5 Sejarah dan Fakta Penting Jelang Gerhana Matahari Total di Indonesia Tahun Ini!

oleh Anas Anas
13:12 PM on Mar 1, 2016

Langit Indonesia akan mengalami fenomena langka dan unik di tanggal 9 Maret 2016 nanti. Apa itu? Ya, Indonesia akan dilewati fenomena gerhana matahari total. Gerhana matahari total adalah peristiwa matahari, bulan dan bumi terletak pada satu garis lurus. Bulan berada di antara matahari dan bumi sehingga cahaya matahari ke arah bumi terhalang oleh bulan secara keseluruhan.

BACA JUGA: 5 Fakta Tentang Nyai, Wanita Pribumi Peliharaan Pria Belanda Zaman Penjajahan

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Indonesia, selama satu abad terakhir, sudah mengalami 10 kali gerhana matahari total. Di antaranya tahun 1901, 1926, 1929, 1934, 1962, 1983, 1984, 1988, 1995, dan 2016. Di setiap momen gerhana tersebut masing-masing mempunyai cerita unik tersendiri. Nah, berikut kami sajikan beberapa cerita unik tersebut hanya buat kamu. Check this out!

1. “Gara-gara” Einstein

Di tahun 1929, Indonesia, yang saat itu masih beranamakan Hindia Belanda, dilintasi gerhana matahari total di bagian Aceh yang kemudian bergerak ke Laut Cina Selatan. Saat itu, gerhana matahari total terjadi cukup lama dibandingkan biasanya, yakni sekitar lima menit.

Albert Einstein [image source]
Albert Einstein penemu Teori Relativitas [image source]
Einstein, ilmuan tersohor abad 20, pernah membuat “gara-gara” ketika terjadi gerhana matahari total 1929 di Hindia Belanda. Menurut Einstein, dalam teori relativitasnya disebutkan cahaya bintang akan mengalami pembelokkan atau defleksi ketika melewati matahari. Karena teori inilah para ilmuwan Jerman yang dipimpin Von Kluber sampai mau jauh-jauh datang ke Hindia Belanda untuk penelitian. Momen gerhana matahari total ini dianggap momen yang pas untuk penelitian. Walhasil, Royal Astronomical Society mencatat ekspedisi ini sukses besar untuk penelitian teori relativitas Einsten itu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA