Formasi Es yang Menakjubkan di Gua Es Danau Superior Amerika

oleh Alfry
17:31 PM on Mar 7, 2015

Selama musim dingin seluruh daratan Amerika membeku tak terkecuali sungai dan danau. Namun pada musim dingin pula pemandangan menakjubkan banyak ditemui di sana. Seperti gua yang ada di pinggir Danau Superior, danau air tawar terbesar di dunia yang ada di Amerika Utara.

Selama musim dingin Gua Es Bayfield menjadi daya tarik wisatawan yang populer di Amerika. Gua-gua ini terbentuk jutaan tahun yang lalu dan tidak bisa dikunjungi selama musim panas karena tergenang oleh air danau. Biasanya wisatawan yang datang pada musim panas hanya melihat gua ini dari perahu saja.

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

Formasi Es di Gua Es Danau Superior
Formasi Es di Gua Es Danau Superior (Chicago Tribune)

Saat musim dingin tiba, danau Superior akan membeku, pengunjung dapat berjalan di atas permukaan danau dan memberikan akses masuk ke dalam salah satu formasi alam paling menakjubkan di Wisconsin utara yaitu gua es danau Superior.

Wisatawan yang datang akan disuguhkan pemandangan menakjubkan mulai dari pintu masuk gua. Di pintu masuk terdapat air terjun yang membeku. Air terjun ini biasanya jatuh dari tebing di atas gua, kemudian pada saat musim dingin membeku dan berubah menjadi semacam bingkai luar gua yang cantik. Masuk ke dalam gua, terdapat pemandangan yang tak kalah cantik, berupa kilauan stalagtit dan stalagmit gua yang terbentuk dari es.

Bagian Luar Gua Es (c) Chicago Tribune
Bagian Luar Gua Es (c) Chicago Tribune

Satu hal yang membuat wisatwan tidak pernah bosan berkunjung ke gua es ini adalah formasi esnya yang tidak permanen setiap tahunnya. Jadi mereka yang datang ke sana seperti merasa mengunjungi sebuah pameran terbaru dari formasi es yang dibentuk secara alami oleh alam.

Namun sayang meski minat kunjungan ke danau ini sangat besar namun tidak setiap tahun perjalanan di atas danau ini dibuka untuk umum. Selalu ada resiko saat melintasi danau ini mulai dari permukaan licin hingga resiko retak dan kerusakan lapisan es mengancam para turis yang datang.

Stalaktit dan Stalakmit es (c) Flickr
Stalaktit dan Stalakmit es (c) Flickr

Setelah lima tahun vakum, baru tahun ini tur wisata melintasi danau Superior beku sekaligus menyambangi gua es dibuka kembali. Itu juga belum menjamin tahun depan tur serupa akan dibuka kembali.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA