Mengulik Cerita Gempa Mengerikan yang Terjadi Sepanjang Tahun 2016

oleh Rizal
13:56 PM on Aug 25, 2016

Dari sekian banyak jenis bencana, mungkin gempa bisa dibilang yang paling mengerikan. Alasannya jelas karena gempa ini datangnya seperti malaikat maut. Tidak peduli di mana dan apa yang sedang terjadi, kalau sudah datang ya dia bakal mengguncang dengan hebatnya. Makanya, sangat masuk akal jika gempa selalu menimbulkan banyak korban. Seperti gempa tiongkok di tahun 1556 yang merenggut sekitar 830 ribu manusia.

Di tahun 2016 ini juga sudah banyak gempa mengerikan yang terjadi. Mungkin tidak sedahsyat yang pernah terjadi di Tiongkok tadi, namun tetap jadi hal yang memilukan. Italia bahkan baru kemarin mengalami gempa dahsyat yang mencatatkan korban sampai 159 orang. Inilah gempa, datang tiba-tiba berakhir membawa nestapa luar biasa.

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Kabar tentang gempa Italia yang menghebohkan hingga detik ini, tentu mengingatkan kita dengan beberapa gempa yang terjadi belakangan. Nah, agar kita makin waspada, berikut adalah deretan gempa yang terjadi di tahun 2016.

Kengerian Gempa Ekuador yang Tak Bisa Dilupakan

Sudah jatuh tertimpa tangga, peribahasa ini sungguh sangat pas untuk menggambarkan nasib Ekuador belakangan. Tengah susah payah melawan krisis, tak disangka negara Amerika latin itu diguncang dengan gempa 7,8 skala richter. Tak hanya menyisakan bangunan yang berserakan seperti habis perang, tapi juga menghasilkan jumlah korban yang luar biasa.

Bayangkan, dalam bencana ini tercatat sebanyak 673 orang meninggal dunia. Angka ini sebenarnya masih sangat mungkin untuk naik. Namun bisa direduksi lantaran petugas yang sigap menolong para korban yang sekarat. Gempa Ekuador pun tercatat menjadi tragedi paling mengerikan yang terjadi di tahun 2016.

Gempa Italia yang Mengerikan

Gempa memang tak pernah bisa ditebak kapan datangnya. Tak peduli kita tengah tidur nyenyak, kalau sudah takdirnya tiba ya pasti akan mengguncang juga. Hal ini persis dialami oleh penduduk kota-kota kecil di 100 kilometer dari Roma ini. Malam hari ketika penduduk tengah bergulat dengan mimpi, gempa 6,2 skala Richter datang menghantam. Tak pelak, banyak korban meninggal seketika.

Hari ini dilaporkan jumlah korban tewas mencapai sekitar 159 orang dan sekitar 368 lainnya luka-luka. Tak hanya itu, gempa ini menghancurkan sebagian besar bangunan di kota-kota kecil itu. Saat ini para petugas masih berjibaku mencari para korban selamat yang mulai ditemukan satu per satu. Mudah-mudahan tak menambah lagi jumlah korban yang tewas.

Gempa Taiwan yang Gaungnya Tidak Terdengar

Februari lalu jadi bulan berkabung nasional bagi Taiwan. Alasannya apalagi kalau bukan karena gempa dahsyat yang terjadi di tahun itu. Guncangan 6,4 skala Richter menghantam negara tetangga Tiongkok ini dan dengan bengisnya menewaskan banyak orang.

Jumlahnya pun tak main-main hampir sekitar 117 orang. Belum lagi ratusan orang lainnya yang cidera. Hal yang makin memilukan dari gempa ini khususnya bagi kita orang-orang Indonesia adalah ada korban yang berasal dari tanah air. Dengan dahsyatnya guncangan serta banyaknya korban, gempa ini jadi salah satu yang paling parah yang pernah terjadi di Taiwan.

Dahsyatnya Gempa Jepang di Bulan April

Jepang mungkin negara di dunia yang terbanyak mengalami gempa. Makanya, orang-orang sana seperti sudah biasa dengan hal tersebut. Tapi, setiap kali terjadi gempa, korban-korban tetap berjatuhan. Ini bukti kalau gempa memang takkan bisa dilawan. Di bulan April lalu Jepang kembali mengalami gempa kali ini cukup dahsyat dengan skala mencapai 7.0.

7,0 skala Richter termasuk sangat keras, makanya korban gempa Jepang ini juga cukup banyak. Jumlahnya sendiri sekitar 42 orang. Gempa ini memang bukan yang terburuk, tapi tentu saja tetap menimbulkan duka yang mendalam. Jepang sendiri mungkin harus terus berhati-hati ke depannya karena wilayah mereka sama seperti di Indonesia yang masuk dalam ring of fire.

Gempa India di Awal Tahun

Gempa terdahsyat terakhir adalah yang terjadi di India di awal tahun 2016 kemarin. Gempa berkekuatan 6,7 skala Richter mengguncang negeri Hindustan tersebut dan mengakibatkan sekitar 11 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka.

Meskipun kecil, gempa ini sempat menghebohkan karena gelombangnya bahkan sampai terasa di Bangladesh dan Myanmar. Bahkan di Bangladesh sendiri ada korban meninggal sebanyak lima orang. Gempa ini juga tercatat salah satu yang paling dahsyat yang pernah terjadi di India meskipun korban tewas hanya sedikit.

Indonesia sendiri sebenarnya juga jadi langganan gempa. Dari rentang waktu tahun 90an sampai 2012 kemarin, setidaknya sudah ada belasan gempa terjadi. Inilah dahsyatnya gempa yang sama sekali tak bisa dilawan oleh manusia. Untuk yang terjadi di Italia mudah-mudahan tidak lagi menambah korban dan segera bisa membangun lagi kota-kota yang hancur tersebut.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA