in

25 Kota di Dunia yang Dipenuhi Gelandangan, Jakarta Masuk 10 Besar!

21. Rio De Janeiro, Brasil – Kota Besar di Negeri Samba yang Penuh dengan Gelandangan

Setelah Sao Paulo menduduki peringkat 10 sebagai kota berpopulasi gelandangan terbesar di dunia kini satu lagi kota paling populer di Brasil masuk dalam daftar yang sama. Sama-sama sebagai kota penyelenggara piala dunia, Rio De Janeiro juga menjadi rumah bagi 2.500 gelandangan. Jumlah ini didapat dari survey yang dilakukan pemerintah kota pada tahun lalu.

Pagelaran Piala Dunia dituding menjadi penyebab makin meningkatnya gelandangan di Brasil (c) www.zimbio.com
Pagelaran Piala Dunia dituding menjadi penyebab makin meningkatnya gelandangan di Brasil (c) www.zimbio.com

Kota dengan ikon patung Yesus raksasa ini juga sangat terkenal dengan perumahan kumunya yang berada di bukit pinggir pantai. Kasusnya sama dengan Sao Paulo, pembangunan perumahan di wilayah ini tersendat karena APBN yang seharusnya dialokasikan untuk pembangunan perumahan malah digunakan untuk gelaran Piala Dunia 2014.

22. Dublin, Irlandia – 7 Orang Dublin Menjadi Gelandangan Tiap Harinya

Permasalahan klasik seperti gagalnya pemerintah menambah stok perumahan terjangkau juga menjadi biang kerok tumbuh pesatnya gelandangan di kota Dublin, Irlandia. Di balik pesatnya pembangunan gedung-gedung perkantoran ternyata menyisakan lubang menganga terhadap kesenjangan sosial masyarakat kelas bawah.

Gambaran seorang gelandangan di Dublin yang meminta bantuan (c) www.theguardian.com
Gambaran seorang gelandangan di Dublin yang meminta bantuan (c) www.theguardian.com

Pada tahun 2013 dilakukan pendataan terhadap gelandangan di kota ini dan hasilnya ada sekitar 2.366 orang dilaporkan tidur di jalanan Dublin setiap malam. Penelitian lanjutan menunjukkan data yang lebih mencengangkan karena tercatat ada sekitar tujuh orang per hari menjadi gelandangan di sana.

Written by Admin

Leave a Reply

Nisya Ahmad - (c)nissyaa

Kenalan Sama Nisya Ahmad Yuk

Laurent Blanc

Lima Takhayul Aneh di Dunia Sepakbola