4 Fakta Tentang Gerhana Matahari Jumat, Benarkah Tanda Kiamat?

oleh Ayu
11:04 AM on Mar 20, 2015

Gerhana Jumat pekan ini memang menjadi salah satu gerhana matahari yang cukup disoroti. Ada berbagai isu dan pemberitaan mengenai gejala alam yang satu ini, mulai dari kemungkinan kiamat, dilarang foto dan sebagainya.

Baca Juga :5 Fenomena Alam Eksotis Yang Terjadi di Langit Selain Gerhana Matahari

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Gerhana matahari memang merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi setiap beberapa tahun sekali. Namun mengingat bumi dan alam yang kita tinggali makin menua, maka ada beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang gerhana matahari Jumat ini. Simak ulasan Boombastis kali ini.

1. Gerhana Matahari Jumat Ini Total Dan Langka

Gerhana matahari yang terjadi pada Jumat tanggal 20 Maret ini adalah gerhana matahari total dan disebut sebagai fenomena yang langka. Sebelum ini, gerhana matahari seperti hari ini terjadi pada tahun 1999. Kali ini, gerhana matahari tersebut diliputi oleh munculnya supermoon di mana bulan terlihat sedang dekat dengan bumi.

Gerhana Matahari (cybersulutdaily )
Gerhana Matahari (cybersulutdaily)

Meski begitu, efek gerhana matahari ini paling terasa hanya di beberapa negara bagian Eropa dan Afrika Utara. Siklus fenomena alam yang disebut vernal equinox ini terjadi 19 tahun sekali. Jadi, peristiwa ini akan terulang lagi pada sekitar 2053-2054.

Selanjutnya : 2. Gerhana Matahari Kali Ini Pertanda Kiamat?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA