6 Gedung Sekolah Terunik Ini Bikin Muridnya Betah Belajar dan Makin Pinter

oleh Tetalogi
07:30 AM on Mar 29, 2016

Kebanyakan orang menganggap sekolah itu tempat yang membosankan. Padahal justru inilah tempat penting yang membekali generasi muda dengan ilmu yang dibutuhkan untuk masa depannya nanti.

Salah satu faktor yang mungkin membuat sekolah terasa membosankan adalah karena bentuknya yang hampir sama di sekolah satu dengan lainnya. Tapi seandainya bangunannya memiliki bentuk yang unik seperti sekolah-sekolah berikut ini, dijamin muridnya tidak akan bosan untuk berangkat menuntut ilmu.

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

1. Sekolah yang Cerah dan Warna-Warni

Ørestad High School adalah sebuah sekolah setingkat Sekolah Menengah. Gedung sekolah mewah ini dibangun dengan desain yang modern dan dihasi dengan kaca-kaca berwarna-warni. Kalangan akademis Denmark percaaya bahwa sinar matahari dapat membangkitkan semangat belajar. Jadi sekolah ini memaksimalkan masuknya sinar matahari sebagai sumber cahaya.

[Image Source]
Interior Sekolah Menengah Ørestad
Di bagian dalam gedung sekolah juga tidak kalah menarik. Ada banyak tangga melingkar yang membuat sekolah ini terlihat seperti bangunan perkantoran yang mewah. Belum lagi dengan kursi-kursi bulat dengan bantal oranye besar yang membuat para siswa dengan nyaman duduk berdiskusi satu sama lain.

2. Kampus yang Menyatu dengan Alam

Salah satu kampus yang paling menakjubkan adalah Nanyang Technological University di Singapura. Dari kejauhan, gedung kampus 5 lantai ini sama sekali tidak terlihat seperti bangunan. Dari jauh akan terlihat seperti gundukan bukit karena bangunannya benar-benar menyatu dengan alam dan lingkungannya.

[Image Source]
Nanyang Technological University [Image Source]
Di bagian luar berjajar dinding-dinding kaca yang memungkinkan cahaya matahari masuk dan menyinari bagian dalam gedung ini. Kemudian atap yang ditanami rerumputan berfungsi sebagai tempat pertemuan para murid yang belajar di sana. Atap berumput ini juga berfungsi untuk melindungi bangunan gedung, mendinginkan udara di sekitar, dan mengumpulkan air hujan untuk mengairi tanaman-tanaman yang ada di kampus.

3. Gedung Sekolah Berbentuk Kastil

Bagi mereka penggemar film Harry Potter akan tertarik untuk sekolah di Arcadia University. Gedung sekolah ini benar-benar berbentuk kastil kuno yang akan membangkitkan penasaranmu. Hal ini karena konon sekolah ini punya banyak jalan rahasia di balik perapian serta ada banyak terowongan bawah tanah ke bangunan utama, kandang kuda, dan gedung-gedung lain yang terpisah.

[Image Source]
Grey Towers Castle [Image Source]
Bangunan yang bernama Grey Towers Castle ini awalnya dibangun pada tahun 1893 sebagai rumah tinggal William Welsh Harrison. Kemudian tahun 1929, sekolah ini dibeli oleh Universitas Arcadia dan dijadikan bangunan sekolah. Sekarang, di dalam kastil sudah terisi banyak ruangan kantor kampus hingga asrama siswa. Benar-benar mirip sekolah Hogwarts!

4. Bangunan Sekolah Mode yang Sangat Modis

Mode Gakuen Spiral Tower adalah sebuah gedung sekolah yang terletak di Nagoya, Jepang. Jika dilihat dari luar, bangunan ini sama sekali tidak terlihat seperti sekolah. Justru sebaliknya, orang-orang yang belum tahu mungkin akan mengira Spiral Tower ini sebagai gedung perkantoran.

Mode Gakuen Spiral Tower
Mode Gakuen Spiral Tower

Gedung yang berbentuk spiral ini berdiri menjulang setinggi 170 meter dan memiliki 36 lantai. Ada 3 jurusn di dalam gedung ini, yaitu fashion design, komputer, serta kedokteran.

5. Sekolah TK Berbentuk Kucing

Di Jerman, terdapat sekolah taman kanak-kanak unik berbentuk kucing, TK Wolfartsweier. Bagian pintu masuk terlihat seperti mulut kucing yang sedang terbuka, sementara dua jendela bulat di kanan-kirinya terlihat seperti mata si kucing.

[Image Source]
TK Wolfartsweier [Image Source]
Bagian “perut” kucing ini berfungsi sebagai kelas, ruang makan, dan dapur. Sedangkan dua kaki di kanan kiri menjadi area bermain anak-anak.

6.  Sekolah di Bawah Tanah

Dari kejauhan sekolah Marcel Sembat di Perancis akan terlihat seperti gundukan bukit. Namun tersembunyi di bawah tanaman hijau, ada 6 ruangan kerja luas tempat para siswa belajar tentang mekanik mobil dan motor. Bangunan aslinya didirikan antara tahun 1930 dan 1960.

[Image Source]
Gedung sekolah bawah tanah [Image Source]
Pada tahun 2011, ruangan praktik ini direnovasi dengan menambahkan kantin, ruangan pegawai dan asrama. Hasilnya, bangunan ini menjadi gedung praktik yang indah dengan memanfaatkan cahaya matahari sebagai penerangan dan “atap hidup” yang hampir menyatu sempurna dengan taman di dekatnya.

Dengan desain sekolah yang unik dan tidak biasa seperti ini, tentu akan membuat nyaman murid-murid yang bersekolah di sana. Dengan suasana sekolah yang menyenangkan dan nyaman, proses belajar juga bisa menjadi lebih baik. Hmm… Kapan ya kira-kira sekolah di Indonesia dibangun dengan bantuk yang keren dan inovatif?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content