemah hingga sedang.

“Terdengar suara gemuruh lemah hingga sedang. Suara gemuruh disebabkan letusan yang terjadi terus-menerus. Kerasnya suara gemuruh disebabkan kawahnya yang dalam dan luas, sehingga menggema. Sempat terlihat cahaya api di puncak kawah,” ungkap Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Minggu (5/7).

Baca Juga
7 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Wanita Jepang Ogah Menikah
Lolicon, Sindrom Ketertarikan Pada Gadis di Bawah Umur yang Ternyata ‘Berbeda’ dengan Pedophilia

Sutopo menjelaskan saat ini Gunung Raung sedang meletus dengan tipe strombolian. “Tipe strombolian adalah gunungapi yang letusannya mengeluarkan lava yang cair tipis, tekanan gas yang sedang, dan letusannya mengeluarkan material padat, gas, serta cairan. Umumnya letusan ini tidak terlalu kuat, tapi bersifat terus menerus, dan berlangsung lama,” imbuhnya.

Status Gunung Raung saat ini adalah Siaga (Level III). PVMBG merekomendasikan agar tidak ada aktivitas masyarakat di radius 3 kilometer dari puncak gunung. Akan tetapi sejauh ini, masyarakat belum perlu mengungsi. Diharap masyarakat untuk tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa.

“Sebab di dalam radius 3 kilometer berpotensi terkena material letusan. Masyarakat belum perlu mengungsi. Diharap tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. BNPB, BPBD Jawa Timur, Banyuwangi, Bondowoso, Jember dan Situbondo pun terus melakukan langkah antisipasi,” imbaunya.

Sementara itu, hujan abu tipis terjadi di sekitar Bandara Blimbingsari Kecamatan Songgon dan Sempu, Kabupaten Banyuwangi. Meski terjadi hujan abu, aktivitas penerbangan masih normal. BPBD Jawa Timur sendiri telah menyerahkan 120.000 masker kepada BPBD. BPBD Bondowoso juga telah mendirikan posko di Desa Sumber Wringin dengan menyiapkan 100 personel dari berbagai unsur.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA