in

5 Sejarah dan Fakta Penting Jelang Gerhana Matahari Total di Indonesia Tahun Ini!

5. Bangganya Gerhana Matahari Total 2016 Dimonopoli Oleh Indonesia

Biasanya gerhana matahari total bisa dinikmati oleh berbagai negara. Namun ada satu hal istimewa yang akan terjadi di 9 Maret 2016. Gerhana matahari total 2016 dipastikan hanya akan bisa dinikmati dari wilayah Indonesia. Kondisi ini tentu akan sangat istimewa karena di hari itu semua mata akan tertuju pada Indonesia.

Jalur gerhana di indonesia [image source]
Jalur gerhana di Indonesia tahun ini [image Source]
Tidak hanya ilmuwan yang dipastikan tertarik untuk datang, para turis asing dan pers dari berbagai belahan dunia pasti ikut datang, baik untuk penelitian, wisata gerhana, maupun untuk kepentingan berita. Salah satunya adalah pendiri Google, Sergey Brin, yang diberitakan akan mellihat gerhana matahari di Ternate. Putri Kerajaan Thailand, Maha Chakri Sirindhorn, dikabarkan juga akan datang ke Ternate untuk kepentingan yang sama.

BACA JUGA: 5 Negara Muslim ini Dikenal Memiliki Penduduk Wanita yang Super Cantik

Nah, itu dia beberapa cerita unik dari fenomena gerhana matahari total yang pernah terjadi di Indonesia. Catat nih, di tanggal 9 Maret 2016 akan menyusul fenomena gerhana yang selanjutnya. Lapan mencatat gerhana matahari akan terjadi di Indonesia timur sekitar pukul 09.00 waktu setempat dan pukul 07.30 untuk wilayah Indonesia barat. Masih menurut Lapan, akan ada 11 Provinsi yang bakal dilewati gerhana matahari total tersebut. Wilayah itu meliputi Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Jadi jangan sampai dilewatkan ya!

Written by Anas Anas

Leave a Reply

jerawat batu [image source]

Jerawat Batu? Siapa Takut!

4 Tradisi ‘Saling Bunuh’ yang Mencengangkan Ini Ternyata Ada di Indonesia