Gelombang Panas Di India Menewaskan Ribuan Orang

oleh Adys Disty
07:08 AM on May 31, 2015
Anak-Anak India via viva
Anak-Anak India via viva

Gelombang panas yang melanda India dilaporkan terus memakan korban jiwa. Sebelumnya diberitakan gelombang panas tersebut telah merenggut sekitar 700 jiwa, dan kini jumlah korban meningkat hampir dua kali lipat. Gelombang panas ini dilaporkan telah menewaskan sekitar 1.371 orang pada minggu ini. Suhu udara di luar tercatat telah mencapai lebih dari 47 derajat celcius.

Menurut Ahli Meteorologi Richard Angwin, gelombang panas masih akan terus berlanjut hingga minggu depan atau menjelang musim penghujan. “Bagi daerah yang mengalami panas terparah, hujan baru akan turun beberapa minggu mendatang. Hingga musim hujan, panas ini akan terus menjadi masalah,” kata Angwin.

Baca Juga
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah
7 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Wanita Jepang Ogah Menikah

Sementara itu, Pemerintah India mengatakan tingkat kematian yang paling parah terjadi di negara bagian Andhra Pradesh, bagian selatan India dan dekat dengan Telangana. Bahkan, menurut pejabat berwenang, jumlah korban meninggal meningkat jika dibandingkan tahun lalu. Angka itu dua kali lipat lebih banyak jika dibandingkan gelombang panas yang melanda India tahun lalu.

Sejak 18 Mei 2015, korban jiwa yang jatuh di Andhra Pradesh mencapai 900 orang. Sedang di negara bagian Telangana yang suhunya mencapai 48 derajat Celcius pada akhir minggu lalu, sebanyak 340 orang telah meninggal. Padahal pada tahun 2014, hanya 31 orang yang dilaporkan tewas di wilayah tersebut.

Menurut Angwin, banyaknya jumlah kematian di selatan India tersebut disebabkan bukan hanya oleh gelombang panas saja, akan tetapi karena tingkat kelembapan yang terlampau tinggi juga. “Tingginya kelembaban di wilayah di selatan India memperparah kondisi akibat cuaca panas. Negara bagian Pradesh dan Orissa mengalami panas dan kelembaban yang tak tertahankan. Temperatur udara turun sedikit pada malam hari menjadi 30 derajat Celcius,” tuturnya.

Pemerintah India sendiri saat ini sedang berusaha untuk membangun posko-posko bantuan di wilayah yang paling parah terkena dampak gelombang panas ini. Dalam posko tersebut, pemerintah India akan menyediakan air baik untuk minum dan mandi. Bahkan, permohonan cuti dokter yang bertugas di India dibatalkan. Pemerintah pun turut menganjurkan kepada warganya agar tidak bepergian di siang hari untuk menghindari dampak gelombang panas.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 8 Ilustrasi Kocak yang Membuktikan Dunia Berubah ke Arah yang Lebih Buruk, Setuju?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA