Ini Lho 5 Godaan yang Paling Sering Kamu Rasakan Tapi Nggak Disadari Waktu Puasa

oleh Tetalogi
07:00 AM on Jun 8, 2016

Saat berpuasa, umat Islam akan berusaha menahan segala godaan yang bisa membatalkan puasa. Umumnya sih, kebanyakan orang sudah sadar betul kalau kita nggak boleh makan, minum, dan melakukan hal-hal yang membatalkan puasa lainnya sejak sahur hingga berbuka.

Tapi, bukan berarti kita cuma perlu menahan diri dari hal-hal tersebut saja. Kita juga perlu menahan diri dari godaan lain yang bisa bikin puasamu kurang afdol. Banyak godaan yang sering datang tanpa disadari. Berikut ini beberapa diantaranya.

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

1. Laper sih nggak, tapi mata nggak kuat nahan hasrat buat kepengen ini itu

Saat puasa, umunya sih kita nggak samapai merasa lapar dan haus yang parah banget, mungkin kecuali kalau nggak sahur. Tapi, meski perut masih sanggup, kadang mata ini lho yang nggak kuat buat nahan lapar mata. Apalagi kalau kebetulan lagi ngabuburit di tempat yang banyak orang jualan.

Belanja [Image Source]
Belanja [Image Source]
Hmm… liat makanan beraneka warna dan rupa itu memang menggoda. Kadang belum nyicipin aja kita udah kebayang rasanya. Akhirnya apapun yang dijual dibeli. Begitu waktu berbuka tiba, ternyata banyak yang nggak dimakan karena kekenyangan. Nah, ini kan mubadzir namanya.

2. Mulut berasa gemes banget pengen ngomongin orang

Ngomongin orang emang bukan hal yang baik sih, jadi jangan cuman menghindari bergosip di bulan puasa aja. Kebiasaan ini kadang emang susah banget buat dihindari, apalagi kalau sudah kumpul bareng teman-teman. Tapi ya meski sulit jangan jadi alasan buat terus bergosip.

Bergosip [Image Source]
Bergosip [Image Source]
Nah, kalau sudah tahu bahwa bergosip itu nggak baik, ya jangan diterusin lagi. Kalau ada teman dekatmu yang mencoba ngajak ngomongin orang, bilang aja terus terang kalau kamu nggak mau bergosip.

3. Temen-temen yang ngajakin makan siang

Temen itu kadang bisa jadi orang yang mendukung kita berbuat baik, tapi kadang ada juga yang malah ngajak nggak bener. Emang sih, ajakan buat traktiran dari teman itu menggoda banget. Tapi ya intinya jangan tergoda, kan lagi puasa.

Jamuan makan [Image Source]
Jamuan makan [Image Source]
Lagipula, temen yang baik juga bakal paham kalau kamu lagi puasa. Dia nggak akan maksa kamu buat ngebatalin puasa hanya demi traktiran. Kalau dia ngotot, ya tolak saja secara halus. Bilang kalau kamu lagi puasa dan nggak mau batalin ibadahmu.

4. Lagi puasa, tapi ada aja yang bikin emosi

Kita juga perlu menguasai diri agar nggak gampang emosi. Nah, kadang kita lupa buat mengontrol diri sehingga mudah terpancing dan marah. Padahal marah juga bisa membatalkan pahala puasa. Kan percuma udah menahan lapar seharian tapi tetap nggak dapat pahala gara-gara emosi.

Bertengkar [Image Source]
Bertengkar [Image Source]
Kalau ada yang memancing emosi, lebih baik cepat-cepat pergi dan menghindar. Nggak perlu mengikuti amarah, karena malah rugi sendiri nanti. Lebih baik lagi kalau kamu membasuh muka dengan air saat mulai emosi agar kamu bisa kembali tenang.

5. Doski minta sayang-sayangan

Hmmm… buat yang punya pacar, kamu perlu tahan diri secara ekstra. Jangan sampai tergoda untuk colek-colekan, atau pegang-pegangan. Jangan sering-sering telpon, lebih baik kalau komunikasi lewat sms aja. Tapi yang diomongin juga jangan yang aneh-aneh.

Pacar [Image Source]
Pacar [Image Source]
Yang lebih bagus lagi, nggak usah ketemuan dulu selama bulan puasa. Atau sekalian aja berhenti pacaran, lalu langsung dilamar dan nikah. Kan sekalian langsung halal.

Nah, itu tadi beberapa godaan yang sering muncul tapi makin jarang disadari. Jadi, waspadalah agar puasamu tidak berjalan sia-sia. Selamat melaksanakan ibadah puasa.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA