7 Gunung Menakjubkan ini Ternyata Ada di Luar Angkasa!

oleh Adi Nugroho
12:30 PM on Oct 6, 2015

Gunung api yang kerap melakukan erupsi ternyata tak hanya ada di Bumi saja, lho. Jauh di atas sana, ada beberapa gunung besar yang sangat menakjubkan. Bahkan kekuatan ledakannya bisa membuat beberapa kota langsung lenyap dalam sekejap mata. Hanya saja tak banyak orang mengetahuinya. Ilmuwan pun baru tahu setelah mengamatinya lewat teleskop atau dikirim pesawat luar angkasa.

Gunung-gunung api yang ada di luar angkasa ini ternyata memiliki pengaruh yang besar terhadap lingkungan sekitarnya. Misal saat terjadi ledakan, area gunung akan langsung tertutup gas hingga terjadi retakan tanah yang parah. Well, langsung saja. Inilah tujuh gunung menakjubkan yang ada di luar angkasa.

Baca Juga
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik
Potret Menteri Imam Hibur Para Atlet yang Dicurangi di SEA Games 2017 Malaysia Bikin Netizen Terharu dan Bangga

1. Gunung Olympus – Planet Mars

Gunung Olympus tak hanya ada di bumi tepatnya di negara Yunani. Di luar angkasa ternyata ada gunung juga dengan nama Olympus, tepat di Mars. Gunung ini adalah gunung paling tinggi di tata surya kita. Diperkirakan tinggi Gunung Olympus ini mencapai 25,7 km, atau tiga kali lebih tinggi dari  gunung tertinggi di bumi.

Gunung Olympus – Planet Mars [image source]
Gunung Olympus – Planet Mars [image source]
Gunung ini terus menjadi tinggi seiring dengan erupsi dan lelehan lavanya mengering. Kemiringan gunung ini sekitar 5 derajat. Hal ini membuat Gunung Olympus mudah didaki oleh siapa saja. Namun sayang gunung ini ada di Mars. Coba ada di bumi pasti sudah laris didaki pencinta alam.

2. Pancake Dome – Planet Venus

Venus sering disebut sebagai saudara dari bumi. Di tempat ini terdapat sekitar 1.600 gunung api yang 85% di antaranya aktif dan kerap meletus. Gunung di sini tidak tinggi, rata-rata berkisar 1 kilometer untuk tingginya. Namun lebar gunung bisa mencapai 22 km. Mirip dengan kue pancake jika dibalik. Tak memiliki kemiringan yang tinggi tapi melebar ke samping.

Pancake Dome – Planet Venus [image source]
Pancake Dome – Planet Venus [image source]
Jika meletus, lava akan meluber ke mana-mana. Bahkan bisa menyebabkan kerusakan yang sangat fatal. Terlebih Venus memiliki tekanan udara yang tinggi di permukaannya. Jika tekanan udara kian tinggi, gunung-gunung di venus seperti berparade untuk melakukan letusan.

3. Tiger Stripes – Enceladus (Bulan dari Saturnus)

Saturnus adalah salah satu planet paling menarik di tata surya kita. Planet ini dipercaya memiliki ratusan bulan atau satelit. Namun sayang hanya 62 yang dikenali orbitnya dan 53 di antaranya memiliki nama. Satu bulan dari Saturnus bernama Enceladus ternyata memiliki gunung yang sangat hebat.

Tiger Stripes – Enceladus (Bulan dari Saturnus) [image source]
Tiger Stripes – Enceladus (Bulan dari Saturnus) [image source]
Gunung ini memanjang sejauh 130 km, tinggi 2 meter dan lebar mencapai 500 meter. Gunung ini sebenarnya cryovolcanoes. Sebuah gunung yang mampu memancarkan air dan juga meterial kimia lainnya. Gunung ini menjadi istimewa karena satu-satunya gunung yang jika meledak tak memuntahkan material lava panas.

4. Pillan Patera – Io (Bulan dari Jupiter)

Io adalah sebuah bulan dari planet Jupiter yang memiliki ukuran nyaris menyamai bulan milik bumi. Meski demikian, Io memiliki banyak sekali gunung api yang sangat spektakuler. Rata-rata gunung di tempat ini memiliki kemampuan ledak, penghancur, dan tak tak pernah ada di bumi.

Pillan Patera – Io (Bulan dari Jupiter) [image source]
Pillan Patera – Io (Bulan dari Jupiter) [image source]
Pada tahun 1997, di tempat ini pernah terjadi ledakan. Gunung itu bernama Pillan Patera. Saat terjadi ledakan, suhu permukaan Io meningkat 160 derajat celcius. Tak berhenti di sana saja. Awan panas yang disemburkan gunung mencapai ketinggian 140 km. Serta menutupi wilayah sebesar wilayah Yunani.

5. Cryovocanoes – Triton (Bulan dari Neptunus)

Neptunus adalah planet terbesar di tata surya kita sampai sekarang. Jarak sekitar 4,8 miliar kilometer membuat kita menyangka tak akan pernah ada gunung di sana. Atau bisa dibilang daerah Neptunus beserta bulannya selalu beku sepanjang tahun. Ternyata tidak, ilmuwan menemukan fakta jika di Triton terdapat sebuah gunung yang cukup unik.

Cryovocanoes – Triton (Bulan dari Neptunus) [image source]
Cryovocanoes – Triton (Bulan dari Neptunus) [image source]
Gunung ini selalu menyemburkan geyser panas ke udara. Padahal wilayah di sekitarnya selalu beku. Selain itu, dari permukaan gunung selalu muncul gas nitrogen yang tak pernah berhenti sepanjang tahun. Cryovocanoes dianggap ilmuwan sebagai gunung unik karena justru memancarkan air panas ketimbang lava yang akan mengeras jadi batu jika mengalami pendinginan.

6. Tharsis Montes – Planet Mars

Berjarak sekitar 32o kilometer dari Gunung Olympus Mars terdapat sebuah gunung yang dinamai dengan Tharsis Montes. Gunung ini terdiri dari tiga gunung dengan lebar antara 375-475 km. Rata-rata permukaan gunung memiliki ketinggian mencapai 15 kilometer. Coba kita bandingkan dengan gunung terlebar di bumi, Mauna Kea. Gunung di Hawaii ini hanya memiliki lebar 120 km.

Tharsis Montes – Planet Mars [image source]
Tharsis Montes – Planet Mars [image source]
Yang menjadikan gunung ini hebat adalah letaknya yang berjajar satu sama lain seperti sebuah garis lurus. Gunung ini saat belum melakukan erupsi, namun jika ketiganya melakukan erupsi bersama-sama, mampu mengungguli kekuatan dari Gunung Olympus. Bahkan bisa berdampak pada perubahan iklim di Mars.

7. Tvashtar Patreae – Io (Bulan dari Jupiter)

Satu hal yang membuat Tvashtar Patreae sangat dikagumi oleh ilmuwan adalah kemampuannya melakukan ledakan. Sekitar tahun 2007 silam ilmuwan menangkap sebuah kejadian hebat. Ledakan dari Tvashtar Patreae mampu menciptakan awan hitam yang menutupi wilayah selebar 330 km.

Tvashtar-Patrea - Io (Bulan dari Jupiter) [image source]
Tvashtar-Patrea – Io (Bulan dari Jupiter) [image source]
Padahal gunung ini tak sebesar gunung lain dalam daftar di atas. Luar permukaan dari gunung ini hanya berkisar 25 km. Namun dampak yang ditimbulkan cukup mempengaruhi iklim di Jupiter selama beberapa saat.

Bagaimana? Hebat sekali kan gunung-gunung yang ada di luar angkasa ini. Tak hanya bentuknya yang sangat besar dan tinggi, tapi kemampuan ledakannya yang super dahsyat. Tata surya menyimpan banyak sekali misteri, bisa jadi di atas sana masih ada gunung yang lebih dahsyat lagi. Who know?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA